Loading…

Bingung Cari Kemasan?

Kemasan Gula, Kopi, Bumbu, Minyak Goreng, Kemasan Pouch atau Roll?
Hubungi Kami
Warna kemasan makanan

Eits, Jangan Sembarangan Pilih Warna Kemasan Makanan! Pahami Dulu Artinya

Salah pilih warna kemasan makanan ternyata juga bisa berakibat fatal. Menurut hasil studi KISSmetrics, di sebuah startup analitik web populer mengatakan bahwa warna memiliki pengaruh yang sangat besar.

Hampir 93% pelanggan menempatkan estetika dan warna kemasan di atas faktor lainnya ketika mereka berbelanja. Dan terbukti, warna juga sering kali dihubungkan dengan aktivitas branding. Sekitar 80 persen pelanggan rata-rata mengenal sebuah brand dari warna khas sebuah kemasan.

Inilah alasan mengapa produsen makanan menggunakan warna-warna tertentu dalam membuat kemasan. Karena mereka ingin menanamkan brand produknya melalui warna kemasan yang digunakan. Nah, agar kamu tak salah pilih warna kemasan makanan, berikut ini adalah beberapa makna warna dalam pembuatan kemasan produk yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Warna Merah

Merah adalah warna yang sangat kuat dan menonjol. Warna merah mampu menarik perhatian mata yang sedang memandang dan memberikan efek semangat serta bergairah. Pada umumnya warna merah digunakan untuk desain kemasan makanan karena warna merah dipercaya juga mampu meningkatkan nafsu makan.

2. Warna Kuning

Warna kuning adalah warna yang memiliki makna hampir sama dengan merah yaitu mampu menarik perhatian bagi para konsumennya. Akan tetapi warna kuning juga memiliki makna ceria, fun, dan hangat. Umumnya warna kemasan kuning digunakan untuk produk snack, biscuit, dan produk makanan untuk anak-anak.

3. Warna Oranye

Warna oranye tercipta dari perpaduan antara warna kuning dan merah. Makna dari warna ini pun merupakan perpaduan dari warna keduanya. Warna oranye biasa digunakan untuk produk minuman, karena warnanya yang terlihat segar seperti buah jeruk. Selain itu, warna oranye juga bisa memacu kreativitas serta semangat muda. Bisa juga digunakan untuk kemasan snack yang memiliki varian rasa jeruk.

4. Warna Merah muda

Merah muda merupakan warna yang identik dengan kelembutan serta sisi feminim kaum wanita. Warna ini pun melambangkan rasa kasih sayang sehingga sering dipilih sebagai warna produk yang dipergunakan oleh wanita. Di pasaran warna merah muda umumnya digunakan untuk mengemas produk makanan manis, seperti permen ataupun produk cokelat.

5. Warna Hijau

Warna hijau memberikan makna sebuah ketenangan, kesegaran, dan pepohonan. Warna hijau banyak digunakan untuk kemasan produk yang berhubungan dengan pertanian, peternakan, dan produk obat-obatan. Contohn ya seperti produk makanan atau minuman dengan varian rasa green tea, makanan organik, dan lain-lain.

6. Warna Biru

Warna biru mempunyai makna cukup luas yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis produk. Warna biru identik dengan laut dan kesegaran, sehingga sering digunakan sebagai desain kemasan produk minuman. Selain itu, warna biru bisa dikaitkan dengan berbagai produk bagi kaum pria karena dapat memberi kesan wibawa. Contohnya seperti kemasan produk makanan seafood, varian rasa mint, atau susu suplemen khusus pria.

Karenanya, sangat direkomendasikan agar pemilihan warna pada desain kemasan makanan harus sesuai dengan karakter produk dan target pasar yang dibidik. Sebab salah warna bisa berpengaruh pada penjualan produk juga.

Leave a Reply