Ide / Inspirasi Kemasan

Bisnis Rujak Rambutan: Mudah Buatnya, Banyak Penggemarnya

bisnis-rujak-rambutan-mudah-buatnya-banyak-penggemarnya
rujak-rambutan-enak

sumber gambar: cookpad

Bisnis rujak, dari namanya saja sudah bikin lidah bergoyang, belum lagi kalau sudah lihat wujudnya pasti ngiler deh. Cocok banget dimakan kapan pun, di manapun. Rujak banyak penggemarnya, bahkan di rumah makan disedikan juga sambel mangga muda yang beda tipis lah sama rujak. Hm, udah mulai ngiler kan?

Ada beragam jenis rujak. Nah biar antimainstream, kali ini kita akan bahas soal rujak rambutan. Loh? Memangnya bisa ya? Ya bisa lah. Hayo, kamu belum pernah tahu eksistensi rujak ini? Wah, kebetulan banget kamu menemukan artikel ini. Kita akan kupas tuntas soal rujak ini, yummy! Bisnis rujak bukan lagi angan-angan.

Resep Rujak Rambutan Enak Kekinian

rambutan-rujak

sumber gambar; CNN Indonesia

Bagi kamu yang merasa ini masih sesuatu yang asing, sekarang waktunya berkenalan dengan bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rujak rambutan enak:

  1. 10 biji rambutan atau sesuai kebutuhan
  2. 3 cabe rawit atau sesuai keinginan
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. Air secukupnya
  5. 1/4 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Kupas rambutan dan buang bijinya.
  2. Belah jeruk jadi dua dan buang bijinya.
  3. Iris cabai kecil-kecil.
  4. Dalam sebuah mangkuk masukkan semua bahan.
  5. Tambahkan gula, garam, dan sedikit air.
  6. Aduk rata rujak rambutan.
  7. Sajikan dan rujak sudah siap dinikmati!

Setelah mengetahui cara pembuatan rujak rambutan, waktunya kita melangkah ke tahap berikutnya untuk jadi pengusaha rujak rambutan! Sudah siap?

BACA JUGA:  Bilang Selamat Tinggal Pada Styrofoam, Welcome Paper Bowl

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Rujak Rambutan

Oleh karena jenis usahamu aja antimainstream, kamu harus perhatikan tips-tips di bawah ini biar usahamu makin meledak alias produknya laris manis.

1. Matangkan konsep bisnismu

diskusi-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Setiap menjalankan usaha, rasanya memang nama bisnismu diperlukan. Kamu bisa cari referensi pemberian nama. Sebagai tips, jangan gunakan nama yang sulit diucapkan. Pilih saja nama yang mudah pelafalannya sehingga mudah juga diingat oleh masyarakat. Kamu juga harus memikirkan target apa saja yang harus kamu capai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya dalam sebulan pertama apa saja targetmu? Dan begitu seterusnya. Dengan demikian, perjalanan bisnismu jadi lebih jelas dan terarah.

2. Tentukan bagaimana bisnismu akan berjalan? Pakai gerobak atau cukup di halaman rumah?

memasaran-bisnismu

sumber gambar: Unsplash.com/Andrew Neel

Oleh karena bisnis rujak rambutan ini masih tergolong baru, sebaiknya kamu perhatikan bagaimana kamu akan memasarkan produk antimainstream ini. Kalau kamu mau pakai gerobak, jangan lupa pasang apapun yang menunjukkan kalau kamu menyediakan rujak rambutan. Adapun kalau kamu menjalankan usaha rumahan, kamu juga bisa pasang banner untuk memberitahu bahwa kamu menjual rujak rambutan. Gunakan kata-kata persuasif supaya calon konsumen tertarik mampir dan mencoba podukmu.

3. Berikan promo-promo menarik di awal bisnismu

promo-menarik

sumber gambar: Unsplash.com/Benedikt Geyer

Memberikan promo menggiurkan bisa menjadi daya tarik untuk mendapatkan hati mangsa pasarmu. Kamu bisa tentukan promo sesuai dengan perimbanganmu. Sebagai contoh promosi yang bisa kamu coba: Beli dua gratis satu. Nah, selain di awal, kamu juga bisa menawarkan promo menarik lainnya selama bisnismu berlangsung, misalnya bagi siapapun yang berlangganan beli di tempatmu akan dapat keuntungan pada pembelian ke sekian. Bagaimana? Ada banyak ide promo menarik yang bisa kamu coba atau mungkin kamu kembangkan sendiri sesuai situasi.

BACA JUGA:  6 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Kemasan Standing Pouch Masih Jadi Idola

4. Kunci sukses bisnis rujak rambutanmu

kunci-sukses-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Christin Hume

Tips agar banyak pelanggan yang menyukai rujak rambutanmu, di antaranya bumbu harus pas, harga janganlah terlalu mahal. Harus ramah dan sopan dalam melayani pembeli, cari pengepul buah agar mudah mendapatkan bahan baku yang masih segar dengan harga yang miring. Jaga pula kebersihan di sekitar lokasi usaha, sehingga konsumen tidak segan-segan untuk mampir membeli rujakmu.

5. Kemasanmu penentu kesuksesan bisnis

thin wall 300 ml

thin wall 300 ml

Nggak mau kan pembeli kecewa karena kamu hanya mengemasi rujak dengan bungkusan seadanya? Kemasan menjadi garda terdepan yang membentuk kesan pertama pembeli atas produkmu. Percuma kamu menghadirkan rujak rambutan yang notabene masih jarang ditemukan (antimainstream) tapi kemasan yang kamu pakai nggak bisa memberikan kesan wow bagi pembeli.

Nah, kalau untuk rujak rambutan, kami berikan rekomendasi kemasan yaitu thin wall. Thin wall terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, namun lebih tebal daripada cup plastik sehingga cocok untuk memperlihatkan betapa menggiurkannya tampilan rujakmu.

Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok untuk rujak rambutan yang memiliki komposisi padat. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

BACA JUGA:  Mau Usaha Minuman Tapi Bingung Beli Gelas Plastik Sablon Dimana?

Sekarang kamu nggak usah bingung soal kemasan karena segala sesuatunya bisa dibantu sama dikemas.com. Kamu butuh konsultasi kemasan, butuh desain, butuh kemasannya, tinggal sebutin aja, pasti dikemas.com akan bantu wujudkan mimpimu menjalankan usaha dengan menghadirkan kemasan ciamik.