Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Ingin Kemasan Produkmu Jadi Cetar Membahana? Baca Tipsnya Berikut!

ingin-kemasan-produkmu-jadi-cetar-baca-tipsnya-berikut

Anda harus tahu, bahwa produk yang bagus dan berkualitas belum tentu akan laku keras dipasaran jika tidak dikemas secara tepat. Kemasan suatu produk memilki peran yang paling krusial dalam penjualan suatu produk, karena kita tahu bahwa hal pertama yang dilihat oleh para konsumen adalah kemasan produknya. Selain menarik konsumen untuk membeli, pemilihan kemasan yang baik juga mampu meningkatkan nilai jual produk anda!. Kemasan produk yang menarik juga bisa digunakan sebagai icon produk anda, yang bisa membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual. Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan dalam memilih kemasan suatu produk dengan tepat? Berikut enam hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sutau kemasan untuk produk anda!.

  1. Sesuai dengan Target Market.

Ketika memutuskan untuk menjual suatu produk, tentunya anda sudah memiliki target market yang ingin anda capai. Kemasan dari produk anda haruslah sesuai dengan target pasar tujuan anda. Kemasan produk yang ditujukan untuk anak-anak, anak muda, dan orang tua pastilah berbeda dan harus disesuaikan. Kemasan produk yang kurang sesuai dengan target market yang dituju tentunya akan membuat penjualan produk menjadi tidak maksimal.

pinterest

Disain Unik Paper Cup

  1. Nilai Estetika dan Kenyamanan

Selain dari segi produk yang baik dan berkualitas, kemasan produk juga harus dibuat seindah dan semenarik mungkin atau eye catching bagi para konsumen. Produk yang dalam kondisi baik dan berkualitas, tentunya akan menarik minat para konsumen untuk membeli. Namun jika ditambah dengan kemasan yang juga menarik, pastinya akan semakin banyak lagi konsumen yang tertarik untuk membeli produk anda. Selain itu, kemasan juga harus punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya. Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya.

kemasan-minuman-unik

Kemasan Minuman Unik

  1. Identity…

Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk anda menjadi salah satu ciri khas atau identitas dari produk yang anda dijual. Keunikan atau ciri khas tersebut bisa dari bentuk kemasan ataupun desain kemasan tersebut.

  1. Size!

Dalam memilih kemasan produk, pastikan untuk disesuaikan dengan ukuran produk yang dijual serta target pasar. Misalnya jika target pasarnya adalah anak-anak maka pastikan produk dan kemasan tidak terlalu besar. Penggunaan kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat meresiko merusak produk anda, jadi pastikan kemasan yang anda pilih pas ukurannya untuk produk anda.

  1. Special Edition

Manfaatkanlah momen- momen tertentu yang ditunggu oleh banyak orang untuk membuat suatu kemasan khusus special dan limited edition. Tentunya karena kemasan spesial ini hanya ada di momen tertentu, banyak konsumen yang akan semakin tertarik untuk membeli. Momen – momen khusus tersebut antara lain Valentine day, Lebaran, HUT RI, Halloween dll.

coca-cola

Kemasan Special Edition

  1. Informasi Lengkap

Setelah produk anda sudah memiliki bentuk dan desain yang menarik untuk target konsumen, pastikan anda mencantumkan informasi yang jelas seputar produk yang anda jual pada kemasan tersebut. Dengan adanya informasi tersebut konsumen akan mengetahui secara detail tentang produk anda termasuk kelebihan dan keunikan produk anda dibandingkan produk – produk lain. Informasi yang dapat dicantumkan bisa meliputi tanggal kadaluarsa, komposisi bahan, cara pemakaian produk, nomor izin edar, kasiat produk, dll.