Skip to main content

Ingin Kemasan Kopi Kamu Naik Kelas, Bungkus Kopi Kamu Dengan Elegan!

"Petani Kopi kita masih berkutat dalam persoalan produksi saja. Untuk kemasan kopi masih belum tersentuh maksimal. Standar saja, bungkus kopi yang dipakai masih biasa, jarang yang aneh-aneh," kata Teguh, petani kopi merah Jambuwer Malang.

Kopi yang baik, didapat dari biji kopi yang berkualitas. tapi tak hanya soal kualitas biji kopi tentunya, proses roasting dan grinding juga perlu diperhatikan. Dan yang perlu diperhatikan tentu saja soal Kemasan Kopi. Katanya, pemilihan bungkus kopi, dapat mempengaruhi cita rasa kopi. Jika anda pemain kopi, tentu paham betul tentang hal ini.

Kemasan kopi stand pouch alufoil

Kemasan Kopi, Lebih dari Sekedar Bungkus Kopi

Kemasan kopi mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan jaman dan teknologi yang mengikutinya. Dari bungkus kopi yang sederhana, kemasan kertas, kemudian kemasan plastik, baik polos ataupun dengan sablon, sampai dengan sekarang bungkus kopi dalam bentuk kemasan sachet, standing pouch, gusset, botol, dll. Setidaknya, saat ini bungkus kopi memiliki fungsi kemasan berikut ini:

  1. Melindungi Produk Melindungi produk merupakan fungsi dasar dari setiap kemasan produk. Kemasan kopi aluminium foil dikenal sebagai pilihan terbaik dibanding bahan kemasan lainnnya. Kemasan kopi aluminium foil mampu melindungi kopi dalam jangka waktu lama, dan aroma tidak mudah berubah. Selain itu, dengan kemasan kopi aluminium foil ini, bubuk kopi juga tidak mudah menggumpal dan cepat rusak.
  2. Informasi Kemasan produk yang baik, tentu akan memuat informasi penting yang ingin diketahui oleh konsumennya. Seperti pada kemasan sachet kopi, selain informasi mengenai merek, minimal memuat informasi Ijin IRT, dan sebaiknya mencantumkan BPOM (biasanya untuk klien Hotel).
  3. Identitas Identitas atau merek atau brand sangatlah penting. Bagaimana mungkin konsumen akan mengingat produk kopi anda jika dalam kemasannya tidak tercantum Nama Merek, Nama Produsen, dsb.
  4. Distribusi Kemasan juga sebaiknya mempertimbangkan faktor distribusi produk. Apakah kopi anda ini hanya dipasarkan lokal, satu kota saja, atau keluar kota, atau bahkan expor. Apakah kopi anda di jual secara langsung kepada konsumen, atau dijual di toko-toko, kedai kopi, toko ritel, dsb. Distribusi ini erat kaitanya dengan pemilihan jenis bahan dan bentuk kemasan kopi yang dipilih.
  5. Estetika Estetika disini tentu lebih banyak faktor desain kemasan kopi yang menarik. Cukup dengan bahan kemasan aluminium foil, dengan desain kemasan warna premium, warna gold atau hitam, dengan teks logo brand yang simpel, maka kemasan kopi anda akan tampak elegan!

Contoh Desain Kemasan Kopi 

1. Kemasan Sachet

Kemasan sachet kopi merupakan bentuk kemasan yang paling banyak dicari. Kemasan kopi pada umumnya dikisaran 100 gram, 250 gram, 500 gram, hingga 1 kg. Namun untuk pasar tertentu, terkadang kita juga perlu menyiapkan kemasan sekali seduh atau takaran kopi satu cangkir, sekitar 10 gram. Ada banyak varian kemasan sachet kopi ini, mulai dari kemasan sachet kopi berbahan alufoil, metalize, kertas, atau bentuk bungkus kantong kopi biasa, kantong kopi dengan zipper, dll. Untuk mengemas kopi sachet ini, ada 3 cara; Pertama, kemasan roll, menggunakan mesin pengemas otomatis, proses produksi jadi lebih cepat. Kedua, kemasan kantong, dikemas menggunakan mesin band sealer, semi otomatis. Proses timbang secara manual, namun proses seal jadi lebih mudah. Ketiga, kemasan kantong dengan teknik Manual Sealer. Semua serba manual, dan untuk pemula jenis ini paling banyak dipilih.

kemasan sachet kopi tabo
kemasan kopi sachet 10 gram

2. Kemasan Gusset

Permintaan kemasan gusset untuk kopi mengalami peningkatan. Kemasan Gusset tampak lebih mdern, fleksibel, dan dapat digunakan untuk berbagai macam segmen pasar. Dengan berbagai pilihan bahan, tak ayal kemasan Gusset ini jadi andalan untuk para produsen kopi.

kemasan kopi gusset 250 gram
kemasan-gusset

3. Kemasan Standing Pouch

Kemasan standing pouch biasanya dipilih sebagai pilihan pertengahan. Kemasan standing pouch kopi ini pun banyak macamnya. Kemasan Standing Pouch Paper Foil dengan valve yang paling banyak dicari pelaku industri kopi. Dengan berbagai pilihan bahan, kemasan standing pouch juga dapat di desain semenarik mungkin untuk meningkatkan Brand Kopi anda.

kemasan stand pouch craft
kemasan stand pouch alufoil

4. Kemasan Paper Cup Kopi

Kemasan paper cup kopi sering kita jumpai saat membeli kopi siap seduh di retail modern atau pada produk franchise minuman kopi, cafe restoran, dll. Ada banyak jenis paper cup kopi seperti model single wall, flat wrap, w barrier, hingga 3 wall.

jenis-kemasan-paper-cup-kopi

Dapatkan Info Harga Kemasan Kopi

Lengkapi data berikut ini:
Kemasan yang Diinginkan