Tips Kemasan

7 Alasan Mengapa Kemasan Produk Yang Jarang Pelaku Usaha Sadari!

Kemasan produk merupakan benda yang dirancang khusus untuk melindungi produk yang berada didalamnya, tujuannya agar aman sebelum dikonsumsi atau digunakan. Sedangkan Pengemasan merupakan kegiatan untuk menyiapkan barang yang sudah dikemas sampai pendistribusian, disimpan, dijual dan digunakan.

Kamu pasti sering menjumpai kemasan makanan dan minuman, baik itu makanan ringan maupun berat, serta minuman dalam kemasan botol maupun gelas. Tapi apa kamu tahu ide dibalik setiap kemasan unik tersebut? Dan bagaimana menentukan bentuk desain kemasan yang baik bagi produk kita?

Nah, sebelum tahu lebih lanjut tentang cara pembuatan kemasan produk. Cari tahu dulu sebenarnya apa tujuan penggunaan kemasan secara umum.

1. Untuk membuat produk lebih awet dan terlindungi
Dengan adanya kemasan kita dapat menjaga produk kita lebih terjaga dan awet terhindar dari bakteri, virus, kelembapan udara, maupun benturan yang dapat merusak kualitas dari produk kita, dan dapat memudahkan kita untuk mendistribusikan kepada konsumen.

2. Meningkatkan daya tarik produk meningkat
Kemasan selain bertujuan untuk melindungi produk dapat sebagai ajang untuk menarik konsumen dalam melihatnya, seperti dalam bentuk pengemasan yang unik, serta skema dan desain yang dapat menarik minat konsumen.

3. Memudahkan untuk membedakan produk yang lainnya
Kemasan dapat menjadi identitas sebuah produk dalam pengemasannya, misalnya produk A dan produk B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut memiliki fungsi yang sama, rasa yang hampir sama, namun karena kemasannya berbeda dan terlihat lebih menarik konsumen akan cenderung untuk memilihnya.

4. Sarana informasi
Dalam kemasan kita dapat memberikan informasi komposisi makanan secara umum kepada konsumen, seperti logo standar halal sebagai tanda kalau dapat dikonsumsi oleh umat muslim.

5. Sarana iklan
Kita dapat memberikan promosi pengenalan pada kemasan produk terbaru perusahaan pada konsumen.

6. Meningkatkan Efisiensi
Selain kemasan dapat melindungi produk, kita dapat menghemat dalam perhitungan jumlah kemasan dalam penyimpanan maupun pengiriman produk.

7. Memberikan kenyaman pada pemakainya
Fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan digunakan kembali.

Jadi, apa kamu sudah punya kemasan produk yang menjual? Agar tak salah pilih, pastikan desain kemasan yang kamu buat sesuai dengan jenis produk yang kamu pasarkan.