Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

3x Lipat Keuntungan!? BISA!! Pahami Arti Penting Kemasan Berikut!

3x-lipat-keuntungan-bisa-pahami-arti-penting-kemasan-berikut

Istilah pepatah “Don’t judge a book by its cover” mungkin tidak asing bagi sebagian besar orang termasuk anda. Dalam kata-kata bijak tersebut kita diajarkan untuk tidak menilai segala sesuatu dari tampilan luarnya saja. Namun, anda harus tahu bahwa ungkapan tersebut sama sekali tidak berlaku dalam dunia bisnis.

Di dalam dunia bisnis, tampilan luar produk (kemasan) merupakan hal yang sangat penting. Sebaik atau sebagus apapun produk yang anda miliki, namun jika tidak diKemas secara tepat, maka jangan harap produk anda bisa laku keras dipasaran. Perlu dipahami bahwa kemasan tidak hanya sekedar sebagai pembungkus produk!. Kemasan adalah cerminan atau gambaran produk yang akan didapatkan konsumen.

don-t-judge-a-book-by-its-cover-siapa-bilang

Contoh desain kemasan yang sangat kreatif dan menarik

Kemasan suatu produk menjadi tolok ukur awal bagi konsumen untuk menentukan apakah sebuah produk berkualitas atau tidak. Tentunya, hal tersebut juga akan menentukan apakah konsunmen akan membeli produk tersebut atau tidak.

Alasan inilah yang kemudian menjadi alasan, mengapa kemasan suatu produk menjadi sangat penting. Setidaknya ada tiga alasan mengapa tampilan sebuah produk merupakan hal yang penting dalam proses pemasaran. Di antaranya:

  1. Loyalitas Konsumen

Disadari atau tidak, loyalitas konsumen bisa terbentuk secara psikologis dan emosional melalui warna, layout, dan keunikan kemasan sebuah produk. Melalui keunikan kemasan yang kita gunakan kita juga akan mampu mengukur loyalitas konsumen terhadap produk kita. Misalnya saja  tag line, logo, ataupun font produk kita digunakan pada produk lain, konsumen akan merasa familiar, hal tersebut menunjukkan bahwa produk kita melekat erat dibenak konsumen.

  1. Peningkatan Nilai Jual Produk

Kondisi suatu kemasan sedikit ataupun banyak akan berpengaruh terhadap kesan dan pendapat konsumen terhadap kualitas sebuah produk. Misalnya saja produk kopi bubuk. Kopi bubuk yang dijual dengan kemasan plastik bening biasa tentu akan memiliki harga yang jauh berbeda dibandingkan produk yang memiliki kemasan dengan layout, desain, warna dan kualitas kemasan yang lebih menarik, misalnya kapal api.

3x-lipat-keuntungan-bisa-pahami-arti-penting-kemasan-berikut

Desain kemasan produk yang baik dan unik mampu meningkatkan nilai jual

Dengan kondisi kemasan yang lebih baik dari segi desain dan kualitas tentu konsumen akan berfikir bahwa kopi bubuk kapal api memiliki kualitas, rasa, dan kondisi yang lebih baik dari kopi bubuk yang dibungkus secara sederhana, padahal hal tersebut belum tentu benar.

  1. Identitas Produk

Disadari atau tidak, konsumen terkadang akan merasa bahwa kondisi kemasan suatu produk baik bentuknya, warna, ataupun desainnya akan diidentikan dengan suatu produk tertentu. Seperti warna kuning yang identik dengan produk perawatan bayi Zwitsal, atau warna hijau pada kemasan obat nyamuk Baygon. Inilah mengapa desain kemasan bisa menjadi identitas penting yang membuat sebuah produk berbeda sehingga bisa bersaing dengan produk serupa.

don-t-judge-a-book-by-its-cover-siapa-bilang

Kemasan produk yang unik akan melekat sebagai identitas produk tersebut

Meskipun mengetahui betapa pentingnya desain sebuah kemasan, masih banyak pemilik perusahaan yang lebih memilih untuk meningkatkan kualitas dan strategi pemasaran untuk menjual produknya. Padahal kemasan produk juga merupakan salah satu bagian penting dalam proses penjualan.

Lalu baiknya bagaimana?.

Yang terbaik adalah tingkatkan keduanya. Tingkatkan kualitas produk dan kualitas kemasannya juga. Dengan begitu konsumen tidak hanya puas dengan desain kemasan yang menarik, namun juga akan puas dengan kualitas produk yang mereka dapatkan. Dijamin!, konsumen akan kembali kepada produk anda dikemudian hari.