Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Bisnis Kekinian: Cari Inspirasi Menarik Dari Sekitar Kita Yuk!

bisnis-kekinian-cari-inspirasi-menarik-dari-sekitar-yuk
ilustrasi-bisnis-kekinian

sumber gambar: Unsplash.com/Kobu Agency

Inspirasi bisnis kekinian bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari hasil mengamati trend yang sedang berkembang, bisa dari hal-hal sederhana, dan intinya dari kepekaan kita dalam melihat peluang. Setiap sendi kehidupan kita ada saja kok yang bisa dijadikan bahan inspirasi. Nggak percaya nih? Kamu pernah tahu desainer yang terinspirasi dengan alam dan membuat pakaian yang dipenuhi ornamen daun dan sejenisnya? Atau kamu pernah dengar soal restoran yang pakai konsep rumah sakit? Itu semua berkat kreativitas manusia lho! Kalau mereka saja bisa, harusnya kamu juga bisa dong.

Inspirasi Sederhana Bisa Menjadi Ide Brilian Untukmu

Terkadang ketika mencari inspirasi kita cenderung melihat ke atas, mencari sesuatu yang sangat wah. Padahal, justru dengan melihat hal-hal kecil di sekitar kita sehari-hari, kita bisa menghadirkan gebrakan baru. Asal kreatif! Nah, kalau kamu sudah punya produk dan sudah tahu usaha apa yang mau dijalankan, sekarang ini hal-hal yang bisa jadi inspirasi berikutnya untukmu.

1. Pilih produk apa aja yang mau kamu bisniskan

paper-bowl-aga-kitchen

sumber gambar: Instagram.com/aga_kitchen

Kamu mau bisnis minuman dan makanan siapa? Atau mau menghadirkan keduanya? Nah, kalau sudah tahu begitu kan jadi lebih jelas. Memang sangat recommended kalau kamu menyuguhan makanan dan minuman sehingga calon konsumenmu bisa memilih sesuai keinginan. Mau minum saja boleh, mau minum sekalian makan juga sangat boleh.

BACA JUGA:  Kelima Hal Ini Buat Kemasan Produk Lebih Menarik Hingga 2 Kali Lipat

2. Gunakan kemasan terbaik untuk hasil penjualan terbaik

produk-dengan-kemasan-kekinian

sumber gambar: Instagram.com/aga_kitchen

Karena nggak bisa dipungkiri kalau packaging adalah bagian dari pembentuk kesan pertama lho. Jangan main-main apalagi menyepelekan soal pengemasan produk. Bisa dicontoh usaha yang satu ini. Ini merupakan Aga Kitchen Coffee Tea Eatery. Kalau sudah tahu apa aja yang mau dijual kan jadi enak buat menentukan kemasan juga. Ini contoh kemasan lucu yang menyejukkan mata banget. Bikin penasaran sama rasanya kan?

3. Produkmu wajib banget Instagramable

produk-kekinian-harus-instagramable

sumber gambar: Instagram.com/aga_kitchen

Sekarang apa-apa kan serba cekrek upload. Para pelaku bisnis pun dituntut untuk menghadirkan produk yang nggak malu-maluin buat dibawa kemana-mana. Kalau konsumenmu aja bangga memegang produkmu bahkan sampai masuk feed atau story Instagram-nya, itu berarti produkmu kekinian banget. Kalau sudah begini, kamu juga diuntungkan dengan promosi tidak berbayar yang dilakukan sendiri oleh konsumenmu secara suka rela karena mereka sangat excited melihat kemasan yang oke dan pantas buat dipamerin ke seluruh dunia.

4. Kemasan menarik biasanya bisa ditambahin quote

aga-kitchen-drink

sumber gambar: Instagram.com/aga_kitchen

Tangan siapa sih yang nggak gatel buat nge-post ini ke media sosial? Lidah siapa sih yang tahan dengan tampilan minuman ini? Milenial kan suka sama yang kreatif dan unik. Kalau kamu ingin menjadikan kemasanmu ini, bisa banget ditambahin sedikit quote seperti contoh di atas ya. Quote di atas tulisannya: There is always something to be thankful for. Mantul banget kan gaes? Soal desain dan kemasan bisa banget minta bantuan dikemas.com karena kami bisa buatkan desain gratis tis tis buat kamu lho, jadi kamu nggak perlu pusing cari orang yang bisa bikinin atau pusing mikir desain kayak apa yang cocok buat bisnismu. Di sini kamu juga bisa konsultasi seputar kemasan lho. Membantu banget kan?

5. Gunakan caption yang nggak kaku

caption-harus-menarik

sumber gambar: Instagram.com/aga_kitchen

Kalau media sosial jadi salah satu senjatamu mempromosikan produk dan tentu saja harus iya karena sekarang apa-apa serba digital. Jadi, kamu jangan asal nge-post aja. Harus paham estetikanya juga. Kalau kamu mau calon konsumen penasaran dengan setiap unggahan, gunakan aja caption yang nggak kaku. Bahasa puitis boleh, pakai bahasa yang romantis ala-ala juga boleh.

BACA JUGA:  Enak Jadi Camilan, Bisnis Cilok Goreng Kekinian Yuk!

Usahakan juga bikin caption memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Oh iya, kalau bikin caption usahakan hindari terlalu banyak huruf kapital. Kata dengan huruf kapital boleh dipakai pada kata penting saja, sisanya disesuaikan. Karena kalau caption-mu full pakai kapital, ada penelitian yang menunjukan bahwa orang jadi malas baca karena memberikan efek mata lelah terlebih dahulu.

Nah, lima hal di atas bisa banget kamu terapkan biar bisnismu jadi kekinian dan dilirik mangsa milenial. Milenial memang sangat menomor satukan tampilan, tapi untuk bikin konsumen bertahan sama produkmu, kualitas produkmu juga harus selalu dijaga ya!

Kira-kira apa lagi ya yang dicari sama milenial ketika ingin berburu kuliner? Apakah kamu ingin sharing pengalaman? Kami tunggu cerita menarikmu di kolom komentar ya!