Blog

Kelima Hal Ini Buat Kemasan Produk Lebih Menarik Hingga 2 Kali Lipat

tips meningkatkan kemasan produk

Fungsi utama kemasan itu memang untuk melindungi produkmu dari pengaruh lingkungan luar. Tetapi, bukan berarti desain kemasan produk yang kamu buat boleh asal-asalan, yang penting produknya sudah terbungkus kemasan.

Pola pikir seperti inilah yang harus dihilangkan dari para pelaku bisnis. Sebab sekarang ini fungsi kemasan produk tidak hanya sebagai pelindung, tapi juga sebagai alat promosi untuk meningkatkan penjualan produk di khalayak ramai. Lantas, bagaimana cara membuat kemasan produk yang bisa memikat hati calon konsumen?

Berikut ini ada 5 hal penting yang perlu kamu cantumkan, agar kemasan produk yang kamu buat bisa terlihat lebih menarik hingga 2 kali lipat.

1. Pastikan nama produk yang dijual mudah diingat pelanggan

Nama produk harus sesuai dengan produk yang ingin kamu jual. Nama yang tepat bagi sebuah produk adalah nama yang unik, tidak terlalu panjang, mudah diingat dan berhubungan dengan produk yang kamu jual.

2. Info tambahan terkait kelebihan produk. Contohnya nilai gizi, komposisi, atau tanggal kadaluarsa.

Usahakan untuk memberi informasi yang relevan pada kemasan sehingga menambah tingkat kepercayaan konsumen. Misalnya saja jika kamu menjual produk makanan, kamu bisa mencantumkan nilai gizi yang tepat, komposisi produk, tanggal kadaluarsa dan menyoroti keuntungan yang didapat para konsumen. Untuk produk yang lain, kamu dapat memberikan informasi mengenai kenapa para konsumen membutuhkan produk tersebut.

3. Gunakan warna kemasan produk yang konsisten

Warna merupakan cerminan dari produk yang kamu  jual meskipun warna kemasan tidak harus sama dengan warna produk tersebut. Jadi pilih warna kemasan produk yang dapat membuat pelanggan tertarik pada produkmu. Contohnya saja menggunakan warna cerah untuk menunjukan tampilan yang lebih terang atau dengan inovasi lainnya.

4. Desain kemasan produk yang dibuat jadi identitas merk yang kamu jual

Pastikan kemasan anda sesuai dengan produk yang anda jual. Identifikasi produk tertentu pada umumnya dilakukan para konsumen dengan melihat kemasannya. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat kemasan yang mudah diingat oleh para konsumen.

5. Kejelasan desain dan bentuk jadi kunci utama ketertarikan pelanggan

Kejelasan merupakan faktor yang paling penting dalam membuat sebuah kemasan. Jangan sampai kemasan yang kamu gunakan membingungkan para konsumen karena akan mengurangi tingkat kepercayaan sehingga penjualan produk kamu akan terganggu.