Tips Kemasan

Jaga Kualitas Kue Lapis Kemasan Anda Dengan Kemasan Vacuum!

Kemasan vacuum merupakan pengemasan yang banyak digunakan oleh pelaku usaha dalam pengemasan produknya. Hal ini dikarenakan dengan adanya plastik kemasan vacuum atau plastik kedap udara dapat menjaga kualitas keawetan produk kita. Biasanya banyak pelaku usaha kue lapis kemasan beralih mengemasnya dengan kemasan ini.

Kemasan ini sebenarnya mempunyai prinsip yang sama dengan kemasan yang lainnya, yaitu sama bertujuan untuk menjaga kualitas rasa pada produk kita. Namun kemasan vacuum memiliki kelebihan diantaranya dapat menjaga keawetan kue lapis kemasan lebih lama sekitar kurang lebih 6 bulan.

Dengan plastik kemasan vacuum maka makanannya yang ada didalamnya dapat terjaga kuallitasnya sehingga ketika dibuka kemasannya oleh konsumen kondisi dan rasa kue lapis tetap terjaga dan masih baik untuk dikonsumsi. Karena dengan kemaan vacuum ini tidak akan terkontaminasi oleh bahan-bahan yang berbahaya baik kotoran dan debu ketika proses distribusi.

Kemasan vacuum memiliki kelebihan dari bahan plastik lainnya, yaitu dengan kemasan vacuum kita bisa mencegah oksigen yang masuk kedalam kantong dan dapat menjaga kelembapan udara pada produk sehingga dapat memperpanjang keawetan produk. Kemasan vacuum juga memiliki tampak yang transfaran sehingga dapat memperlihatkan produk yag kita kemas dengan jelas kepada pelanggan. Selain itu meski disimpan dalam jangka waktu lama produk tetap segar dan juga tahan panas dan robek.

Kemasan ini dapat kita cetak desain dan kode tanggal, seperti waktu produksi dan waktu kadaluarsanya, selain itu kita juga dapat menambahkan informasi-informasi mengenai kandungan dalam makanan sehingga konsumen bisa mengetahui apakah makanan tersebut layak dimakan atau tidak.

Sebelum kita lebih jauh untuk bagaimana cara kita menggunakan kemasan vacuum sebagiknya anda mengetahui dahulu jenisnya, diantaranya:

Bahan Plastik LDPE atau Low Density Polyethylene

Plastik kemasan dari baha ini biasanya sering digunakan untuk kemasan makanan atau kemasan minuman dalam botol. Biasanya plastik ini bisa didaur ulang namun agak sulit karena lebih tebal dibandingkan dengan plastik pada umumnya. Plastik ini jarang didaur ulang namun jika didaur ulang maka ia akan dijadikan sebagai bahan pembuat ubin lantai. Walupun bahan ini sulit untuk dihancurkan namun tetap baik lho untuk kemasan makanan! Karena kemasan ini mampu untuk menjaga produk agar sulit bereaksi secara kimiawi dengan bahan makanan.

Plastik ini merupakan thermoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Dan biasanya jenis ini untuk digunakan sebagai pembungkus roti dan makanan beku lainnya (frozen plastic bags). selain itu plastik ini biasanya ditemukan pada pembungkus baju, kantung pada layanan, pembungkus buah buahan agar tetap segar dan pada botol pelumas.

Bahan Plastik Nylon.

Biasanya kemasan vacuum yang terbuat dari plastik nylon dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu untuk melindungi produk makanan yang dikemasnya. Meski dalam ketebalan tertentu tidak dapat dengan mudah untuk tergores maupun rusak, selain irtu plastik ini mampu unt8uk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ekstrem sehingga baik untuk makanan ringan maupun makanan bahan makanan lainnya akan tertap terjaga.

Harga plastik nylon dibandingkan plastik kemasan HDPE jauh lebih mahal karenamemiliki keunggulan dalam kelenturannya, tidak mudah longgar dan tahan lama. Plastik ini mampu untuk digunakan dalam meningkatkan daya tahan lama kadaluarsa suatu produk. Dengan tidak adanya udara yang ada didalam kemasan maka mikroorganisme yang bisa menyebabkan basi tidak dapat berkembang biak.

Cara Menggunakan Plastik Vacuum

Cara menggunakannnya sebenarnya sama dengan kemasan yang lainnya. Biasanya direkatkan atau diseal dengan menggunakan mesin vacuum sealer, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengemas plastik vacuum.

Dengan mesin vacuum sealer akan membuat kemasan vacuum hampa udara yang menyebabkan dioksidasi oksigen akan ditekan sedemikian rupa sehingga bakteri akan jauh lebih lama untuk berkembang biak dibandingkan dengan oksidasi alami.

Karena dengan adanya kemasan hampa udara ini dapat menyebabkan proses pembusukan jauh lebih lama. Jika makanan dikemasa dengan plastik biasanya dapat busuk selama tiga atau empat hari setelah pengemasannya maka dengan kemasan vacuum ini mampu untuk bertahan lebih awet selama 15-20 hari.

Bagaimana apakah anda berminat untuk menggunakan kemasan ini?dengan kemasan ini setidaknya dapat menghemat sedikit biaya pengemasannya lho! Selain itu dengan kemasan ini anda mampu untuk menjaga kualitas anda lebih lama.