Tips Kemasan

Ini 4 Tips Usaha “Kopi Dingin” yang Lagi Hitzz Banget..!!

ini-tips-usaha-kopi-dingin-yang-lagi-hitzz

Cold brew coffee atau yang biasa disebut dengan kopi dingin merupakan salah satu produk kopi yang sekitar setahun ini mulai banyak berkembang didunia perkopian tanah air. Di Amerika atau di negara Asia lain, jenis produk ini bukanlah produk yang baru, tapi di Indonesia sendiri baru mulai berkembang belakangan ini. Perlu diketahui jika Cold brew coffee ini bukanlah kopi biasa yang dicampur dengan es batu sehingga menjadi dingin.

cold-brew-coffee

cold brew coffee

Cold brew sejatinya merupakan sebuah metode menyeduh kopi. Bila biasanya kopi diseduh dengan air panas, maka dengan metode ini kopi akan diseduh dengan air bersuhu kamar atau air dingin. Waktu penyeduhan bisa berlangsung antara 12 jam–24 jam. Setelah diseduh, hasilnya adalah kopi konsentrat. Konsentrat tersebut kemudian dapat ditambah dengan susu, gula dan es batu. Saat ini Cold brew coffee banyak dijual dalam kemasan botol dan dijual secara retail.

cold-brew-coffee-yang-sedang-naik-daun

cold brew coffee yang sedang naik daun

Bagi anda yang ingin mencoba usaha Cold brew coffee berikut tips yang bisa dijadikan referensi dalam memilih kemasan. Seperti yang sudah sering dibahas, kemasan produk merupakan salah satu part terpenting didalam sebuah bisnis.

  1. Memilih Botol yang Tepat

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih botol untuk produk Cold brew coffee anda adalah bentuk, ukuran dan warna dari botol tersebut. Disadari atau tidak, bentuk, warna dan ukuran botol merupakan bagian dari desain kemasan produk anda. Anda dapat menggunakan botol kaca ataupun botol plastik. Bentuk dan warna botol yang unik dan tidak biasa akan banyak menarik perhatian dari konsumen. Jadi pastikan untuk memilih botol yang semenarik mungkin!.

aneka-bentuk-botol-unik-yang-cocok-untuk-cold-brew-coffee

Aneka bentuk botol unik yang cocok untuk cold brew coffee

  1. Desain Label Produk Anda

Setelah memilih botol yang baik dan cocok untuk produk anda, selanjutnya anda harus mendesain dan memilih label yang baik dan tepat. Pastikan desain label anda cocok dan serasi dengan produk dan botol yang sudah anda pilih. Jangan sampai bentuk dan warna botol tidak serasi dengan desain logo yang sudah disiapkan. Selain desain logo anda yang wajib menarik perhatian orang dseain logo anda juga harus memuat informasi yang lengkap tentang produk anda, seperti tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, komposisi, label halal, nomor registrasi BPOM dll.

  1. Marketing Your Bussiness!

Setelah mempersiapkan desain produk secara matang, selanjutnya promosikan produk anda dengan benar dan tepat. Metode promosi yang anda lakukan harus disesuaikan dengan target konsumen yang anda ingin capai. Jika target konsumen anda adalah para kalangan muda, maka ada baiknya memanfaatkan sosial media yang banyak dipakai kalangan muda, seperti Instagram, facebook, twitter dll sebagai media promosi produk anda.

  1. Buat Produk Anda Diingat Konsumen
kemasan-botol-unik-bisa-jadi-ciri-khas-produk-anda

kemasan botol unik bisa jadi ciri khas produk anda

Hal terakhir ini adalah hal yang paling penting, yaitu bagaimana caranya agar produk anda harus diingat oleh konsumen. Hal inilah yang menyebabkan mengapa keunikan atau ciri khas harus dimiliki dari sebuah produk. Bagi anda yang ingin membuka usaha Cold brew coffee dapat memanfaatkan keunikan bentuk botol dan logo sebagai sebuah keunikan produk yang anda miliki. Dengam semakin banyak orang yang mengingat produk anda, mengindikasikan semakin banyak orang yang mengenal produk anda. Selain dari kemasan dan logo,keunikan produk juga bisa didapatkan dari regulasi yang diterapkan, misalnya keunikan akan diskon dan promo-promonya, dll.