Tips Kemasan

3 Tips Kemasan UKM Dari Presiden Jokowi

3 Tips Kemasan UKM Dari Presiden Jokowi

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti tampilan produk UKM di Indonesia. Bahkan beliau tak sungkan berbagi pengalaman  kepada para pemula, terkait beberapa tips kemasan UKM yang menjual.

“Ada sejumlah aspek yang harus dipertimbangkan dalam membangun usaha. Kekurangan kita yang pertama memang dari sisi desain,” kata Jokowi, dikutip dari Economy.okezone.com.

Seperti kita tahu, desain kemasan UKM jadi salah satu aspek yang menentukan laris tidaknya sebuah produk di pasaran. Presiden juga berpesan, desain sebuah produk harus dibuat semenarik mungkin. “Kalau konsumen sudah tertarik saat pertama kami melihat,  mereka nggak bakal sungkan untuk langsung beli,” tambahnya.

Setelah desain produk terangkat, yang kedua perlu dibenahi adalah kemasan UKM.  Ia mengungkapkan selama ini kemasan produk jadi faktor penting untuk memancing rasa penasaran konsumen. Produk UKM Indonesia masih sangat lemah dilihat dari sisi kemasannya.

Sayangnya sampai sekarang ini belum banyak UKM yang peduli dengan kemasan produk. Yang menjadi fokus utama UKM biasanya meningkatkan kapasitas produksi untuk mendongkrak keuntungan. Padahal, sebenarnya bukan hanya kualitas produk saja yang dilihat konsumen, tapi juga kemasan luar yang bisa mendorong konsumen melakukan pembelian.

Nah, tips kemasan UKM yang ketiga dari Presiden Jowoki tentang masalah merk atau brand produk. Agar bisa dikenal luas masyarakat dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi di pasaran, UKM perlu mencantumkan merk atau brand pada setiap kemasan produk.

“Nilai jual sebuah produk dilihat dari merk atau brand yang digunakan, semakin populer merk tersebut maka semakin mahal juga nilai jualnya di pasaran,” ungkapnya.

Ketiga tips kemasan UKM ini tentunya saling berhubungan satu sama lain. Dengan desain produk yang unik dan tampilan kemasan produk yang menarik, sebuah brand bisa dikenal luas masyarakat hingga akhirnya berhasil menguasai persaingan pasar.

Jadi, bagaimana dengan kemasan produkmu? Apa desainnya sudah menarik? Buat kamu yang sampai sekarang masih belum punya kemasan produk, bisa hubungi Dikemas.com melalui 0812-1511-1415. Semoga bermanfaat!