Tips Kemasan

Benarkah Kemasan Kardus Penting Untuk Pemasaran Produk?

Aneka Bentuk Kemasan Kardus

Sudah bukan rahasia lagi kalau kemasan produk jadi salah satu faktor pemicu yang mempengaruhi banyak tidaknya penjualan barang di pasaran. Tapi sayangnya sampai sekarang masih banyak pelaku usaha di luar sana yang mengesampingkan urusan kemasan produk dan lebih mengutamakan kualitas barang yang diproduksi dibandingkan tampilan bungkus pengemasnya.

Padahal selain kualitas produk, kemasan juga jadi satu daya tarik yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Jadi jangan heran kalau produk yang kualitasnya bagus belum tentu banyak peminatnya, karena sekarang ini yang dilihat konsumen adalah tampilan luarnya. Salah satunya adalah kemasan kardus yang digunakan selama proses distribusi produk berlangsung.

Kemasan kardus ternyata cukup efektif dijadikan sebagai media promosi sebuah brand produk. Contohnya yang paling sering diingat masyarakat luas adalah kemasan kardus mie instant atau kemasan box air mineral. Kenapa bisa begitu ya? Alasannya karena kardus kemasan mie instant dan air mineral mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai merk atau brand produk.

Nah, biar kalian semakin yakin akan pentingnya kemasan kardus. Kali ini Dikemas.com akan membeberkan 5 fungsi utama kemasan kardus yang harus kamu tahu!

1. Kemasan Kardus Jadi Pelindung Produk dari Resiko Kerusakan

Untuk beberapa produk yang memiliki resiko kerusakan cukup tinggi selama proses penyimpanan dan pendistribusian berlangsung, kemasan kardus bisa jadi pelindung fisik karena kekuatan kardus bisa disesuaikan dengan corrugated atau ketebalan gelombang yang digunakan. Selain corrugated berfungsi sebagai perlindungan ekstra terhadap isi kemasan, tampilan fisiknya yang unik juga tetap bisa dikreasikan untuk memikat calon konsumen.

2. Memberikan Kesan Unik Pada Produk yang Dipasarkan

Selain dijadikan sebagai kemasan sekunder dengan bentuk kotak atau box, sekarang ini kemasan karton atau box bisa dipesan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Bahkan tak sedikit pelaku usaha yang membuat kemasan kardus dengan bentuk unik untuk memikat calon pembelinya.

3. Kemasan Kardus Ikut Mendongkrak Nilai Jual Produk

Kemasan produk yang eksklusif jadi salah satu faktor penentu nilai jual sebuah produk di pasaran. Sesederhana apapun produk yang dikemas, jika bungkus luarnya terlihat eksklusif maka harga jualnya di pasaran juga cukup tinggi. Karena yang pertama kali menarik minat konsumen justru desain kemasan produk yang terlihat.

4. Kemasan Kardus Dilirik Pengusaha yang Mengusung Tema Vintage

Tema vintage sekarang ini sedang gencar-gencarnya digunakan para pelaku usaha, termasuk salah satunya dalam menentukan kemasan produk yang digunakan. Kardus kemasan yang dominan berwarna coklat terbuat dari bahan kertas craft sangat cocok untuk membangun keserasian antara produk yang dijual dengan tema vintage yang diusung. Apalagi sekarang ini produk vintage semakin banyak disukai orang, ini bisa jadi peluang buat kamu untuk mendongkrak penjualan per bulan.

5. Kemasan Kardus Menjaga Kualitas Rasa dan Aroma Produk

Yang terakhir dan yang paling penting, kemasan box kardus juga bisa mempertahankan kualitas rasa dan aroma produk yang dikemas di dalamnya. Contohnya seperti kemasan kopi, yang dikemas dengan kemasan sachet kemudian dibagian luarnya dikemas dengan bungkus kardus kemasan.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat kemasan kardus adalah, memastikan semakin berat bobot produk yang akan dikemas maka kardus yang diproduksi harus semakin tebal dan semakin rapat juga gelombang kardus yang dipilih. Untuk diskusi lebih jauh tentang kemasan karton box atau kardus, silahkan menghubungi customer servis kami melalui whatsapp 0812-1511-1415. Semoga bermanfaat!