Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Bisnis Keripik Melinjo, Sedapnya Bakal Bikin Ketagihan

bisnis-keripik-melinjo-sedapnya-bikin-ketagihan
bisnis-keripik-melinjo-sedapnya-bikin-ketagihan

sumber gambar: cookpad.com

Bisnis keripik melinjo, keuntungannya sekriyuk keripiknya. Melinjo yang biasa jadi campuran yang mantap buat sayur asem baik buah maupun daunnya. Bagian dalam buah ini dijadikan emping juga yang rasanya gurih. Kulit buahnya juga cocok ditumis, ditambah ikan teri jadi makin yahud. Kalau jadi keripik, bikin nggak mau berhenti ngemil deh karena rasanya yang bikin ketagihan.

Khasiat Yang Bisa Dirasakan Dengan Mengonsumsi Melinjo

manfaat-melinjo-untuk-kesehatan

sumber gambar: Tribun Jogja

Buah melinjo dibungkus kulit tipis pada bagian luarnya. Warna kulit melinjo akan berubah dari hijau, kuning, kemudian merah. Bagian buah melinjo yang bisa dimanfaatkan mulai dari kulit buah untuk dijadikan bagian sayur asem, tumis, atau cemilan. Dan bagian dalamnya yang dijadikan emping.

Nah, berikut ini adalah khasiat dari melinjo itu sendiri sebagai pengetahuan menarik buat kamu. Apa saja ya?

1. Dapat mencegah penuaan dini

Hidup di jaman ini, sulit banget terhindarkan dari radikal bebas. Dampak buruk terpapar radikal bebas di antaranya menyebabkan kulit jadi rusak, mudah mengalami penuaan dini. Dengan mengonsumsi buah melinjo secara rutin dapat mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan di dalamnya.

2. Mencegah darah rendah

Anemia bisa menyebabkan tubuh jadi lemah, lunglai, letih, tidak bersemangat dalam menjalankan kehidupan. Pusing menjadi efek samping jika seseorang menderita anemia. Maka, mengonsumsi buah melinjo bisa meningkatkan jumlah sel darah merah yang bisa bantu mengatasi masalah darah rendah ini.

BACA JUGA:  Emangnya Bisa Desain Kemasan Produk Mendatangkan Penjualan?

3. Dapat mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi buah melinjo secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan flavonoid dan antioksidan di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan stamina

Flavonoid dan antioksidan yang terkandung dalam melinjo juga dapat meningkatkan stamina. Jadi, ngemil ini sangat bagus kalau kamu adalah pelajar, mahasiswa, karyawan kantor, atau siapapun yang butuh energi beraktivitas sehari-hari.

5. Baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat antioksidan dapat menyerang radikal bebas dalam tubuh yang berujung pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Jadi, kalau misalnya sedang memasuki musim flu atau musim penyakit seperti itu, mengonsumsi melinjo bisa meningkatkan imun kamu biar nggak gampang ketularan.

Sudah bahas manfaatnya, sekarang kita bisa langsung masuk ke cara bikin keripik melinjo. Sedap banget kayaknya yah dimakan pas lagi hujan sambil ngeteh, kumpul sama teman atau keluarga.

Resep Membuat Keripik Melinjo Super Enak

Selain diolah menjadi menu masakan, kulit melinjo juga bisa dijadikan cemilan lho gaes!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 400 gram kulit melinjo
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu ayam (atau sesuai selera)

Cara pembuatan:

  1. Kupas kulit melinjo, lalu jemur kulit melinjo pada terik matahari sampai kering
  2. Angkat setelah dijemur kering, kemudian cuci sampai bersih lalu tiriskan
  3. Haluskan semua bumbu (bawang, ketumbar, gula pasir, garam, kaldu ayam) sampai halus
  4. Siapkan wadah, masukkan dan campur adonan bumbu, beri tambahan air 50 ml. Kemudian masukkan kulit melinjo ke dalamnya.
  5. Goreng kulit melinjo di dalam minyak yang benar-benar panas. Goreng di dalam api sedang hingga matang.
  6. Jika sudah, angkat dan tiriskan hingga dingin lalu simpan dalam wadah. Sudah selesai deh!
BACA JUGA:  5 Kemasan Ini Bikin Jajanan Pasar Naik Kelas

Gampang banget kan bikinnya? Kalau memang gampang nggak ada salahnya lho buat coba peruntungan dengan memulai bisnis ini. Nggak apa-apa bisnis kecil-kecilan dulu, kalau sudah melebarkan sayap siapa tahu bisnisnya bisa jadi berkembang sampai go internasional deh. Siapa sih yang nggak mau bisnis yang dijalankan bisa sukses?

Bicara soal bisnis kuliner biar banyak yang ngelirik, kunci utama selain pemasaran adalah pengemasan. Kemasan yang baik bisa bikin calon konsumen menyisihkan waktu mereka untuk mencari tahu produk apakah gerangan dengan kemasan menarik di hadapan mereka?

Berikut ini inspirasi kemasan standing pouch untuk keripik melinjomu biar kelihatan jaman now

1. Kemasan standing pouch bening

kemasan-snack-standing-pouch-bening

2. Kemasan standing pouch kombinasi

kemasan-standing-pouch-kombinasi

3. Kemasan alumunium foil printing

kemasan-standing-pouch-aluminium-foil-printing

Mau punya kemasan produk sekece contoh-contoh di atas? Hubungi diKemas.com saja gaes. Di sini kamu bisa konsultasi kemasan, kamu tinggal kasih tahu mau desain yang seperti apa, nanti kami buatkan desain gratis tis tis. Wadidaw, kapan lagi kamu mau bebisnis ada yang bantuin mikir kemasan?

Kalau masih ada pertanyaan soal artikel ini atau pertanyaan seputar apapun terkait kemasan, silakan tinggalkan saja di kolom komentar ya!