Sudah Tahu Cara Mengolah Abon Ikan Tuna? Begini Caranya

 

Abon ikan tuna adalah jenis makanan yang terbuat dari olahan ikan tuna yang diberi bumbu dan diolah dengan cara direbus dan digoreng kemudian melalui beberapa langkah proses pengolahan. Olah yang dihasilkan memiliki tekstur lembut dan mudah untuk dikonsumsi. Rasa dari hasil olahan ikan tuna ini sangat nikmat dan memiliki bau yang khas.

paper-cup-baner-web

Dibandingkan dengan abon ayam dan sapi, abon ikan tuna ini memang jauh lebih menarik dan unik. Meskipun sedikit lebih amis namun olahan ikan tuna ini cukup nikmat dan menggoda untuk dicicipi. Bahkan kandungan gizi di dalamnya cukup banyak dan kaya akan manfaat. Sehingga tak sedikit yang menyukai abon ikan tuna ini, baik anak – anak maupun orang tua. Teksturnya yang lembut menjadikan mudah dan aman untuk dikonsumsi oleh semua umur.

sudah-tahu-cara-mengolah-abon-ikan-tuna-begini-caranya

Ikan tuna ini merupakan daging yang kaya akan akan sumber protein, yang mana sangat baik untuk pertumbuhan tubuh kita. Kandungan gizi yang cukup tinggi ini dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak. Bisnis pengolahan ikan tuna menjadi abon ikan sangat mudah dijalankan karena bisa diolah secara sederhana.

Bahkan bisa dijalankan dalam skala kecil rumahan. Abon sendiri merupakan salah satu produk olahan daging yang telah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jika biasanya abon yang dikenal dulu berbahan daging ayam dan sapi kini hadir varian baru. Abon yang sedang beredar dipasaran dan sedang trend saat ini adalah abon ikan.

Cerahnya Prospek Bisnis Abon Ikan Tuna

Bisnis pengolahan abon ini memiliki prospek yang cukup cerah, selain karena permintaan pasarnya terus meningkat, proses pengolahanya cukup sederhana dan mudah. Sehingga bisa dijalankan dalam skala yang kecil. Dengan begitu siapapun bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Pangsa pasarnya yang cukup luas yakni bisa menjangkau pasar lkal maupun internasional. Nah selain tingginya permintaan pasar akan abon ikan tuna ini. Trend mengkonsumsi makanan sehat turut membantu meningkatkan dan mendukung pertumbuhan bisnis abon ikan ini. Nah selain beberapa alasan tersebut keutamaan nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh ini cukup banyak.

Manfaat dari ikan tuna ini adalah memiliki komponen gizi yang cukup banyak. kandungan protein yang cukup tinggi dan berkualitas yang mana tersusun asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bersama dengan glukosa dan komponen lain yang mampu meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

Selain itu produk olahan daging ikan ini juga mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan D, kaya akan mineral fosfor, zat besi, kalsium yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh, unsur penting bagi sel, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, darah. Dan juga mengandung selenium dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu regenerasi kulit.

Kamu Mau Bisnis Abon Ikan Tuna? Ini Dia Resepnya

Buat kamu – kamu yang mau bisnis abon ikan tuna ini yuk pelajarin bagaimana cara pembuatannya dan bahan apa saja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah langkah – langkah pembuatannya.

Bahan – bahan :

  • Ikan tuna 1 kg
  • Kelapa setengah tua  100 gr
  • Lengkuas 100 gr
  • Serai 2 batang
  • Daun salam 2 lbr
  • Santan 200 ml
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir 1 sdm
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar 2 sdt
  • Jinten 1/4 sdt

Cara pembuatan :

  1. Pertama cuci ikan tuna hingga bersih kemudian lumuri dnegan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit, bakar ikan sampai matang.
  2. Angkat kemudian suwir – suwir ikan dan buang tulangnya kemudian sisihkan.
  3. Kemudian sisihkan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, serai dan lengkuas yang sudah diparut. Lalu masak sampai bumbu matang dan tampak berminyak.
  4. Selanjutnya tambahkan kelapa parut dan santan, garam dan gula pasir. Masak dengan api kecil sampai setengah matang.
  5. Kemudian tambahkan ikan tuna suwir. Aduk sampai kelapa kering. Ketika dirasa sudah matang kemudian angkat dna tiriskan.
  6. Abon ikan tuna siap dihidangan.

Begini Tips Membuat Abon Ikan Tuna Bebas Amis

Mengolah daging ikan tuna hingga menjadi abon memang tidak mudah. Meskipun proses pengolahannya memang mudah dan simpel namun jika kurang tepat maka abon yang dihasilkan akan amis. Namun untuk menghindari hal tersebut maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya :

Memilih Ikan Yang Segar

Untuk mengolah ikan tuna menjadi abon ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses mengaduk suwiran ikan bersama bumbu basah hingga kering. proses ini membutuhkan ikan dengan tekstur kokoh dan juga ikan yang segar sehingga tidak mudah hancur, berserat dan tentunya tidak lengket. Pastikan jika ikan yang kamu pilih berkualitas dan segar sehingga rasanya terjamin dan tidak bau. Dengan memilih ikan yang berkualitas maka ikan ketika dimasak tidak akan rusak dan tentu rasanya akan lebih nikmat.

Kaya Akan Rempah dan Bumbu

Kunci utama dari cita rasa abon yang khas terletak pada bumbu, bumbu dan rempah yang banyak serta lengkap akan memberikan rasa yang luar biasa unik dan enak. Selain sebagai bumbu perasa dengan kehadiran bumbu dan rempah juga berguna sebagai antibakteri. Dengan begitu akan membantu abon ikan ini jadi tahan dan awet lebih lama. Kehadiran rempah jahe, lengkuas, kunyit, serai dan daun jeruk tentu membantu membuat abon ikan tidak amis.

Gunakan Api Kecil

Ada proses paling penting dalam memasak abon ikan tuna ini, untuk membuat hasilnya bagus, cantik dan sempurna maka perhatikan tiap detail proses memasak. Pada proses mengaduk abon haruslah benar kering maka pastikan jika kamu menggunakan kompor dengan api sedang.

Menyimpan Dengan Benar

Dalam proses penyimpanannya pun tidak mudah, harus benar – benar diperhatikan. Setelah abon kering diamkan abon hingga dingin dan uapnya hilang. Pastikan jika sudah kena suhu ruang kemudian baru dikemas dalam wadah atau kemasan kendap udara agar lebih awet dan tahan lama. Kemudian kamu bisa memasukkanya dalam kulkas.

Bagaimana proses pembuatannya abon ikan tuna cukup mudah namun sedikit agak rumit ya? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk membuat abon ikan tuna ini tidak amis pastikan memperhatikan beberapa aspek dan proses pembuatannya dengan benar. Dapatkan resep pembuatan makanan menarik lainnya hanya diwebsite dikemas.com. Ada peluang usaha, pemasaran, tips memilih kemasan, potensi bisnis dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar