Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Bisnis Asinan Mangga Muda, Slurp Enak Nyegerin

bisnis-asinan-mangga-muda-slurp-enak-nyegerin
jual-mangga

sumber gambar: Unsplash.com/Fikri Rasyid

Bisnis asinan mangga yuk? Hm, dengar namanya saja sudah bikin ngiler ya? Asinan sendiri adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Biasanya menggunakan bahan baku sayuran atau buah. Ini merupakan hidangan khas kuliner Indonesia lho.

Mirip banget sama rujak, bedanya kalau rujak disajikan segar sedangkan asinan sendiri melalui proses pengasinan/pengasaman. Kalau kamu mau bisnis asinan, berikut ini kita kasihin resep bikinnya supaya makin yakin.

Resep Membuat Asinan Wuenak Bikin Nagih

asinan-buah-enak

Daripada cuman bahas asinan itu apa, yuk kita cobain resep yang satu ini biar kamu bisa sekalian merasakan betapa enaknya asinan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah mangga muda atau setengah matang
  • 3 buah cabe merah
  • 20 buah cabe rawit/sesuai kebutuhan
  • 8 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Pertama, kupas mangga lalu potong sesuai selera, kemudian cuci bersih.
  2. Haluskan cabe merah, rawit, dan gula dengan air
  3. Setelah semuanya lembut, rebus dengan air secukupnya dan tambahkan garam
  4. Tunggu sampai mendidih lalu angkat dan siram ke mangga yang tadi sudah dicuci
  5. Masukkan ke dalam wadah (toples atau mangkuk). Simpan dalam lemari pendingin.

Menggiurkan banget kan kelihatannya? Kamu harus nyobain rasanya juga deh. Ini cocok banget jadi peluang bisnis, apalagi sekarang sudah dekat bulan puasa. Asinan mangga muda jadi pendamping buka puasa pasti seger banget.

BACA JUGA:  Jasuke: Jagung, Susu, Keju Incaran Milenial. Bikin Yuk!

Ngomong-ngomong soal mangga, udah tahu belum manfaatnya?

Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Mangga

1. Dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kandungan vitamin A dan C dalam mangga jelas sangat bermanfaat bagi tubuh kita yang dapat menghasilkan kolagen. Nah kolagen itu sendiri merupakan protein khusus yang dapat memberikan dan menjaga elastisitas kulit untuk mencegah penuaan dini. Cocok banget bagi kamu yang mau kelihatan awet muda dengan cara alami.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah ini dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata dari kerusakan. Jika mata bisa terjaga dengan baik, maka dapat meningkatkan ketajaman mata dalam melihat. Pokoknya dari warna buah ini saja sudah sangat jelas jika baik untuk mata yang mengonsumsi.

3. Mampu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang yang mengalami sembelit lalu mengonsumsi mangga, maka itu dapat mengatasi masalah pencernaannya. Mengonsumsi mangga jauh lebih membantu daripada makan makanan berserat seperti gandum.

4. Mampu menurunkan tekanan darah

Penelitian yang dilakukan pada orang-orang dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka turun setelah rutin mengonsumsi mangga. Turunnya kadar gula darah ini mungkin disebabkan oleh efek dari senyawa aktif dan antioksidan khusus dalam mangga.

5. Kamu sedang diet? Mangga bisa bantu turunkan berat badan

Jika mangga dikonsumsi dalam jumlah yang tepat (tidak berlebihan atau tidak kurang), maka dapat memberikan manfaat berupa menurunkan berat badan. Sebagai informasi, kulit mangga mengandung zat fitokimia yang memiliki manfaat menghilangkan lemak alami. Daging buahnya kaya akan serat yang bisa membuat merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:  Ini Dia Syarat Produk Anda Bisa Dipasarkan di Jejaring Indomaret

Kemasan, Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Asinan Mangga

Hal pertama yang dilhat konsumen selain produk biasanya adalah kemasan produk. Maka kemasan menjadi penentu langkah selanjutnya yang diambil konsumen. Asinan mangga muda merupakan produk yang sifatnya cair namun memiliki komposisi padat di dalamnya. Sehingga ada beberapa kemasan yang memang sesuai dan bisa menjadi pilihan.

1. Kemasan cup plastik

usaha minuman gelas plastik

Kemasan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah kemasan cup plastik. Bahan yang digunakan kemasan ini adalah plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman. Kemasan ini transparan sehingga konsumen dapat melihat produk yang ada di dalamnya. Cup plastik hadir dalam berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan porsi yang akan kamu sajikan pada konsumen.

Cup plastik hadir dengan penutup yang bisa kamu pilih antara penutup plastik atau lid cup. Agar cup plastikmu lebih menarik secara tampilan cetak sablon pada permukaannya. Sablon ini bisa berupa desain yang kamu buat sendiri, merek, logo, atau bahkan informasi mengenai produk yang dikemas.

2. Kemasan thin wall

thin wall kemasan

Selain cup plastik kemasan lain yang bisa kamu gunakan untuk es lidah buaya adalah thin wall. Berbeda dengan cup plastik yang bentuknya gelas, thin wall ini bentuknya mangkuk. Thin wall juga terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, namun lebih tebal daripada cup plastik sehingga produk di dalamnya kurang terlihat jelas.

BACA JUGA:  Eits, Jangan Sembarangan Pilih Warna Kemasan Makanan! Pahami Dulu Artinya

Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok untuk es lidah buaya yang memiliki komposisi padat. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

Tertarik menjalankan usaha asinan mangga ini? Kemasan yang baik membutuhkan waktu untuk pengerjaannya. Jadi lebih baik mulai rencanakan dari sekarang. Kalau kamu lebih pilih kemasan apa untuk asinan? Tulis di kolom komentar ya!

Kamu butuh inspirasi bisnis lainnya? Klik di sini. Atau kamu masih bingung mau pakai kemasan apa dengan desain seperti apa? Konsultasi aja sama diKemas.com, karena kamu selain bisa tanya-tanya soal kemasan yang kece buat produkmu juga bisa kita buatkan desain kemasan gratis tis tis~