Tips Kemasan

Cetak Gelas Plastik untuk Usahamu? Terapkan Trik Ini Agar Semakin Mujur!

Cetak Gelas Plastik untuk Usahamu Terapkan Trik Ini Agar Semakin Mujur!

Bagi kamu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjalankan usaha di bidang minuman tentu menggunakan kemasan plastik berbentuk gelas untuk mengemas produk usahamu. Banyaknya usaha lain yang serupa dengan usahamu sedikit banyak membuat produk usaha yang kamu jalankan terlihat ‘seragam’ dengan produk-produk lain yang sejenis.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat usahamu menjadi berbeda dari usaha lainnya adalah dengan menggunakan kemasan yang berstatement. Kemasan yang berstatement salah satunya adalah dengan menggunakan teknik printing atau cetak.  Mencetak kemasan gelas plastikmu sekaligus dalam jumlah yang banyak akan menguntungkan buat kamu para pelaku usaha minuman.

Eits, tunggu dulu jangan asal mencetak kemasan gelas plastik untuk produk minumanmu. Agar gelas plastikmu hasilnya memuaskan dan bisa menambah nilai jual produkmu terapkan trik-trik berikut, ya!

1. Buat desain yang menarik

Desain yang menarik menjadi kunci untuk membuat gelas plastik yang kamu cetak menjadi lebih stand out. Cetak gelas plastik dalam jumlah banyak artinya kamu akan memiliki banyak gelas plastik yang serupa untuk produk usahamu. Sehingga minimalkan kesalahan dalam desain karena desain mewakili brand atau produkmu. Buat desain yang ikonik dan konsisten sehingga orang-orang akan mengingat produkmu.

2. Perhitungkan besar desain dengan ukuran gelas plastik

Selain desain yang menarik kamu juga harus memperhitungkan ukuran dari desainmu dibandingkan dengan ukuran gelasmu. Desain akan diletakan pada sisi kemasan, jadi pastikan kamu sudah memposisikan dengan baik dan presisi yang tepat dimana desain tersebut akan disematkan. Apakah desain tersebut baik jika ukurannya besar atau malah justru sebaliknya, lebih baik berukuran kecil?

BACA JUGA:  Pengusaha Gula, Pakai Kemasan Sachet Ini untuk Membidik Pasar Ekspor!

3. Perhatikan warna desain dalam cetak gelas plastik

Tidak kalah penting dari dua poin sebelumnya adalah warna dari desain yang kamu gunakan pada gelas plastikmu. Warna yang ikonik dan jarang dipakai oleh produk lain akan membuat produkmu semakin eksklusif. Perhatikan juga produk yang akan kamu kemas dalam gelas plastik ini berwarna apa karena jika warna produk sama dengan warna desain akan membuat desain menjadi tidak terlihat.

Produk yang Sukses Terapkan Trik

contoh produk cetak gelas plastik

sumber gambar: independent

Starbucks menjadi salah satu contoh produk minuman kemasan yang menerapkan trik di atas dalam mencetak kemasan gelas plastiknya. Dapat kita lihat sendiri bahwa starbucks menjadi produk atau brand yang sangat ikonik. Melihat logonya saja kita langsung dapat mengetahui bahwa itu merupakan produk starbucks. Mereka juga konsisten dalam menggunakan gelas plastik, meski ukurannya beragam desain dan cetakan gelas plastik mereka tetap sama dari zaman dahulu. Jika ada perubahan pun bukan perubahan yang signifikan sehingga orang-orang tetap bisa langsung mengenalinya.

Starbucks juga memperhitungkan besar desain yang merupakan logo mereka dengan ukuran gelas plastik yang mereka pakai. Desain dibuat minimalis dan diletakan pada satu sisi kemasan saja, justru membuat perhatian konsumen tertuju penuh pada desain tersebut. Starbucks juga mengambil warna desain yang eyecatching yaitu warna hijau solid. Belum banyak usaha lain yang menggunakan warna tersebut dalam desainnya. Gambar yang digunakan starbucks juga sangat unik dan kreatif.

Desain Sablon 1 Muka

desain sablon 1 muka

Kemasan gelas plastikmu bisa lebih menarik dengan adanya desain. Pengaplikasian desain pada kemasan gelas ini dengan teknik sablon. Sablon bisa diaplikasikan pada kemasan gelas berbahan PP ataupun PET. Desain sablon 1 muka adalah desain yang diaplikasikan hanya pada satu sisi kemasan saja. Biasanya desain 1 muka ini desain-desain yang kecil dan minimalis, misalnya logo produk. Produsen yang menggunakan sablon 1 muka ini ingin membuat kemasan gelasnya menjadi elegan dengan cara yang minimalis.

BACA JUGA:  Kamu Mahasiswa? Intip Peluang Usaha Makanan Kemasan Paper Bowl Disini!

Desain Sablon 2 Muka

desain kemasan 2 muka

Selain 1 muka kamu juga bisa membuat gelas plastikmu memiliki desain pada kedua sisinya. Bagian depan dan belakang gelas plastikmu akan memiliki desain. Kamu bisa membuat desain yang berbeda atau sama pada kedua sisinya. Sablon 2 muka ini membuat kemasan gelas plastikmu jadi ramai dan menarik perhatian konsumen.

Meski usahamu dalam taraf UMKM kamu harus mulai menerapkan trik-trik ini dalam mengembangkan usahamu. Mulai dari sesuatu yang kecil kamu dapat mengembangkannya menjadi sesuatu yang besar jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Tidak perlu bingung atau risau untuk desain kemasan gelas plastikmu, konsultasikan saja dengan orang-orang yang memang ahli dalam hal ini. Dikemas.com sebagai salah satu perusahaan penyedia kemasan menjadi salah satu orang yang tepat untuk kamu ajak konsultasi mengenai kemasan dan desainnya. Konsultasi kemasan dengan Dikemas.com dijamin gratis, jadi tunggu apalagi tulis produk dan kemasanmu di kolom komentar ya!