Peluang Bisnis, Tips Bisnis, Tips Kemasan

Kamu Mahasiswa? Intip Peluang Usaha Makanan Kemasan Paper Bowl Disini!

Kamu Mahasiswa Intip Peluang Usaha Makanan Kemasan Paper Bowl Disini!

Sekarang sudah bukan zamannya menjadi pegawai, semua orang berlomba-lomba menjadi bos untuk dirinya sendiri. Caranya tentu dengan membuka usaha mandiri. Usaha yang terbilang cukup mudah dikembangkan adalah usaha dalam bidang makanan dan minuman. Maka dari itu usaha dibidang makanan dan minuman menjamur di Indonesia.

Menjadi bos bagi diri sendiri tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar usaha yang dirintis bisa berkembang menjadi besar. Lebih awal memulai usaha semakin baik. Lalu kapan sih baiknya kita mulai menjalankan usaha? Saat kita merasa sudah mampu baiknya kita bisa mulai menjalankan usaha.

Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Bagi kamu yang merupakan mahasiswa tepat sekali membaca artikel ini karena di sini kita kaan membahas peluang usaha untuk mahasiswa. Tidak hanya itu, karena usaha membutuhkan pengemasan yang baik kita juga akan membahas seputar pengemasannya.

1. Salad buah

paper bowl salad buah

sumber gambar: fbs

Salad buah memang bukan makanan berat atau pokok yang biasa dimakan setiap hari. Ini merupakan makanan yang masuk dari luar negeri seiring berkembangnya gaya hidup sehat yang dianut masyarakat. Salad terbuat dari campuran bermacam-macam buah yang dipotong kecil menyesuaikan ukuran salad dan mayones sebagai saus atau perasanya. Terkadang ada juga yang menambahkan parutan keju dan susu kental manis dalam salad buah.

Membuat salad buah sangat mudah dan tidak memerlukan bahan yang banyak sehingga modal yang dikeluarkan pun cukup terjangkau. Bagi mahasiswa yang belum memiliki banyak penghasilan, menjalankan usaha salad buah menjadi pilihan yang tepat karena semua alat-alat yang dibutuhkan pasti tersedia di indekos masing-masing. Menjalankan usaha salad buah juga tidak membutuhkan fokus sepenuhnya, bisa dilakukan di sela waktu kuliah yang senggang sehingga tidak mengganggu waktu perkuliahan.

2. Takoyaki

paper bowl takoyaki

sumber gambar: eatbook

Siapa yang belum mengenal takoyaki? Panganan ini menjadi terkenal pada beberapa tahun belakangan. Berasal dari Jepang, takoyaki berbentuk bulat menyerupai bola dengan diameter yang kecil sekitar 3-5 cm. Membuat takoyaki cukup mudah, bahkan bisa dilakukan orang yang tidak memiliki keahlian memasan. Kamu cukup menyiapkan adonan tepung terigu yang sudah dibumbui dan isian takoyaki yang bisa berupa daging, sosis, atau keju.

Bagi mahasiswa, takoyaki menjadi peluang usaha yang bisa dikatakan memiliki prospek tinggi. Pertama panganan ini sedang naik daun, disukai banyak orang sehingga pasarnya sedang berkembang luas. Kedua takoyaki mudah dibuat, biasanya mahasiswa belum memiliki keahlian memasak yang tinggi sehingga panganan ini cocok dijadikan usaha. Ketiga alat untuk membuat takoyaki tidak susah dicari, hanya membutuhkan penggorengan yang berbentuk setengah lingkaran. Mudah didapatkan dimana saja dan bisa dibuat di indekos.

3. Pempek

paper bowl pempek

Makanan khas palembang ini menjadi primadona bagi beberapa orang. Saat ini pempek sudah hadir dalam bentuk instan atau kemasan yang dapat kita olah sendiri. Namun banyak orang yang malas untuk mengolah pempek tersebut karena pada saat pengolahan sering terkena cipratan minyak. Sehingga banyak yang lebih memilih untuk membeli pempek yang sudah siap makan saja.

Kamu para mahasiswa bisa masuk ke dalam peluang ini. Beli pempek kemasan instan lalu diolah menjadi pempek siap makan. Jual dengan harga jual yang semestinya. Usaha yang cepat, mudah, dan bisa dipastikan pasarnya.

4. Kreasi Indomie

indomie

sumber gambar: myculinarydiarycom

Siapa yang tidak menyukai mie yang satu ini? Saking melegendanya mie yang satu ini bahkan sampai menjadi favorit di banyak negara. Orang menggemari mie ini, namun malas membuatnya. Selain itu jika mie ini diolah dengan olahan yang biasa-biasa saja orang mulai bosan. Maka dari itu muncul kreativitas untuk membuat indomie ke dalam beberapa kreasi.

Mie ini sangat mudah didapatkan dan tentu saja murah. Bagi mahasiswa yang belum memiliki banyak uang, jika menjalankan usaha kreasi indomie tentu tidak membutuhkan banyak modal. Membuat mie ini juga cepat sehingga tidak memakan banyak waktu. Pasarnya juga selalu ada dan terus berkembang sehingga buat kamu mahasiswa jangan ragu untuk menjalankan usaha ini, ya!

Alternatif Kemasan

Setelah melihat peluang-peluang usaha yang ada untuk mahasiswa kini saatnya memutar otak untuk memberikan packaging yang menarik. Dari empat peluang usaha yang telah dijabarkan di atas, bisa diambil satu kesimpulan bahwa makanan-makanan tersebut dapat dikemas menggunakan kemasan yang sejenis.

1. Paper bowl

paper bowl

Berbentuk mangkuk paper bowl ini fleksibel namun sekaligus kaku. Sesuai namanya paper bowl berbahan dasar kertas tapi bukan sembarang kertas. Karena untuk membungkus makanan maka kertas yang digunakan adalah kertas yang aman bagi makanan yaitu kertas food grade. Kertas ini juga tebal dan memastikan makanan yang dikemas di dalamnya tidak bocor.

Paper bowl aman untuk makanan dingin seperti salad buah, makanan panas seperti takoyaki, dan makanan berkuah seperti pempek. Harganya yang cukup terjangkau juga tidak membuat kantong mahasiswamu jebol. Meski usahamu masih di kalangan mahasiswa, namun dengan kemasan yang baik dapat membuat usahamu tidak hanya disenangi kalangan mahasiswa dan pasarnya meluas.

2. Thin wall

thin wall

Thin wall sejenis dengan paper bowl, berbentuk mangkuk. Bahan dasar thin wall adalah plastik, biasanya plastik yang digunakan berjenis polypropylene atau PP. Plastik ini aman untuk makanan baik makanan yang panas, dingin, atau yang berkuah sekalipun. Karena terbuat dari plastik thin wall lebih kaku daripada paper bowl. Meskipun begitu thin wall tetap fleksibel.

Seperti paper bowl, thin wall hadir dalam bermacam ukuran. Jika paper bowl dapat dihias dengan sablon, thin wall tidak bisa karena permukaan plastiknya. Thin wall masih cukup terjangkau di kantong mahasiswa. Jadi jangan khawatir mengeluarkan uang yang banyak, ya!

Ayo para mahasiswa mulai usahamu dari sekarang. Dengan kemasan yang baik dan tepat usahamu tidak hanya menjadi usaha kalangan mahasiswa. Masih bingung kemasan yang baik dan tepat? Konsultasikan saja dengan Dikemas.com. Mau konsultasi tapi belum pasti membuatnya? Konsultasikan dulu saja lewat kolom komentar, ya!