Kamu Harus Tahu 3 Rekomendasi Kemasan Kopi Lampung Terbaik

Kemasan kopi Lampung adalah tema yang kita ulas kali ini. Kebanyakan para pelaku bisnis kopi menanyakan kemasan seperti apa yang paling rekomended digunakan untuk mengemas kopi bubuk. Ada banyak pilihan kemasan, mulai dari saset, standing pouch, flat bottom, hingga kemasan box.

Lalu mana yang paling bagus di antara kemasan kopi tersebut? Pemilihan kemasan tergantung dari karakteristik produk, distribusi produk, penjualan produk, target konsumen, dan budget.

Supaya lebih lengkap, yuk kita kulik dulu seperti apa kopi Lampung itu.

Karakteristik Kopi Lampung

Tekstur

Sampai sekarang Lampung merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kopi Sumatera memiliki tekstur yang lebih halus dibanding jenis kopi lainnya.

Daerah satu ini terkenal dengan 2 jenis kopi yang menjadi ciri khas, yakni robusta dan arabica. Kopi Lampung robusta memiliki aroma seperti coklat. Jenis kopi robusta biasa ditanam pada ketinggian 800 mdpl, dan banyak ditemukan di daerah Lampung barat. Kopi lampung robusta memiliki aroma dan cita rasa yang sangat kuat dengan tingkat keasaman yang ideal. Oleh karena itu, kopi lampung robusta aman dikonsumsi pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung.

Jenis kedua adalah kopi arabica. Ciri khas dari kopi arabica ini bijinya lebih panjang dibandingkan dengan robusta. Rasanya memang tidak begitu pahit namun arabica memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Aroma

Aroma dari kopi arabica wangi seperti buah – buahan segar dan bunga. Jika dibandingkan dengan robusta, kopi arabica ini daerah tanamnya antara 1000 s.d 2000 mdpl. Selain itu, kopi arabica dihargai lebih mahal dibanding robusta.

Seperti yang kita tahu, kemasan Kopi Lampung yang biasa kita jumpai di pasaran dikemas dengan kemasan kertas atau plastik sablon biasa. Biasanya konsumen yang datang ke dikemas.com tujuannya untuk upgrade kemasan kopi.

Ada 3 jenis pilihan kemasan kopi yang bisa kamu pilih, mulai dari kemasan kraft dengan sablon satu warna, kemasan alufoil sablon satu warna dan terakhir kemasan printing dengan desain full warna.

Kemasan Kopi Lampung

Kopi Lampung Kraft Sablon 1 Warna

Untuk kemasan craft bahan luarnya berupa craft dengan laminasi plastik, lalu bahan luarnya menggunakan alufoil. Jenis kemasan ini tersedia kemasan 50 gram yang biasanya menggunakan ukuran 9 cm x 15 cm, sampai dengan kemasan untuk berat 1 kg.

Kemasan yang biasanya dipesan biasanya untuk berat kopi 100 gram sampai dengan 350 gram, dengan lebar 13 cm dan tinggi 20 cm.

Kemasan Kopi Lampung Alufoil Sablon 2 Warna

Jenis alufoil menggunakan bahan laminasi matte atau doff untuk bagian luar. Untuk kemasan alufoil yang satu ini tersedia ukuran 13 cm x 20 cm untuk 100 – 150 gram sampai dengan ukuran 18 cm x 29 cm untuk 500 gram.

Kemasan Kopi Lampung Printing

Kemasan printing bisa digunakan untuk full warna. Untuk jenis printing, kemasan biasanya digunakan untuk produk kopi dengan berat mulai dari 100 gram sampai dengan 1 kg.

3 Jenis Kemasan Kopi Lampung

Lalu kemasan mana yang paling cocok untuk kopi Lampung? Akan kita ulas satu per satu kemasan apa saja yang paling banyak digunakan dan apa saja yang biasanya dicantumkan dalam kemasan kopi.

Kemasan Kopi Lampung Craft Sablon 1 Muka

Contoh kemasan kopi Lampung kraft satu warna dengan merek ‘Tanjung Raja Kopi. Brand satu ini mengambil biji kopi sebagai logo. Jika tidak ingin ditambahkan dengan informasi lain bisa gunakan gambar ilustrasi seperti peta daerah dan batik khas daerah tersebut.

Untuk bagian informasi bisa diisi dengan netto dan komposisi, dan keterangan tentang di mana kopi diproduksi. Netto berisikan berat produk biji kopi atau bubuknya.

Kemasan kraft mengambil sablon 1 muka. Bagian belakang bisa polos atau bisa sablon 1 muka, bahkan 2 muka.

Kemasan Kopi Lampung Alufoil Sablon 2 Muka

Kedua adalah kemasan kopi Lampung alufoil sablon 2 muka. Kemasan alufoil ada beberapa pilihan warna yaitu hitam, gold, putih, merah, hijau, dan juga silver. Untuk kemasan yang elegan dan eksklusif dengan budget yang sangat minim, kalian bisa pakai kemasan alufoil sablon satu warna dengan warna hitam atau gold.

Sebagai contoh warna hitam dengan tinta putih, atau dengan tinta gold. Pilihan tinta di atas biasanya dipakai dan menjadi favorit para pebsinis kopi yang memilih alufoil warna hitam.

Contoh alufoil sablon dua muka adalah BMI Coffee. Brand ini mencantumkan merk, logo dan juga ilustrasi gambar biji kopi dan cangkir, varian kopi, hingga pilihan bubuk atau biji pada kemasan. Kemasan BMI coffee memakai sablon 2 muka, yakni depan belakang.

Kemasan Kopi Lampung Printing

Kelemahan dari kemasan printing adalah tidak ada zipperlock. Kelebihan kemasan ini bisa full warna depan belakang. Warnanya pun bisa menyesuaikan keinginanan. Namun saran dari dikemas, untuk kemasan kopi lebih baik menggunakan dasaran warna hitam atau merah.

Contoh kemasan printing ini adalah brand kopi “Ulubelu”. Brand ini menantumkan logo, gambar dan juga informasi lainnya. Pada bagian belakang dicantumkan informasi kapan dan di mana diproduksi hingga kode produksi.

Kalian yang tertarik dan kepengen dengan kemasan kopi lampung standing pouch kraft atau alufoil dengan sablon satu maupun dua warna bisa pesan di dikemas.com. Minimal order biasnaya 300 pcs, sedangkan utnuk printing minimal order 1000 pcs.

Kalau masih butuh informasi lebih lengkap dan mau konsultasi kemasan bisa langsung hubungi CS dikemas.com.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar