Cara Mudah Pendaftaran HAKI untuk Desain Kemasan Produk

Kemasan produk menjadi bagian yang cukup penting dalam industri. Tak hanya melindungi produk, kemasan juga bisa memberikan nilai tambah dan daya tarik tersendiri. Pendaftaran HAKI untuk desain kemasan produk termasuk dalam merek tiga dimensi. Jadi desain kemasan bisa didaftarkan agar tidak ditiru orang lain.

Kemasan Produk sebagai Merek Tiga Dimensi

Salah satu jenis hak kekayaan intelektual yaitu merek produk. Merek sendiri terdiri dari beberapa elemen, dan kemasan produk termasuk dalam kategori merek tiga dimensi. Ini menjadi bagian yang cukup penting dalam sebuah produk sehingga bisa menjadi identitas. Kemasan produk yang dibuat dengan serius dengan desain yang tak ada sebelumnya bisa diajukan hak kekayaan intelektualnya. Daftar HKI untuk kemasan produk serupa dengan proses pendaftaran merek.

Perlindungan terhadap kemasan tersebut agar tidak ada yang menggunakan desainnya tanpa hak. Produk-produk dengan merek terkenal biasanya akan lebih tinggi tingkat pelanggarannya, atau lebih banyak yang ingin ditiru. Tak hanya dari nama mereknya saja namun sampai pada bentuk kemasannya.

Kemasan tak bisa dipisahkan dari produk dan mereknya karena melekat sebagai unsur pembeda. Terdapat fitur yang tidak fungsional sehingga bisa berguna untuk membedakan dengan produk lainnya. Tak sedikit perusahaan yang kemudian memilih untuk mencontoh kemasan dari merek lain karena terkenal. Hal tersebut perlu dihindari sehingga penting untuk didaftarkan.

Membuat kemasan produk sendiri perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak hanya menarik namun benar-benar melindungi produk. Bahan kemasan ada bermacam-macam dan perlu disesuaikan dengan karakteristik produk.

Misalnya untuk produk cair maka kemasannya harus memastikan agar tidak menyerap cairan dan tidak mudah bocor. Begitu juga jika produk tersebut mengandung bahan kimia tertentu maka bahan kemasan juga dipastikan harus dapat tahan terhadapnya.

Bagi perusahaan besar, mendesain kemasan biasanya diserahkan pada tim pendesain yang telah dipercaya. Bisa juga bekerja sama dengan perusahaan desain kemasan yang sudah berpengalaman. Bagi usaha kecil atau menengah saat ini juga cukup mudah untuk mendapatkan layanan dari jasa kemasan produk.

Lalu bagaimana dengan hak untuk kemasan produk tersebut? Hak untuk merek tiga dimensi yang berupa kemasan produk bisa dipegang oleh pendesainnya atau perusahaan yang melakukan perjanjian dengan pendesainnya. Perjanjian tertulis perlu dilakukan jika pendesain merupakan pihak lain.  

Pendaftaran HAKI untuk Merek Tiga Dimensi

Perlindungan terhadap merek tidak hanya sebatas pada nama merek produk atau slogan sebuah produk. Ada juga jenis merek non tradisional seperti merek tiga dimensi, merek suara, dan merek hologram. Kemasan produk bisa dimasukkan dalam jenis merek tiga dimensi. Ini membungkus produk dalam desain tiga dimensi yang bisa menunjukkan identitas produk tersebut.

Prosedur Pendaftaran HAKI

Daftar HKI untuk merek tiga dimensi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pendaftaran untuk merek. Namun perlu melampirkan data desain kemasan tersebut secara rinci mulai dari contoh gambar dan keterangan yang menyertainya. Berikut ini proses untuk pendaftaran hki untuk merek dan kemasan produk:

  • Membayar Biaya Di Simpaki

Pertama lakukan pendaftaran di simpaki.dgip.go.id. Setelah mengisi data informasi yang dibutuhkan selanjutnya akan mendapatkan surat perintah pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai dengan surat perintah tersebut.

  • Registrasi Akun

Lakukan registrasi akun melalui merek.dgip.go.id. Setelah itu isi data-data yang dibutuhkan lalu verifikasi pada email yang telah didaftarkan.

  • Mengajukan Permohonan Online

Setelah akun telah aktif, selanjutnya login kembali dan ajukan permohonan online. Pilih tipe permohonan dan pilihan kelas. Selanjutnya akan mendapatkan kode billing untuk pembayaran sesuai kelas.

  • Mengisi Tab Pemohon

Pada halaman tab pemohon isi semua data yang dibutuhkan. Jika dilakukan oleh pihak kuasa atau konsultan KI maka isi juga pada bagian tab kuasa.

  • Mengisi Tab Prioritas Dan Tab Merek

Halaman berikutnya yaitu tab prioritas dan tab merek yang juga harus diisi dengan benar. Untuk tipe merek tiga dimensi maka perlu memasukkan data label merek tambahan. Unggah file gambar yang akan diajukan.

  • Tab Kelas, Resume

Isi semua data yang dibutuhkan pada tahap selanjutnya sampai ke menu resume. setelah selesai maka akan ada pratinjau. Pemohon bisa mengecek kembali apakah data yang telah dimasukkan sudah benar. Setelah selesai maka akan mendapatkan tanda terima permohonan merek.

Setelah daftar HKI untuk merek tiga dimensi selesai dilakukan selanjutnya yaitu menunggu proses pemeriksaan. DJKI akan melakukan pemeriksaan baik secara administratif dan substantif. Proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Saat pada tahap pengumuman awal maka pihak lain bisa mengajukan gugatan jika merasa bahwa merek yang didaftarkan tersebut melanggar. Pihak pemohon bisa menyanggah gugatan tersebut.

Jika permohonan pendaftaran disetujui maka selanjutnya akan mendapatkan sertifikasi. Pemohon akan mendapatkan hak untuk merek tiga dimensi tersebut.

Perlindungan pada Kemasan Produk

Kemasan produk yang dibuat secara berkualitas dengan fitur yang membedakannya dengan kemasan lain bisa mendapatkan perlindungan hki. Namun tak sedikit yang mungkin bingung mengenai jenis hki yang ingin didaftarkan. Ada hak cipta, merek, dan desain industri yang memiliki karakter yang bisa didapatkan dalam sebuah kemasan.

Hal ini sebenarnya bisa dikonsultasikan dulu kepada pihak ahli konsultan kekayaan intelektual. Secara umum kemasan produk bisa didaftarkan untuk hak merek tiga dimensi. Jadi pendaftarannya dilakukan untuk jenis merek. Pemohon perlu melengkapi dengan desain rancangan kemasan produk berupa gambar berformat JPG.

Jika permohonan kemasan produk ini disetujui maka perlindungan terhadap kemasan tersebut dapat berlaku. Komposisi karakteristik yang dimiliki oleh kemasan tersebut tidak boleh ditiru oleh pihak lain. Misalnya kemasan untuk produk makanan yang dibuat unik dan menjadi identitas produk tersebut. Saat sudah terdaftar maka pihak lain yang meniru akan dianggap melakukan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Pihak yang melakukan pelanggaran merek bisa mendapatkan hukuman penjara atau denda. Pemegang hak juga bisa mengajukan laporan jika ada pihak lain yang melakukan pelanggaran tersebut. Ini dapat melindungi merek tiga dimensi produk seperti kemasan agar tidak bisa dilanggar pihak lain. Konsumen juga tidak akan tertipu dengan melihat produk dengan model kemasan yang serupa.

Membuat kemasan produk memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Hasil kemasan yang baik bisa meningkatkan nilai jual produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk juga melindungi desain kemasan produk yang digunakan. Jika masih belum yakin, maka bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada konsultan profesional. Apakah desain yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan untuk mengajukan hki. Pastikan bahwa kemasan yang diajukan hki-nya tidak memiliki kesamaan dengan produk kemasan yang sudah terdaftar.

Penutup

Pendaftaran HAKI untuk kemasan produk bisa dilakukan dengan mudah secara online. Dokumen dalam bentuk digital bisa disiapkan terlebih dahulu termasuk gambar atau foto kemasan. Mengajukan permohonan untuk haki bisa dilakukan sendiri atau menunjuk kuasa. Proses permohonan ini perlu terus diikuti sampai secara resmi mendapatkan persetujuan dari DJKI.

    Anda ingin Konsultasi tentang Sertifikasi PIRT, BPOM, Halal?

    Silakan isi formulir berikut

    Senin - Jumat : Pkl. 08:00 - 16:00
    Sabtu : Pkl. 08:00 - 13:00
    Minggu/ Libur Nasional : Tutup

    Tinggalkan komentar