Tips Kemasan

Ini Dia Contoh Kemasan Gula Merah yang Menarik dan Bernilai Jual!

ini-dia-contoh-kemasan-gula-merah-yang-menarik-dan-punya-nilai-jual

Kualitas produk yang baik, terkadang tidak menjamin lancar dan berhasilnya suatu usaha. Barangkali hal seperti inilah yang dialami oleh rekan-rekan petani nira di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa bulan lalu.

“Kalau tidak ada pesanan, kami tidak mengirimkan produk, gula akan menumpuk dan menjatuhkan harga produk,” kata seorang petani nira, Rahmadi, di Kulon Progo, Kamis (8/3/2018), dilansir Antara.

Ia mengatakan jumlah total gula produksi petani koperasi bisa mencapai 150 ton per bulan. Dengan kondisi ini, petani membutuhkan pasar yang berkelanjutan. Dengan demikian, petani akan senang dan kesejahteraan penderes nira lebih terjamin.

“Memfasilitasi ekspor sendiri untuk koperasi juga bisa, supaya kami tidak dipermainkan oleh buyer dan kalau bisa ekspor sendiri akan enak atau dalam bentuk talangan dana untuk pembelian gula lewat koperasi. Sebenarnya sertifikat luar negeri itu tidak sulit, cuma penjualan gula semut yang memang sulit. Tapi, meski ada sertifikat kalau tidak ada pasar, buat apa?” katanya.

Dalam penjelasan terpisah, Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan bahwa pemerintah daerah juga akan membantu mencarikan pasar, selain juga memberikan bantuan alat mesin pengmas. Jadi selain merintis sistem juga memfasilitasi,” tambahnya.

Ia mengatakan pemkab akan membuatkan pasar lokal dengan menyasar hotel-hotel yang ada di DIY supaya menggunakan gula semut produksi petani nira Kulon Progo. Menurutnya, pasar lokal sangat berpotensi besar dan pasarnya terbuka lebar.

BACA JUGA:  Ketentuan Wajib Kemasan Minyak Goreng Diundur 2020

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemkab mengusahakan sertifikat natura yang standart nasional, pendampingan produksi, pengemasan, dan pemasaran.

“Pasar lokal sangat terbuka lebar. Kalau menjual ke luar negeri keuntungannya sedikit, kami akan arahkan memasarkan gula semut dalam negeri. Kami targetkan stop ekspor gula semut, dan mulai menggarap pasar lokal,” katanya.

Contoh Kemasan Gula Merah

1. Kemasan Gula Merah Sachet

Berikut ini contoh kemasan sachet untuk kemasan gula merah. Bahan yang digunakan untuk kemasan ini adalah bahan metalize, dengan berat bersih produk 7 gram. Contoh kemasan gula merah ini merupakan produk klien diKemas.com dari Gorontalo.

kemasan-gula-merah-sachet-arengo

2. Kemasan Gula Merah Stick Sachet

Menggunakan bahan aluminimum foil, kemasan gula semut berikut ini dikemas dengan desain stick sachet untuk dipasarkan ke hotel-hotel maupun di double packing untuk dipasarkan ke ritel.

kemasan-gula-merah-sachet-stick

Kemasan ini harus dikemas menggunakan mesin pengemas otomatis. Dan salah satu keunggulannya, dengan bahan aluminium foil, tentu daya tahan dan daya penyimpanan kemasan ini lebih baik, lebih lama dibanding dengan kemasan metalize.

3. Kemasan Gula Merah Standpouch

Selain dikemas dengan desain sachet maupun stick sachet, umumnya gula merah atau gula semut masih dipasarkan dengan bentuk model kemasan standpouch. Berikut ini contoh tampilan kemasan standpouch untuk gula merah atau gula semut.

kemasan-gula-semut-standpouch

Kemasan jenis ini dikemas secara manual, baik menggunakan hand sealer, atau mesin continuous band sealer. Salah satu keunggulan kemasan ini yaitu dapat dibeli dalam jumlah kecil, dan dipadu dengan desain stiker yang menarik.

BACA JUGA:  Menjadi Kopi Expert Hanya dengan Informasi Bungkus Kopi!

Demikian sedikit ulasan mengenai Contoh Kemasan Gula Merah atau Gula Semut, semoga dapat menjadi inspirasi bagi anda.