4 Jenis Kemasan Kopi Bikin Produkmu Makin Laris

Berbicara tentang jenis kemasan kopi ada banyak jenisnya nih untuk menunjang penjualan biji kopi yang ada di Indonesia. Hingga saat ini penjualan biji kopi dan kopi bubuk terus mengalami peningkatan. Meski ditengah pandemi bisnis kopi tetap laris manis di pasaran. Ini terbukti dari banyaknya coffee shop yang bermunculan.

Budaya ngopi di tahun 2021 ini masih menjadi trend dikalangan para anak muda. Maka tak heran lagi kalau para pemula lebih memilih terjun dalam bidang minuman kopi. Buat kalian yang serius pengen menekuni bisnis kopi ada beberapa faktor penting memilih kemasan yang wajib kamu tahu.

Trend Kemasan Kopi 2021

Kemasan kopi yang cantik akan memberikan kesan yang mewah dan elegan sehingga bisa meningkatkan nilai jual. Dengan begitu penjualan kopi akan meningkat. Alasan penting kenapa kalian harus menyesuaikan kemasan kopi dengan perkembangan trend kemasan kopi.

Jadi karakter dan jenis kopi di Indonesia cukup beragam mulai dari Aceh gayo, Bali kintamani, Bajawa Flores dan masih banyak jenis kopi lainnya. Selain itu kalian juga harus menyesuaikan dengan segmen pasar kalian. Ada beberapa jenis kemasan untuk biji kopi maupun kopi bubuk yang bisa kalian jadikan referensi.

Baik kemasan standing pouch kraft, alufouil, metalize dan masih ada banyak lagi jenisnya. Bisa memakai stiker, sablon bahkan full printing. Bahkan tersedia dalam berbagai jenis ukuran mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Namun dalam memilih jenis kemasan yang akan dipakai ini tentu harus mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya segmen pasar yang akan dibidik, menyesuaikan budget, karakteristik produk, distribusi produk dan penjualan produk.

Jenis Kemasan Kopi

Standing Pouch Kraft

Bagi para pemula disarankan untuk memakai kemasan kraft. Pemilihan kemasan kraft untuk para pemula bisa dibilang cocok sebab sekarang ini sedang di gencarnya kemasan yang ramah lingkungan. Kemasan kraft ini dinilai lebih murah, bagus dan segmen pasar lebih luas. Bisa menjangkau segmen pasar bawah hingga atas.

Untuk pencetakan kemasan standing pouch kraft ini bisa menggunakan stiker, atau sablon. Sablon bisa 1 warna hingga 2 warna. Ukuran dari kemasan kraft ini ada beberapa macam. Bisa untuk mengemas kopi bubuk ataupun biji kopi.

Flat Bottom

Kemasan selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengemas produk kopi adalah kemasan flat bottom. Lalu apa bedanya dengan kemasan kraft? Perbedaan mencoloknya terletak pada visualnya kemasan yang terlihat sangat tegas. Di bagian sisi samping terdapat flatnya, jadi dibagian samping terlihat seperti pouch.

Untuk seal sisi dalamnya flat bottom ada disisi depan, sedangkan untuk standing pouch sealnya ada di sisi dalam. Jadi kalian bisa membedakan antara bagian pouch bawah, sisi samping dan zipernya. Kemasan flat bottom ini kalian bisa pake bahan kraft atau alumunium foil.

Flat bottom ini ada beberapa varian dan beberapa warna. Seperti warna merah, putih, gold dan hitam. Bisa sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Untuk ukuran gramnya sesuaikan sama ukuran kemasan kopi yang akan kalian jual. Jadi ngak perlu pusing takut kegedean atau kekecilan.

Alupaper Printing

Bedanya apa nih dengan kemasan yang sudah kita bahas tadi? Kalau kemasan printing ini bisa full warna. Jadi sudah pasti kemasan kalian akan terlihat lebih eye cathing. Dikemasan tersebut kalian bisa cantumin informasi seperti nama produk, ilustrasi, netto, nomor PIRT, BPOM dan lain sebagainya. Kelebihan lain dengan menggunakan kemasan ini adalah tidak terbatas warna.

Warnanya pun bisa lebih komples dan bisa memakai beberapa warna. Untuk desain kalian tidak perlu pusing karena dikemas.com bakalan bantu buatkan desain sesuai dengan keinginan. Jadi kalian tinggal menyiapkan konsep desain kemudian tunggu sampai kemasan jadi. Kemasan printing ini ada beberapa jenis, salah satunya adalah yang zipper dan tanpa zipper.

Sachet dan Box

Kemasan trend berikutnya ada kemasan sachet dan box. Kalian bisa gunakan kemsan sachet agar lebih terjangkau atau ramah dikantong buat konsumen. Kemasannya pun bisa memilih sablon dan kemasan boxnya pakai printing.

Cetak kemasan sablon sachet ada beberapa ukuran. Jadi kalian bisa sesuaikan dengan produk yang akan kalian kemas. Alasan kenapa harus pake kemasan sachet box? Tentu kemasan ini buat travel pack. Cocok untuk konsumen yang menyukai traveling, sehingga lebih praktis untuk di bawa kemana-mana.

Selain itu pemilihan kemasan sachet ini jadi alternatif kemasan kopi di era pendemi. Jadi bisa tetep ngopi enak tanpa harus ke cafe dengan kopi rencengan. Untuk kemasan sachet ini kalian juga bisa memilih menggunakan stiker, sablon atau full printing.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang beberapa jenis kemasan kopi yang sedang trend di tahun 2021 ini. Semoga informasi diatas membantu memberikan inspirasi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para pelaku usaha kopi.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar