Beberapa Varietas Kopi Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

Kenalan yuk sama beberapa varietas Kopi dunia yang selama ini mungkin ada banyak yang belum tahu. Pastinya lebih banyak masyarakat kita yang mengetahui beberapa varietas kopi hanya beberapa macam saja. Varietas kopi yang mungkin sering didengar dan beredar di sekitar kita adalah arabika, robusta dan liberika. Padahal jika kita menelisik lebih jauh lagi ada banyak varietas kopi yang ada di Indonesia yang perlu kamu tahu.

Terutama bagi para pebisnis kopi wajib banget tahu sama beberapa jenis varietas dan jenis kopi yang ada di nusantara maupun dunia. Sebagai pebisnis kopi atau kedai kopi perlu sekali mempelajari beberapa jenis kopi untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Sehingga dengan begitu owner tidak hanya menyediakan kopi yang itu – itu saja. Namun juga berbagai macam varietas kopi. Jika tidak pun setidaknya perlu sekali untuk mengetahui dan memahami beberapa varietas kopi dunia.

Ada sedikitnya beberapa varietas kopi dunia yang populer dikalangan para pecinta kopi dunia termasuk Indonesia. Varietas kopi ini merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan sub species dari bibit biji kopi yang ditanam. Nah sekarang kita akan mulai dan membahas beberapa varietas kopi yang populer dan jadi primadona kalangan pecinta kopi dunia.

Varietas Kopi Arabika

Kopi di Indonesia khususnya Arabika adalah jenis kopi yang sering kita dengar dan temui terutama di di Indonesia. Arabika ini menguasai pasar dunia hingga mencapai 60%. Arabika ini memang menjadi kopi yang istimewa dan unik. Rasa dan aromanya sangat kaya rasa. Kopi ini terkenal dengan ciri khas yang cenderung rasa asam dibandingkan dengan robusta. Jenis kopi ini adalah spesies pertama yang tumbuh di daerah Ethiopia. Jumlah varietasnya bisa mencapai 20 biji.

HDT atau Hybrdo de Timor

Varietas kopi yang satu ini di Indonesia disebut dengan Tim Tim yang merupakan sebutan dari Timor Timur. Kopi ini adalah hasil persilangan dari kopi arabika dan robusta. Kopi ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan banyak ditanam di daerah Aceh dan Flores.

Bourbon

Bourbon adalah salah satu varietas paling penting bagi perkembangan kopi dunia. Kopi ini tumbuh di daerah Bourbon dan memiliki buah berwarna merah. Kopi ini memiliki 2 varietas baru yakni yellow bourbon dan orange bourbon. Selain itu ada lagi turunan dari bourbon yakni red bourbon, Mundo novo, Catuai, Cattura, Pacas, Villa Sarchi, French Mission.

Typica

Varietas biji kopi arabika typica ini merupakan varietas yang masuk Indonesia pertama kali. Kopi ini pertama dibawa oleh Belanda, nah varietas typical ini ada lagi yakni Jawa, San Ramon, Kona, Pluma Hidalgo, Kent, Villa Lobos, Blue Mountain, Maragogype, Sidikalang dan Bergendal. Dimana kopi tersebut banyak ditemui di daerah Sumatera, Sulawesi dan Flores.

Geisha

Nama varietas ini diambil dari nama daerah awal tumbuhnya yakni di daerah Geisha. Daerah yang terletak dibagian barat Ethiopia. Kopi ini sebenarnya bernama Gesha namun kini lebih dikenal dengan nama Geisha. Kopi ini menjadi juara pada sebuah kontes kopi internasional.

Linie S

Varietas kopi arabika yang satu ini berasal dari India yang kemudian dikembangkan menggunakan kultivar bourbon. Kopi jenis ini banyak ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Aceh, Lintong, Jawa, Bali, Sulawesi, Flores dan Papua.

Varietas Kopi Robusta

Varietas kopi robusta yang terdiri dari 2 varietas yakni robusta dan nganda. Jika nganda tumbuh menyebar sedangkan robusta tumbuh keatas. Varietas ini merupakan hibrida yang merupakan kultivar yang mana turunan langsung dari persilangan jenis kopi yang berbeda. Nah dari beberapa varietas kopi robusta ini ada beberapa turunan varietas lagi, diantaranya :

Catimor

Kopi varietas jenis ini merupakan persilangan dari cattura dan Timor. Catimor ini memiliki ketahanan yang amat baik terhadap hama dan penyakit. Varietas ini memiliki mutasi alami yang disebut ateng.

Ruiru 11

Kopi yang satu ini merupakan kopi hasil persilangan dari 2 varietas arabika dengan robusta. Varietas ini banyak ditemukan di kota Kenya.

Sigarar Utang

Varietas kopi sigarar utang adalah komoditas baru di kalangan kopi dunia. Jenis varietas kopi yang satu ini adalah hasil persilangan varietas Timor dan Bourbon. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi 1.000 sampai 2.300 mdpl.

Sarchimor

Varietas kopi yang satu ini merupakan gabungan dari villa sarchi dan timor. Jenis varietas ini banyak ditemukan di daerah India.

Varietas Kopi Liberika

Kopi Liberika ini merupakan kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Pada abad ke 2 kopi ini memiliki 2 varietas turunan, kopi ini menggantikan kopi arabika yang mudah terserang penyakit dan hama. Berikut ini adalah 2 varietas kopi liberika :

S288

Varietas kopi ini merupakan hasil persilangan secara alami antara kopi arabika dan liberika. Varietas kopi ini banyak ditemukan di India.

S795

Varietas kopi yang merupakan hasil persilangan antara varietas S288 dan Kent. Varietas kopi jenis ini merupakan kopi yang dikembangkan di India dan S795 di Jember Jawa Timur.

Demikian ulasan kita mengenai varietas kopi yang ada di dunia. Semoga informasi tentang varietas kopi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang beberapa varietas kopi dunia.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar