Peluang Bisnis, Tips Kemasan

Daripada Bengong, Usaha Mie Ayam Rumahan Yuk!

daripada-bengong-usaha-mie-ayam-rumahan-yuk

Mie ayam memang sudah jadi makanan favorit pencinta mie. Bagi konsumen yang nggak mau terlalu sering makan mie instan, oalahan mie satu ini bisa jadi alternatif makan mie yang memang wajib dicoba. Kamu suka mie aja atau pakai bakso? Kamu suka yang goreng atau kuah? Hadirnya varian menu ini juga membuat makanan ini jadi kegemaran banyak orang dari berbagai kalangan usia.

Apabila kamu serius tertarik menggeluti usaha di ranah ini dan memanfaatkan rumah sebagai tempat eksekusi, sebaiknya kamu baca artikel ini secara menyeluruh ya biar makin yakin.

Pertama, yang perlu kita ketahui adalah soal resep bikinnya. Kalau udah tahu resep mana yang paling top markotop, nanti buat eksekusinya jadi makin gampang! Usaha mie ayam kini bukan lagi angan-angan.

Resep Membuat Mie Ayam Enak

resep-mie-ayam

sumber gambar: iradiofm.com

Sudah siap untuk tahu resep bikin mie ayam yang gampang banget bikinnya? Simak bareng-bareng yuk!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram mie telur
  • 2 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ikat sawi, potong-potong
  • 250 gr daging ayam, iris kotak dan rebus
  • 1/2 sdm gula
  • 8 ml minyak ayam
  • 2 liter air
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdt penyedap rasa
  • Bawang goreng
  • Kecap manis 3 sdm
  • Garam 1 sdm
  • Ketumbar 1 sdt
  • Kecap inggris 2 sdm
  • Kecap asin 50 ml
  • Tulang ayam
BACA JUGA:  5 Ide Kemasan Stick Ini Bikin Konsumen Langsung Jatuh Cinta

Cara membuat:

  1. Siapkan air rebusan untuk selanjutnya masukkan lada bubuk, garam, dan tulang ayam secukupnya.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, kemiri, dan jahe.
  3. Ayam yang sudah direbus tadi kemudian ditumis dengan bumbu yang sudah dihaluskan lalu tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  4. Rebus mie hingga matang
  5. Rebus sawi yang sudah dipotong-potong menggunakan kuah
  6. Siapkan mangkuk lalu tambahkan 1 sdm minyak ayam dan 1 sdt merica
  7. Masukkan mie ayam yang telah matang ke dalam mangkuk lalu aduk sampai semuanya tercampur merata
  8. Angkat lalu tiriskan sawi, selanjutnya tambahkan ke dalam mangkuk dan tambah toping dan kuah ayam. Done.

Bagaimana? Bikinnya super gampang banget kan? Nah, itu baru salah satu jenis mie ayam. Adapun topping yang bisa kamu tambahkan sesuai selera. Atau dalam hal ini kamu bisa menyesuaikan topping dengan keinginan pelanggan (jika kamu berbisnis). Usaha mie ayam aja yuk, nggak usah ragu lagi.

Nah, kalau kamu serius ingin menjalankan bisnis ini, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan.

Tips Sukses Memulai Usaha Mie Ayam

Kalau ingin jadi pebisnis sukses selalu ada tips dan triknya, termasuk bisnis mie ayam.

1. Pilih lokasi strategis

Mie ayam juga merupakan salah satu menu kesukaan milenial. Kalau kamu mau produkmu banyak dilirik dan dikunjungi, pilihlah tempat yang memang strategis, misalnya di area dekat kampus atau sekolah. Selain itu juga pastikan tempatnya mudah dijangkau. Kalau usahamu berada di tempat terpencil, kemungkinan untuk didatangi pengunjung mungkin lebih kecil daripada kalau posisinya di pinggir jalan atau tempat yang memang ramai orang berlalu lalang. Eits, jangan lupa sesuaikan lokasi sama budget yang kamu punya!

BACA JUGA:  Sudah Tahu 4 Alasan Pentingnya Tutup untuk Kemasan Gelas Plastikmu?

2. Eksekusi sendiri strategi marketing

Biasanya orang yang tidak percaya diri akan menggunakan jasa konsultan dan sejenisnya untuk mengurus masalah strategi promosi. Cari saja tips mendapatkan strategi promosi yang oke melalui website bisnis seperti bisnisukm.com misalnya. Media sosial juga bisa jadi penolong luar bisa buat kamu yang butuh mengabarkan eksistensi bisnismu dari Sabang sampai Merauke bahkan ke seluruh dunia. Kamu juga bisa secara otodidak belajar tentang komunikasi yang efektif dalam bisnis.

3. Teruslah berinovasi

Sekarang kalau kamu bisa menghadirkan produk yang unik atau lain dari yang lain, potensi produkmu bakal lebih dilirik pun jadi makin besar. Kalau menghadirkan menu yang mainstream, orang nggak akan mau ngepoin bisnis mu tuh. Lain cerita kalau kamu hadir dengan sesuatu yang anti mainstrem misalnya mie ayam goreng keju, pasti ada aja calon konsumen yang akan penasaran dan mau banget nyobain.

4. Layani pembeli dengan baik

Keramahan dalam melayani menjadi salah satu alasan pembeli untuk kembali lagi. Pembeli adalah raja, perlakukan mereka sebaik-baiknya, jangan sampai kecewakan mereka. Jika kamu mengecewakan pelanggan dengan pelayanan buruk, pelanggan bisa saja mengabarkan pada orang lain soal pelayananmu yang tidak memuaskan. Sebaliknya, kalau pelayanan yang kamu berikan bagus, kamu juga akan mendapat feedback positif, misalnya pelanggan yang sudah pernah membeli mie ayammu akan merekomendasikan pada kenalannya.

BACA JUGA:  Kalau Desain Kemasan Snack Jualanmu Seunik Ini, Sulit Buat Nggak Melirik

5. Gunakan kemasan yang menarik

paper bowl

sumber gambar: myculinarydiarycom

Kemasanmu menjadi daya tarik tersendiri lho di mata pelanggan. Pastikan kamu pakai packaging yang nggak mengecewakan. Percuma rasa mie ayam kamu enak, variannya banyak, pelayanan memuaskan, tapi kemasan yang kamu pakai abal-abal.

Oke gaes, itu tadi sekiranya langkah yang bisa kamu ambil supaya bisnis mie ayam kamu sukses dan lancar. Selamat mencoba!

Apakah ada pengusaha mie ayam di sini? Atau ada yang tertarik bisnis mie ayam setelah membaca artikel ini? Share yuk!