Ide Usaha Takoyaki Jajanan Jepang Favoritnya Anak Milenial!

Usaha takoyaki sekarang makin banyak ditemukan di Indonesia. Jajanan dari negeri sakura ini sudah banyak ditemukan di banyak negara. Biasa nih kalau kamu lagi traveling atau liburan ke luar daerah atau luar negeri, pasti bakal nyobain kuliner atau jajanan khas setempat. Rasanya nggak afdol kalau kamu jalan-jalan tapi nggak nyicipin makanan khasnya. Setiap negara atau daerah pasti punya makanan khasnya masing-masing. Menariknya kamu nggak akan kesulitan buat dapetin usaha kuliner khas daerah atau negara karena kebanyakan bisa ditemuin di kaki lima. Selain murah, cita rasanya juga udah pasti lezat.

Peluang Usaha Takoyaki

Nggak cuma di Indonesia aja kulineran kaki lima yang jadi favorit banyak orang, tapi di luar negeri juga sama. Contohnya aja Jepang, negara yang terkenal dengan makanan sushi ini juga punya makanan khas lain yang banyak dijajakan di kaki lima. Salah satunya adalah usaha takoyaki yang banyak ditemukan di kaki lima dan jadi favorit banyak orang. Camilan yang satu ini sekarang udah banyak ditemuin di Indonesia. Mulai dari usaha takoyaki kaki lima sampai resto khusus makanan Jepang. Udah banyak yang familiar sama takoyaki. Bola-bola tepung berisi potongan daging gurita ini jadi inspirasi usaha banyak pedagang makanan di Indonesia. Jadi nggak heran kalau usaha takoyaki udah mulai banyak bermunculan bahkan sudah berkembang ke sistem franchise atau waralaba.

paper-cup-baner-web

Kalau ngomongin peluang usaha takoyaki, udah pasti masih terbuka lebar. Usaha takoyaki bisa dijalankan oleh siapa saja termasuk kamu. Jajanan yang berasal dari kota Osaka, Jepang ini termasuk jajanan mengenyangkan dan harganya terjangkau. Jadi nggak heran kalau usaha takoyaki di kaki lima keuntungannya juga menjanjikan karena takoyaki penggermarnya memang cukup banyak di Indonesia. Kalau usaha takoyaki di Jepang hanya mengandalkan daging gurita sebagai isian, di Indonesia lebih variatif lagi. Ada berbagai inovasi yang dilakukan para pelaku usaha takoyaki yaitu dengan menambahkan berbagai pilihan isian takoyaki. Mulai dari sosis, daging sapi, bakso, jamur, udang, daging ayam, ikan, bakso, keju, sayuran, dan pilihan isian lainnya. Kalau di negara asalnya, Jepang, takoyaki berisi daging gurita karena memang daging ini mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Dari gurita inilah muncul nama takoyaki, tako yang berarti gurita dan yaki yang berarti bakar atau panggang. Jajanan dari Jepang memang peluangnya menggiurkan kalau dijalankan di Indonesia.

Resep buat Usaha Takoyaki

Dalam meracik resep takoyaki memang tidak mudah, perlu percobaan dan analisa yang tepat. Sebagai awalan, kamu bisa mempelajarinya di youtube atau artikel-artikel resep masakan. Pada dasarnya semua resep takoyaki bisa kamu pelajari dan inovasikan dengan isian yang sesuai dengan target pasar kamu. Berikut ini resep takoyaki yang bisa kamu kembangkan variasi isiannya untuk usaha takoyaki kamu nanti.

Bahan Takoyaki

– Tepung terigu 150 gram

– Kaldu ayam cair 200 mili

– Telur ayam 2 butir

– Baking powder ½ sdt

– Garam secukupnya

– Air secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

Isian

– Potongan daging ikan tuna yang direbus 100 gram

– Irisan kembang kol secukupnya

– Potongan halus daun bawang 1 batang

– Kaldu ayam bubuk

Pelengkap

– Saus takoyaki

– Mayonaise

– Saus tomat

Cara Membuat Takoyaki

1. Campurkan tepung terigu, telur, baking powder, dan garam. Aduk rata dan tambahkan kaldu ayam sedikit demi sedikit. Buat adonan sampai teksturnya cukup encer.

2. Tumis semua bahan isian sampai setengah matang.

3. Panaskan cetakan khusus takoyaki dan beri minyak sekitar 1 ½ sdm tiap luang cetakan.

4. Tuang adonan takoyaki ke dalam cetakan sampai setengah dari kedalaman lubang cetakan.

5. Masukkan isian secukupnya, tuang lagi adonan sampai lubang cetakan penuh.

6. Masak takoyaki sampai bagian bawah matang dan bagian atasnya mengembang.

7. Balikkan takoyaki dengan tusuk sate secara hati-hati supaya bentuknya bulat.

8. Masak sampai matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

9. Sajikan takoyaki dengan campuran saus sesuai selera.

Strategi Pemasaran Usaha Takoyaki

Usaha kuliner skala kecil juga harus punya strategi pemasaran yang matang. Selain dengan media pemasaran konvensional seperti banner yang kamu pasang di lokasi jualan, menggunakan media sosial untuk memasarkan takoyaki yang kamu jual juga harus dilakukan. Apalagi konsumen potensial kamu pada dasarnya adalah kalangan milenial anak muda. Sudah pasti mereka merupakan pengguna aktif media sosial. Jadi, buatlah promosi di instagram dan facebook dengan konten yang menarik dan informatif. Daftarkan juga usaha takoyaki kamu ke aplikasi layanan delivery untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Kemasan Takoyaki

Kalau biasanya takoyaki dibungkus pakai sterofoam, kamu bisa banget nih bikin inovasi kemasan takoyaki yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan. Sekarang kemasan makanan itu nggak hanya sebatas jadi wadah atau kemasan suatu produk aja. Tapi lebih dari itu kemasan snack juga merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu sudah punya resep takoyaki super enak, selanjutnya adalah buat kemasan takoyaki dengan desain yang menarik. Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas takoyaki yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan takoyaki makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli takoyaki yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Inilah beberapa kemasan kertas yang bisa dipilih untuk usaha takoyaki kamu.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon.

Kemasan Paper Lunch Box

Kemasan Paper Lunch Box
https://dikemas.com/

Kemasan paper lunch box biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan berat seperti nasi atau pun mie. Ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau satu porsi takoyaki yang kamu jual lumayan banyak, kamu bisa cetak kemasan paper lunch box custom untuk lebar dan tingginya. Supaya bisa disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon.

Food Pail

Food Pail
https://dikemas.com/

Kemasan berbahan kertas layaknya box nasi ini punya tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor. Model kemasan seperti box tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup kemasan sehingga lebih praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih teknik cetakan menggunakan printing full warna atau sablon. Ukurannya mulai dari kecil, sedang, sampai besar.

Food Tray

Food Tray
tokopedia.net

Bahan kemasannya mirip dengan kemasan box tapi beda bentuk dan model. Kemasan food tray tampil tanpa tutup kemasan. Biasanya cocok buat UMKM yang jualannya di food court. Jadi pelanggan bisa langsung makan di tempat tanpa menambah pekerjaan kamu buat mencuci wadah. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon. Nah cocok banget nih buat dijadiin kemasan takoyaki yang kamu jual.

Nah udah mulai tertarik buat mulai usaha takoyaki? Urusan kemasan, kamu bisa konsultasikan kemasan takoyaki dengan menghubungi tim diKemas.com di bawah ini! Ada layanan gratis desain sampai bebas biaya ongkir ke banyak wilayah!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar