Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Bisnis Keripik Tempe, Kriyuknya Mengguncang Dunia

bisnis-keripik-tempe-keriyuknya-mengguncang-dunia

Tempe adalah makanan yang sangat merakyat. Sepertinya siapapun pernah mengonsumsinya, tidak memandang status ekonominya. Tempe pun bisa diolah jadi berbagai jenis makanan untuk pendamping nasi yang cocok dimakan saat masih hangat.

Apa aja sih olahan berbahan dasar tempe? Tempe goreng tepung, sambel tempe, tempe kacang, dan masih banyak lagi. Salah satu olahan tempe yang nggak boleh dilupakan: keripik tempe. Ya, keripik satu ini merupakan camilan berbahan dasar tempe yang gurihnya nggak main-main. Sekarang makan tempe bisa di mana aja dan kapan aja. Nggak usah nunggu jam makan siang, kalau kamu laper, cemilin aja keripiknya.

Resep Membuat Keripik Tempe

resep-keripik-tempe

sumber gambar: fimela.com

Cara bikinnya relatif mudah, nggak ada alasan buat bilang nggak bisa bikin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tempe 1 kg
  • 250 gram tepung beras
  • 5 butir bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • 5 butir kemiri
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus ketumbar bubuk
  • 2 bungkus kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 1 liter air

Cara membuat:

  1. Iris tempe tipis-tipis seperti wujud keripik pada umumnya
  2. Bawang putih, kemiri, kencur, dan daun jeruk dihaluskan
  3. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan tepung beras, ketumbar bubuk, dan air lalu aduk sampai rata
  4. Celupkan irisan tempe satu demi satu ke dalam tepung berbumbu
  5. Segera masukkan tempe yang sudah dicelup ke dalam minyak goreng yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan api sedang
  6. Goreng sampai kering dan berwarna kecokelatan, setelah itu bisa diangkat lalu ditiriskan. Sudah selesai!
BACA JUGA:  Ini Cara Dapat Ide Bisnis Paling Mudah dan Menyenangkan

Mudah sekali kan bikinnya? Kamu tinggal beli tempe di warung terdekat yang jelas harganya murah meriah, lalu buat sesuai resep deh. Rasanya juga bisa kamu eksperimen sesuai selera lho. Kalau mau keripikmu jadi pedes juga bisa ditambah bubuk cabe.

Manfaat Mengonsumsi Tempe Untuk Kesehatan

tempe-mentah

sumber gambar: Fimela.com

Kalau sebelumnya kita sudah sama-sama mengetahui resep bikin keripik tempe, sekarang waktunya kita cari tahu manfaat makan tempe… Kamu nggak perlu risau, sering makan olahan kedelai yang satu ini ternyata menyimpan manfaat yang bagus banget buat tubuh kita lho! Nggak percaya nih? Ye, mana pernah sih kita bohong.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat mengonsumsi tempe.

1. Dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas

Paparan radikal bebas yang nggak bisa kita hindari sehari-harinya bisa diatasi dengan makan tempe lho. Lha kok bisa? Kandungan antioksidan dalam tempe dapat membantu menangkal radikal bebas. Pengaruh radikal bebas untuk tubuh nggak baik lho, bisa jadi pemicu kanker. Serem kan? Dibandingkan kedelai rebus biasa, peran antioksidan pada tempe jauh lebih ampuh untuk mengatasi masalah radikal bebas.

2. Cocok buat kamu yang lagi diet

Salah satu menu yang bagus untuk orang yang sedang diet adalah makanan yang tinggi protein, serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe bagus untuk diet. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam tempe bisa jadi asupan nutrisi bagi kamu yang sedang diet. Belum lagi, tempe ini mudah diserap tubuh.

BACA JUGA:  Paper Bowl Kekinian Bikin Usaha Kulinermu Makin Dilirik

3. Sumber protein yang baik

Tahukah kamu? Kandungan protein dalam daging nggak lebih banyak dari tempe lho! Padahal mahalan siapa sih? Jelas mahal daging dong. Oleh sebab itu, tempe sering dijadikan makanan pengganti daging.

Kamu tahu istilah vegan? Itu lho, orang yang memang nggak makan daging karena menjaga keseimbangan ekosistem. Nah, mereka mengonsumsi tempe sebagai pengganti protein daging untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Memangnya fungsi protein apaan sih kok kayak penting banget? Ya memang penting untuk memecah rantai protein sehingga mudah diserap tubuh.

Sudah tahu kan resep dan manfaat tempe? Makin yakin dong buat menjalankan bisnis keripik tempe? Jadikan ini peluang bisnis. Kalau bisa dilakukan sekarang ya lakuin sekarang juga sebelum keduluan yang lain. Karena semakin cepat, semakin baik kan? Semakin dini kamu merintis bisnis maka semakin cepat juga kamu tahu letak kekurangan yang bisa segera kamu benahi.

Mau berbisnis? Jangan sepelekan kemasan produk!

Sudah bahas resep sama manfaat, belum lengkap kalau belum menyinggung soal kemasan nih. Soalnya kalau kamu serius mau berbisnis tempe ini, kamu juga harus memikirkan soal pengemasan. Mau kemasan yang kayak apa?

Berikut ini kita kasih contoh kemasan yang oke buat produkmu biar makin kece dan akan banyak dilirik calon konsumen. Kira-kira kamu suka yang mana buat bisnis aneka olahan tempe?

BACA JUGA:  Resep Cireng Enak, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah Anti Ribet
1.) Kemasan standing pouch bening

kemasan-snack-standing-pouch-bening

2.) Kemasan standing pouch kombinasi

kemasan-standing-pouch-kombinasi

3.) Kemasan alumunium foil printing

kemasan-standing-pouch-aluminium-foil-printing

Mau punya kemasan produk sekece contoh-contoh di atas? Hubungi diKemas.com saja gaes. Di sini kamu bisa konsultasi kemasan, kamu tinggal kasih tahu mau desain yang seperti apa, nanti kami buatkan desain gratis tis tis. Wadidaw, kapan lagi kamu mau bebisnis ada yang bantuin mikir kemasan?

Kalau masih ada pertanyaan soal artikel ini atau pertanyaan seputar apapun terkait kemasan, silakan tinggalkan saja di kolom komentar…. Kira-kira next artikel kita bahas apa ya sebaiknya gaes? Komentarmu ditunggu ya!