Ini Dia Bedanya P-IRT, IZIN BPOM, MD, ML DAN SP

Buat anda yang mau memulai usaha di bidang makanan barangkali bingung dengan ijin apa yang perlu diurus. Lantas apa bedanya PIRT, BPOM, MD maupun ML pada label kemasan?

Ijin P-IRT

Untuk usaha kecil, boleh jadi mengantongi PIRT pun cukup. PIRT merupakan singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Dikeluarkan olah Dinas Kesehatan di Kota/ Kabupaten setempat kepada industri pangan skala usaha kecil dan menengah (UKM) atau rumahan.

paper-cup-baner-web

Walau hanya dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten setempat, PIRT bisa jadi jaminan bahwa produk tersebut aman loh. Hal ini karena pendaftaran PIRT harus menyertakan hasil uji laboratorium bahwa produk makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Bagaimana Mengurus PIRT?

  • Datang ke Dinas Kesehatan, konsultasi produk pangan yang akan dibuat apakah boleh menggunakan PIRT.
  • Kalau sudah di daftarkan, produk yang bisa PIRT ke Dinas Kesehatan.
  • Mengikuti Tes PKP (penyuluhan keamanan pangan)
  • Apabila tidak bisa PIRT, maka akan diarahkan ijin produk pangan ke Badan POM RI.
  • Setelah mengikuti tes PKP, pelaku usaha mengisi blanko PIRT.
  • Berkas yang diminta disiapkan antara lain: Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk), Fotocopy Sertifikat PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan), Label Pangan, Fotocopy Surat Izin Usaha Mikro dari Kecamatan Setempat.
  • Setelah berkas masuk, tindak lanjut dari tenaga kesehatan melakukan visitasi/survei ke tempat produksi sesuai dengan alamat yang didaftarkan. Survei meliputi: 1) Penilaian / Croscek Administrasi, 2) Pemeriksaan Sarana dan Lingkungan, 3) Pengambilan Sampel untk dilakukan Uji Laboratorium, 4) Hasil Sampel akan dikirm ke Labkes.
  • Kemudian setelah adanya hasil laboratorium, maka Rekomendasi dan Nomor PIRT diterbitkan oleh Dinas Kesehatan
  • Sertifikat PIRT diterbitkan oleh dinas perijinan, berlaku selama 5 Tahun, dan 3 bulan sebelum habis masa berlakunya, pemilik / produsen melakukan perpanjangan.

PIRT tidak berlaku untuk produk:

  • Susu dan hasil olahannya.
  • Daging, ikan, unggas, dan hasil olahannya yang memerlukan proses dan atau penyimpanan beku
    pangan kaleng (PH >4,5).
  • Minuman beralkohol.
  • Air minum dalam kemasan (AMDK).
  • Pangan laiin yang wajib memenuhi persyaratan SNI.

SP (Sertifikasi Penyuluhan)

Meski jarang, tapi ada satu lagi surat izin terkait dengan keamanan makanan kemasan, namanya SP, singkatan dari Sertifikasi Penyuluhan. SP dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten dengan melakukan penyuluhan kepada pengusaha-pengusaha rumahan kecil dengan modal terbatas dan belum dapat mengajukan PIRT.

Para pelaku usaha dengan SP biasanya sudah mengikuti penyuluhan yang diberikan Dinkes Kabupaten. Pengawasan dilakukan melalui sidak-sidak untuk memastikan proses produksi sesuai standar keamanan pangan.

MD & ML BPOM

MD yang merupakan singkatan dari “Makanan Dalam” adalah nomor izin yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk industri makanan besar dan berasal dari dalam negeri. Walau dalam satu brand makanan, kode MD-nya bisa berbeda, tergantung lokasi pabrik yang memproduksi produk makanan tersebut.

ML merupakan singkatan dari “Makanan Luar” adalah nomor izin yang dikeluarkan dari BPOM untuk industri makanan besar dan berasal dari luar negeri atau impor. Selain jaminan keamanan makanan yang akan kita konsumsi, Kode ML juga menandakan bahwa makanan tersebut telah secara legal dan resmi masuk ke Indonesia.

Selain sidak ke industri rumahan, BPOM juga sidak ke pasar. Apalagi mendekati momen besar dimana permintaan akan bahan pangan meningkat seperti Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan momentum lain. Untuk itu, pastikan bahwa produk makanan anda sudah mengantongi iijin sesuai dengan ketentuan.

113 pemikiran pada “Ini Dia Bedanya P-IRT, IZIN BPOM, MD, ML DAN SP”

    • Halo Pak Mudhoffar, untuk izin seperti itu biasanya dimaksudkan supaya bisa memasarkan produk dengan lebih luas.Jamunya Bapak sendiri jamu seperti apa ya?

      Balas
  1. Siang pak,sy repacking rebranding minyak urut,tapi saya tdk produksi.sy beli minyak urut literan di jual permili,izin edarnya kemana..sy industri rumahan.iumkm sudah ada

    Balas
    • Selamat siang Pak Asep, supaya bisa didistribusikan dijualbelikan dengan brand pribadi tentu yang utama adalah soal kemasannya ya. Untuk harga kemasan minyak bisa WA 081231562447 (Refi) akan dilayani customer service kami :)

      Balas
  2. Saya punya ke ahlian membuat sabun cair cuci piring agar aman dan dapat di edarkan secara luas di masyarakat apa saja yg harus saya lakukan?
    Prihal perizinan saya masih buta

    Balas
    • Selamat pagi pak Arif terima kasih sudah menghubungi diKemas.com, cukup PIRT saja ya. Kalau mau tanya harga kemasan bisa wa 081231562447 (Refi)

      Balas
  3. Saya sudah usaha jamu dalam kemasan botol 500ml seperti beras kencur dan kunyit asam. Saya tanya ke dinkes jika ingin mengurus pirt dan ditanya produknya apa, saya jawab jamu. Kata pihak dinkes kalo jamu harus bpom bukan pirt. Apa benar? Padahal ditempat saya juga ada jamu seperti itu milik orang dinkes tapi ada nomer pirt nya.

    Balas
    • Halo Bu Mustika, terima kasih sudah menghubungi diKemas.com. Sebagai informasi, untuk awalan, keripik tempe cukup pakai IRT aja dlu. klo bisa urus Halal lebih baik

      Balas
    • Halo Pak Yayan, terima kasih sudah meninggalkan komentar di diKemas.com, untuk produk yang ditanyakan pakai PIRT cukup :) Menurut PPERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1190/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Izin Edar Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga bahwa :

      Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, yang selanjutnya disingkat PKRT adalah alat, bahan, atau campuran bahan untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan untuk manusia, pengendali kutu hewan peliharaan, rumah tangga dan tempat-tempat umum.

      CONTOH PERBEKALAN KESEHATAN
      Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), misalnya :

      1. Preparat untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan
      Kapas kecantikan; Toilet article tissue; Sabun cuci batangan,
      sabun cuci cream, detergent,sabun cair
      2. Pestisida Rumah Tangga
      Pembasmi kutu rambut; Pembasmi seranggga rumah; Obat nyamuk
      bakar,cair, erosol; Pembasmi tikus

      dan untuk cari kemasan bisa WA kami 081231562447 (Refi)

      Balas
  4. Saya boy. Saya mau konsultasi kalo saya ada rencana mau buat usaha rumahan tentang amdk kecil kecilan dan apa bisa menggunakan izin pirt minuman air putih mineral cap . Soalnya saya ada lihat kalo minuman rasa rasa bisa menggunakan pirt.

    Balas
  5. saya mau tanya saya ada usaha minuman walet kemasan botol.. bisakah saya mengurus ijin PIRT ny di kota tempat saya produksi?

    Balas
  6. Saya ingin bertanya kepada admin. Apabila produk saya itu jamu wedang uwuh serbuk begitu apakah harus ada izin bpom dan p-irt ? terkait produksi kedepannya apa perlu juga semacam GMP dan halal ?

    Kemudian, saya juga ada produk madu dan rencana mau buat daging frozen, terkait legalitas edar sebaiknya menggunakan bpom atau p-irt ya admin ??
    terimakasih

    Balas
    • Selamat pagi Pak Rasdi, pada dasarnya untuk makanan dan minuman ijin yang disarankan ke semua pelaku usaha memang ijin dari BPOM. Hanya saja bagi pelaku UKM yang masih rumahan, apabila ada persyaratan yang belum memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat BPOM, bisa mencoba ijin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
  7. Pak,kalau kopi kemasan tapi tidak produksi sendiri. Anggap saja repacking-rebranding, saya harus mulai ijinnya dr mana?
    Apa saja yg harus sy siapkan?

    Balas
    • Selamat Siang Kak Reni, sebenarnya untuk ijin produk yang wajib memilikinya adalah produsen. Misal Kak Reni hanya repacking saja, bisa coba diskusi dengan produsen kopi tersebut kira-kira diperkenankan tidak untuk mencantumkan ijin yang mereka miliki. Contohnya saja seperti kemasan snack di Indomaret yang dikemas dengan merk Indomaret, di bungkusnya tercantum nama produsen dan nomor ijinnya, sekaligus keterangan Dikemas untuk usaha kakak. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
    • Selamat pagi, pada dasarnya untuk makanan dan minuman ijin yang disarankan ke semua pelaku usaha memang ijin dari BPOM. Hanya saja bagi pelaku UKM yang masih rumahan, apabila ada persyaratan yang belum memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat BPOM, bisa mencoba ijin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
    • Selamat siang pak Yusuf, untuk produk obat, makanan dan minuman sebenarnya ijin yang disarankan ke semua pelaku usaha memang ijin dari BPOM. Hanya saja bagi pelaku UKM yang masih rumahan, apabila ada persyaratan yang belum memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat BPOM, bisa mencoba ijin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
  8. Maaf saya mau tanya kalau untuk produk makanan seperti rendang daging sapi atau kambing itu perijinannya BPOm atau PIRT ya

    Balas
    • Selamat siang pak Rahmat, untuk produk makanan dan minuman ijin yang disarankan ke semua pelaku usaha memang ijin dari BPOM. Hanya saja bagi pelaku UKM yang masih rumahan, apabila ada persyaratan yang belum memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat BPOM, bisa mencoba ijin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
  9. Saya rencana akan menjual serbuk minuman jahe instan ke Amerika. Mohon pencerahannya kira2 ijin apa saja ya yang diperlukan? Terima kasih

    Balas
    • Selamat siang kak Abdi, pada dasarnya untuk produk obat, makanan dan minuman ijin yang disarankan ke semua pelaku usaha memang ijin dari BPOM. Hanya saja bagi pelaku UKM yang masih rumahan, apabila ada persyaratan yang belum memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat BPOM, bisa mencoba ijin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat. Semoga bisa memberikan pencerahan, terimakasih.

      Balas
  10. Assalamu’alaikum
    Saya domisili Jawa Tengah bumiayu Brebes..
    Klo saya ingin mengajukan p-irt syaratnya apa aj dan apakah buat perijinan gratis…
    Produk yg saya jual adalah kuker homemade seperti biji ketapang, nastar dll.
    Terimakasih

    Balas
    • Waalaikumsalam bisa cek https://indonesia.go.id/layanan/kependudukan/sosial/cara-urus-perizinan-produk-industri-rumah-tangga-pirt

      Balas
  11. Assalamualaikum, saya ingin bertanya untuk ijin edar produk UMKM berjenis Beef Patty Burger menggunakan ijin edar yang mana ya? Apakah menggunakan P-IRT atau MD? TErima kasih

    Balas
    • Siapa saja pelaku usaha berskala rumah tangga yang dapat mengajukan SPP-IRT? Pelaku usaha yang dapat mengajukan SPP-IRT adalah pelaku usaha berskala rumah tangga dan menghasilkan produk jenis pangan yang diizinkan untuk memperoleh SPP-IRT. Berdasarkan Perka BPOM RI No.HK.03.1.23.04.12.2205/2012 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, jenis pangan tersebut diantaranya hasil olahan daging kering; hasil olahan ikan kering; hasil olahan unggas kering; sayur asin dan sayur kering; hasil olahan kelapa; tepung dan hasil olahannya; minyak dan lemak; selai, jeli dan sejenisnya; gula, kembang gula dan madu; kopi, teh, coklat kering atau campurannya; bumbu; rempah-rempah; minuman ringan, minuman serbuk; hasil olahan buah; hasil olahan biji-bijian dan umbi; dan lain-lain

      Balas
  12. produk yang didaftarkan dan skala produksi masuk ke dalam kriteria industri rumah tangga namun berbadan usaha Perseroan Terbatas (PT).
    apakah masih dapat mendaftarkan izin PIRT ?

    Balas
    • Siapa saja pelaku usaha berskala rumah tangga yang dapat mengajukan SPP-IRT? Pelaku usaha yang dapat mengajukan SPP-IRT adalah pelaku usaha berskala rumah tangga dan menghasilkan produk jenis pangan yang diizinkan untuk memperoleh SPP-IRT. Berdasarkan Perka BPOM RI No.HK.03.1.23.04.12.2205/2012 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, jenis pangan tersebut diantaranya hasil olahan daging kering; hasil olahan ikan kering; hasil olahan unggas kering; sayur asin dan sayur kering; hasil olahan kelapa; tepung dan hasil olahannya; minyak dan lemak; selai, jeli dan sejenisnya; gula, kembang gula dan madu; kopi, teh, coklat kering atau campurannya; bumbu; rempah-rempah; minuman ringan, minuman serbuk; hasil olahan buah; hasil olahan biji-bijian dan umbi; dan lain-lain

      Balas
  13. Bagaimana mendaftarkan produk rumahan frozen food dari olahan daging sapi dan ayam agar mendapat izin dari dinkes dan mui. terimakasih

    Balas
  14. Assalamu’alaikum mau tanya…
    Untuk penulisan usaha repacking/rebranding dikemasan produk itu yg sudah dapat izin dari produse,yg betul didistribusikan atau dikemas oleh. ?

    Balas
    • Selamat Siang Pak Andy, misal belum memungkinkan untuk memenuhi syarat BPOM bisa dilengkapi dengan ijin P-IRT sambil melihat perkembangan produk di pasaran Pak. Setelah pasarnya tumbuh dan sudah mencukupi persyaratan yang dibutuhkan BPOM, bisa mengajukan pengurusan BPOM. Terimakasih.

      Balas
  15. Pak, saya rencana mau repacking madu dari madu yg sudah ada Dinkesnya. Apa perlu saya pakai PIRT ulang atau tidak perlu Pak? Terima kasih

    Balas
    • Selamat siang, butuh plastik yang seperti apa bisa langsung WA: 081231562447 (Refi) gambarnya dan kebutuhannya kira-kira berapa pcs :)

      Balas
  16. Siang pak,apakah menjual garam himalaya(repacking/rebranding) harus ijin bpom atau cukup PIRT saja,trm ksh

    Balas
  17. Saya mau tanya.. Untuk no PIRT ini apakah mesti di ajukan masing2 produk nya..
    ***Misal saya sudah ada no PIRT lama untuk produk ‘gula jawa’. Kemudian saya bikin produk baru lagi berupa ‘sambal bawang kemasan:.. Nah untuk case seperti ini apa mesti melakukan pangajuan no PIRT baru lagi..
    Mohon informasi nya..
    Maturnuwun

    Balas
    • Selamat pagi pak Riyan, untuk dari hasil Q&A yang kemarin sempat diKemas.com selenggarakan dengan pihak dinkes, P-IRT itu per jenis produknya ya. Untuk lebih jelasnya bisa ke dinkes setempat

      Balas
  18. Saya produksi rumahan susu kacang kedelai , baru saja mulai. Apakah nanti urus² izin pirt membutuhkan waktu yang lama? Dan berapakah uang yang di butuhkan untuk mengurusnya (diambil rata² setiap daerah)? Terima kasih admin

    Balas
    • Halo Pak Veri, untuk pendaftaran melalui online sepertinya belum dilayani karena kalau mengurus seperti ini harus melihat produk fisiknya. Jika ingin urus P-IRT misalnya, bisa langsung ke dinkes setempat.

      Balas
  19. Pagi pak…saya mau tanya sya mencampur kopi bubuk dengan jahe bubuk dan rempah2 yg lainnya apakah ijin pirt/bpom.trima kasih

    Balas
  20. Selamat malam Pak,…Mohon izin bertanya : Untuk industri Rumahan selain urus Izin P-IRT, apakah “merek” juga harus didaftarkan dan kemana…?
    selain P-IRT ada istilah lain yang saya dengar yaitu PRT, bisa dijelaskan, Pak…?

    Balas
  21. Apakah untuk olahan kacang almond menjadi minuman kesehatan almond boleh pirt,. Almndnya dibeli yang sudah jadi bubuk

    Balas
  22. Selamat malam pak
    Jika kami ingin memasarkan produk ikan laut beku,apakah membutuhkan izin bpom atau sejenisnya. Trimakasih

    Balas
  23. Selamat pagi,
    Kami produksi makanan ringan/camilan berupa pastel, sosis solo dan donat kentang. Apakah ijin yang harus kami urus?

    Balas
    • Produk yang masa simpan < 7 hari tidak diwajibkan izin edar, Kalau seperti yang ditanyakan oleh bapak itu kalau misal memang mau cari izin lebih ke sanitasi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Tapi soal kewajiban, nggak wajib.

      Balas
  24. Selamat malam
    1. jika ingin memproduksi minuman ala coffee apakah cukup P-IRT / B -POM
    2. Jika urus alamat yang akan di tetapkan ijinnya di kota A tetapi produksinya di kota B apakah boleh?
    3. Dan untuk urus P IRT / B-POM harus kemana.?

    Balas
    • Untuk kopi instan wajib SNI sedangkan kopi bubuk pakainya P-IRT. Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang izin bisa langsung ke dinkes setempat.

      Balas
  25. Selamat Siang,…
    Mau tanya, kalau kita outlet minuman, produk teh dari kemasan pabrik 1kg kita repacking lagi menjadi 200gram untuk memudahkan karyawan membuat teh nya. untuk repackingnya itu sendiri perlu izin gak ? makasih

    Balas
  26. Selamat malam, saya ada usaha kecil2 an seperti makaroni dengan aneka rasa. Untuk pengajuan ijin nya seperti apa ya?

    Balas
  27. tanya, kalau usaha repacking dg merk sendiri, ijin usaha apa saja yg dibutuhkan ? Apakah cukup PIRT atau perlu ML ? Produknya Kurma

    Balas
    • Mengikuti perizinan awal untuk perizinannya. Kalau memang dari awal belum diurus bisa diurus sesuai produknya apa. Karena beda produk beda perizinan. Bisa ditanyakan ke bagian dinkes atau bpom setempat.

      Balas
  28. Mau nanya min saya kan beli produk coffe beer dari tirta agung ngoro jombang itu cuman ada pirt tanpa ada md bpom nya tapi botolnya yang dipake itu botol bir bintang apakah itu udah layak dikonsumsi?

    Balas
    • Selamat siang, untuk pertanyaan ini mungkin bisa langsung dikonsultasikan ke pihak terkait (dinkes atau bpom) langsung supaya dapat arahan

      Balas
  29. Mau tanya min, saya jual produk racikan wedang uwuh.. bahan2 rempah saya beli sendiri lalu saya racik dan saya pasarkan dengan keterangan khasiat dan cara membuatnya.
    Perlukah saya mengurus izin kedinas kesehatan setempat??? Atau bagaimana min agar aman produk saya dipasaran

    Balas
  30. Yth. Admin.
    Saya Usaha Damiu Air Mineral n Hexagonal/RO. Sudah Sertifikat Laik Hygiene.

    Untuk air minum Hexagonal/RO selain sudah sertifikat Laik Hygiene. Juga sudah Hasil Lab ITB. Sudah ada Hasil Uji Lab. Analis dan Kalibrasi Balai Besar Industri Agro Departemen Peridustrian RI. SNI.01-3553-2006.

    Pertanyaan.
    Saya Ingin membuat produk kemasan Air Minum Hexagonal botol 600 ml.

    Apakah cukup dengan izin SPP-PIRT.
    Trima Kasih.

    Balas
  31. selamat malam..sy pak muhammad.sy mau memulai usaha madu yang mana madu tsb sy ambil dari importir langsung dalam bentuk derijen.rencana sy mau bikin brand dan repackaging dr madu tsb dan sy urus langsung PIRTnya namun dari pihak dinas kesehatan kota setempat bilangnya harus mengetahui dulu PIRT importir tsb baru nanti bisa di buat PIRTnya.mohon solusinya bagaimana ya??sementara dr importir tdk ada dokumen yang dimaksud.

    Balas
    • Selamat pagi pak bisa coba tonton video liputan kami sama pihak dinkes ya semoga bisa menjawab https://www.youtube.com/watch?v=E0dCTB9AuuQ

      Balas
  32. Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas paparan yang telah disampaikan.

    Mohon ijin bertanya, jika saya akan memproduksi minuman kategori jamu, yaitu: Beras Kencur, Kunyit Asam, dll.
    Apakah produk ini bisa masuk P-IRT.
    Mohon bantuan penjelasannya.

    Atas waktu dan perhatian yang diberikan untuk kami, diucapkan banyak terimakasih.
    Salam Hormat

    Balas
    • Selamat pagi, untuk menjawab pertanyaan ini bisa langsung mengakses video liputan kami bersama pihak dinkes melalui channel YouTube TVBisnis ya, berikut link nya

      Cara Mengurus PIRT dan Penjabaran Lainnya: https://www.youtube.com/watch?v=E0dCTB9AuuQ&t=506s

      Balas
  33. Selamat sore, mhn info kriteria penilaian denah/lokasi produksi :
    1. Apakah dapur rumah dan alat kerja lainnya bersatu dengan dapur / alat produksi di bolehkan?
    2. Hal2 apa saja yg menyebabkan ijin tidak keluar akibat lokasi kerja?

    Demikian terima kasih atas tanggapannya.

    Balas
    • Selamat siang pak, terima kasih sudah meninggalkan komentar di postingan diKemas.com. Untuk menjawab pertanyaan bapak, barangkali bisa dengan akses video liputan kami bersama pihak dinkes berwenang yang sudah memaparkan perihal izin khususnya P-IRT, video bisa diakses melalui link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=E0dCTB9AuuQ&t=506s

      Balas
  34. Selamat sore mau tanya TIGA REMBULAN (Amani MT) usaha penerima pesanan nasi kebuli, nasi briyani, dll sdh ada perijinan HAlAl, HAKI dan IUMK.
    Perkembangan wkt dan semakin byknya para UKM UKM persainag semakin banyak dan omet menurun Tiga Rembulan kuliner pengeluarkan dan penjual bumbunya dengan cita rasa yg tradisiinal. Apakah perlu dengan ijin yang lainnya

    Balas
    • Selamat pagi Pak/Bu, terkait penurunan omzet sebenarnya mungkin lebih kepada strategi promosi pak/bu. Saat ini karena banyak pesaing jadi sebagai pelaku usaha juga mereka mulai banyak berinovasi. Kalau ibu tertarik mengiklankan/butuh jasa yang memungkinkan, bisa coba kontak BisnisUKM.com semisal butuh ruang untuk buka peluang agen/kemitraan

      Balas
  35. mohon pencerahannya pak… apakah produk eksport yg dipasarkan juga di dalam negeri tetap harus ada PIRT nya atau BPOM?
    atau kemasannya harus berbeda?

    Balas
    • Produknya apa ya pak? Mungkin bapak bisa nonton video hasil interview kami dengan pihak dinkes ya, di sini terkait perizinan https://www.youtube.com/watch?v=E0dCTB9AuuQ&t=506s

      Balas
  36. Selamat siang, maaf mau bertànya. Saya mempunyai produk bakso sapi beku dan bakso sapi olahan instan, dan saya masih produksi rumah, untuk ijin yang diperlukan apa ya? Apakah PIRT atau kah BPOM? Terima kasih

    Balas
  37. Maaf numpang promosi Admin dikemas
    Jika Bapak/Ibu sekalian ingin melakukan pengujian produk pangan, obat atau bahan kimia untuk kebutuhan registrasi BPOM atau ijin PRIT dapat menghubungi saya Aulia dari PT Qualis Indonesia di no berikut: 082350542798

    Balas
  38. Izin bertanya apakah izin PIRT boleh mengedarkan produknya diluar provinsi?

    Misal produksinya di palembang, produknya diedarkan di jawa barat. Apakah diperbolehkan?

    Produknya tepung olahan roti / panir

    Balas
    • Mungkin bapak bisa nonton video hasil interview kami dengan pihak dinkes ya, di sini terkait perizinan https://www.youtube.com/watch?v=E0dCTB9AuuQ&t=506s

      Balas
    • Selamat pagi, bisa menggunakan izin p-irt karena produk bisa tahan lebih dari 7 hari. Info lebih lanjut tentang izin p-irt bisa langsung cek YouTube : TVBisnis

      Balas
  39. Selamat Sisang Bu/Pak, Saya dapat informasi, kalo dalam 1 atau 2 tahun kedepan, semua pangan olahan dalam kemasan harus memiliki Ijin BPOM, tidak bboleh hanya PIRT. Apakah informasi ini benar?
    Apakah ada surat edaran atau aturannya?

    Terima kasih

    Balas
  40. Mau tanya.sy beli barang katanya sudah ada ijin edar dari dinas kesehatan(P-IRT)dan ngasih no prt dgn no.209xxxxxxxxx. Yg sy mau tanyakan gmn cara ngeceknya bahwa nomor idin tersebut emang bener2 terdaftar atau resmi?

    Balas
  41. Kak saya mau tanya, saya jual tanaman obat yang tanpa ada campuran, hanya tanaman itu saja dikeringkan dan dikemas, apa izin yang harus saya urus???makasih sebelumnya

    Balas
  42. Hallo dikemas.com.. saya bingung mau ngajuin ijin untuk bakso dalam kemasan frozen gitu.. ini kan tidak ada kategorinya di list SPP IRT, diarahkannya untuk pengajuan ke badan POM. Sementara ini baksonya rumahan gitu lho.. yang bikinnya juga alami alami gitu. Mo dapat ijin edar dari badan POM step-stepnya koq kudu masukin ijin perusahaan dll gitu yah? Apakah tidak bisa bagi usaha rumah tangga? Mohon pencerahannya

    Balas
  43. Saya beli makanan ringan dlm bentuk bal²an, kmd sy repack jd ukuran kecil². Harus ada ijin apa?
    Mohon penjelasannya 🙏

    Balas

Tinggalkan komentar