Tips Kemasan

Ini 6 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Paper Cup untuk Minumanmu!

Paper cup kopi

Sesuai dengan namanya, Paper Cup merupakan sejenis gelas yang terbuat dari bahan baku kertas. Dalam proses pembuatan paper cup kopi, bahan yang digunakan tidak sekedar kertas yang dilipat sehingga menjadi bentuk gelas. Dalam proses pembuatannya, paper cup harus mempertimbangkan banyak aspek, seperti menjaga kekokohan, kualitas dan keamanan paper cup. Dalam pembuatannya, kertas paper cup dilapisi dengan plastik tipis atau lilin supaya paper cup tidak bocor.

Paper cup set - diKemas

Paper cup set – diKemas

Adapun kemunculan paper cup ini adalah sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan. Dalam catatan sejarah, awal mula munculnya paper cup adalah adanya indikasi resiko kesehatan dari penggunaan bersama gelas – gelas air minum yang digunakan di sekolah – sekolah. Hal tersebut kemudian diteliti dan diinvestigasi oleh seorang professor dari Universitas Lafayette bernama Alvin Davidson. Bahkan hasil penelitiannya tersebut diterbitkan pada sebuah majalah pada 1908 dengan judul yang cukup mengerikan, yaitu “Death in School Drinking Cup”. Sejak saat itu, paper cup mulai banyak digunakan untuk menggantikan gelas – gelas yang sebelumnya dipakai secara bersama – sama.

Lalu apa sajakah keuntungan dan kelebihan menggunakan papercup untuk minum?

  1. Aman

Dibandingkan dengan gelas Styrofoam atau plastik, gelas kertas hampir tidak memiliki kandungan bahan yang berbahaya dan aman untuk minuman panas maupun dingin. Pepper cup juga aman untuk digunakan didalam microwave. Selain itu, paper cup juga tidak ada resiko pecah jika gelas terjatuh. Penggunaan paper cup yang sekali pakai juga mengurangi adanya resiko penularan penyakit.

  1. Ramah Lingkungan dan Mudah Terurai

Dibandingkan dengan gelas berbahan plastik, paper cup hampir tidak memiliki efek yang buruk terhadap lingkungan karena bahan dasarnya yaitu kertas. Karena terbuat dari material organik, paper cup juga mudah terurai secara alami oleh mikroorganisme dan penguraiannyapun tidak akan mencemari tanah.

paper-cup-dikemas

Paper cup – diKemas

  1. Daur Ulang

Gelas kertas adalah salah satu produk yang sangat mudah di daur ulang. Dalam paper cup, terkandung sebuah material yang disebut “pulp” (salah satu materi di dalam pembuatan kertas). Pulp ini dapat digunakan kembali untuk membuat gelas kertas yang baru.

  1. Desain yang Beragam

Gelas kertas ini sangat mudah untuk diberi variasi warna maupun bentuk sehingga banyak sekali variasi warna, desain, dan juga bentuk yang dapat ditemukan. Saat ini bahkan banyak yang menawarkan custom design paper cup, sehingga anda dapat memesan desain paper cup sesuai dengan yang anda inginkan. Menarik bukan?.

  1. Murah

Bahan gelas kertas yang mudah didapat serta mudah dibuat menjadikan paper cup ini memiliki harga yang sangat terjangkau dipasaran. Lain halnya dengan gelas kaca ataupun porselin yang memiliki harga lebih tinggi karena bahan dan proses pembuatannya jauh lebih sulit.

  1. Ringan

Keunggulan lain dari paper cup adalah ringan, karena terbuat dari bahan kertas. Selain itu, penggunaan paper cup juga tidak ada resiko pecah seperti gelas kaca ataupun porselin. Memiliki berat yang ringan juga membuat paper cup ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa takut gelas menjadi pecah.