Kemasan Bubuk Kopi Mau Pilih Bahan Plastik atau Kertas?

Kemasan bubuk kopi perlu dipilih dengan tepat agar produk kopi bisa terjaga dengan baik. Selain itu kemasan bubuk kopi perlu ditentukan dengan tepat agar tampilannya juga sesuai dengan brand dari produk kopi itu sendiri. Pada dasarnya kemasan bubuk kopi jenisnya beragam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kemasan bubuk kopi sebagai alat yang digunakan untuk menjaga produk agar steril, pemilihan kemasan sangat menentukan kualitas produk kopi yang dihasilkan.

Kenapa Pemilihan Kemasan Bubuk Kopi Itu Penting?

Memerhatikan kebersihan produk, alat pengemasan, proses pembuatan, lokasi yang digunakan saat proses produksi memang sangat diperlukan. Hal tersebut bahkan jadi standar utama produk pangan termasuk kopi bubuk yang steril agar bisa dikonsumsi dengan layak oleh konsumen. Tapi selain itu proses pengemasan juga perlu diperhatikan karena produk pangan seperti kopi bubuk yang sudah diproduksi dengan sangat steril bisa saja jadi tidak steril lagi karena produk terkontaminasi dengan zat atau kotoran tertentu saat proses pengemasan. Maka dari itu jenis kemasan bubuk kopi harus dipilih dengan tepat.

Produk kopi bubuk juga bisa saja rusak dan tidak lagi layak dikonsumsi karena pertumbuhan bakteri yang berkembang akibat dari pemilihan kemasan bubuk kopi yang tidak tepat. Seperti yang kita tahu, bakteri merupakan organisme mikroskopis yang bisa berkembang di banyak tempat. Pada dasarnya ada begitu banyak bakteri yang hidup di sekeliling manusia, namun beberapa bakteri memberikan dampak buruk yang bisa menyebabkan penyakit ke manusia. Perkembangan bakteri yang ada pada produk kopi bubuk bisa membuat produk tersebut rusak dan tidak layak konsumsi.

Kelebihan Kemasan Bubuk Kopi Standing Pouch

Di antara banyaknya jenis kemasan, kemasan bubuk kopi standing pouch bisa dikatakan sebagai kemasan yang paling tepat, aman, dan bisa menjaga produk kopi bubuk agar terhindar dari bakteri atau kotoran lain yang bisa membuat produk kopi bubuk rusak. Berikut ini beberapa hal yang menjadikan standing pouch bisa menjaga kualitas produk kopi bubuk dengan baik.

1. Bahan Kemasan Standing Pouch yang Kuat

Mengapa jenis kemasan standing pouch dianggap bisa menghalau dan menekan perkembangan bakteri yang bisa merusak produk? Hal itu bisa dijawab dengan beberapa alasan dan faktor yang ada misalnya dimulai dari bahan kemasan standing pouch yang pada umumnya akan jauh lebih tebal dan berkualitas daripada jenis kemasan yang lain. Kemasan standing pouch memang bisa jadi lebih tebal dan kuat. Pada umumnya ukuran ketebalan pada standing pouch berkisar dari 85 hingga 105 microns. Ketebalan tersebut tentunya bisa melindungi produk kopi bubuk yang sudah diproduksi dengan steril dari kotoran atau udara yang memengaruhi produk.

Material yang digunakan pada standing pouch biasanya adalah bahan aluminium foil dan nylon. Kedua jenis material tersebut sangat sering digunakan untuk membentuk kemasan standing pouch yang fleksibel. Bahan aluminium secara teknis memang memiliki kelebihan anti lembab, anti udara, bahkan menghalangi cahaya yang masuk. Sedangkan untuk kemasan nylon sangat unggul untuk menjaga dan menghalangi oksigen yang masuk sehingga bakteri tidak bisa tumbuh dan berkembang ada produk kopi bubuk yang telah dikemas.

2. Desain Kemasan Standing Pouch Lebih Menarik

Sebagai pebisnis produk pangan seperti halnya kopi bubuk, kamu bisa mengajak konsumen untuk ikut menjaga kebersihan dan kesehatan dengan memberikan informasi serta ajakan yang bisa kamu kreasikan di bagian desain kemasan standing pouch. Desain kemasan kopi standing pouch yang informatif dan edukatif juga akan meningkatkan nilai dari produk kopi bubuk itu sendiri. Misalnya kamu bisa membuat desain informatif tentang cuci tangan sebelum menyeduh kopi. Bisa juga membuat desain kemasan standing pouch dengan unsur humor atau quotes menarik dan tambahan elemen kreatif lainnya yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membaca.

3. Kemasan Standing Pouch Banyak Jenisnya

Jenis bahan untuk kemasan standing pouch dan modelnya sangat beragam. Mulai dari bahan alumunium foil, bahan plastik, dan bahan kertas. Ketiganya sama-sama cocok untuk mengemas produk kopi bubuk. Untuk modelnya juga beragam seperti model kemasan standing pouch zipper. Untuk jangka panjang kemasan standing pouch zipper lebih bisa menjaga ketahanan produk kopi bubuk serta memastikan produk aman dan tidak berubah sebelum diterima oleh konsumen. Apa lagi sesuai karakter produk kopi yang biasanya tidak langsung habis. Konsumen bisa menutupnya kembali dengan adanya zipper.

4. Kemasan Standing Pouch Fleksibel dan Kokoh

Alasan lain mengapa kemasan standing pouch dipilih oleh penjual adalah karena desain kemasan produk yang kuat dan kokoh. Saat sudah diisi, kemasan ini dapat berdiri sendiri sehingga mudah diatur saat ada di rak. Karena bisa berdiri sendiri dan kokoh, kemasan ini lebih menarik perhatian konsumen. Tidak heran jika saat berada di supermarket, kamu akan sering sekali melihat produk-produk yang dijual dengan kemasan standing pouch dengan zipper ataupun tanpa zipper. Karena desain kemasan menggunakan zipper, maka produk yang dimasukkan menjadi lebih awet bahkan setelah dibuka. Dengan keunggulan seperti ini, kemasan standing pouch lebih fleksibel untuk berbagai jenis produk. Produk tersebut antara lain produk kopi bubuk, biji kopi, snack, teh, tepung, dan lain sebagainya.

5. Ukuran dan Warna Kemasan Stand Pouch Beragam

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kemasan standing pouch kini dibuat dalam berbagai ukuran. Hingga kini, kemasan ini memiliki setidaknya 6 ukuran yang berbeda. Ukuran paling kecil adalah 70 gram sedangkan untuk ukuran paling besar adalah 1kg. Selain itu, kamu bisa memesan standing pouch dengan ukuran 100 gram, 150 gram, 250 gram, dan 500 gram. Dengan variasi ukuran yang beragam, kemasan standing pouch semakin dicari oleh para pebisnis termasuk pebisnis kopi. Kemasan standing pouch tidak hanya tersedia dalam berbagai ukuran tetapi juga berbagai warna. Saat ini, kamu sudah bisa menggunakan kemasan standing pouch dalam 7 warna yang berbeda. Kamu bisa memilih untuk menggunakan warna klasik seperti hitam, emas dan silver. Jika ingin menyesuaikan dengan jenis produk, maka kamu juga bisa menggunakan warna lain seperti hijau, merah, biru, dan brown.

Pilih Kemasan Kopi Bubuk Plastik atau Kertas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau bahan kemasan kopi itu beragam. Tentu saja masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Kopi bubuk akan cocok ketika dikemas dengan bahan kemasan plastik dan juga bahan kertas. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan bahan kemasan kopi bubuk mana yang akan dipilih.

Kalau kemasan kopi plastik cocok kamu gunakan ketika ingin mengemas racikan kopi bubuk agar tampil lebih menggoda. Sebab kemasan plastik ini punya kelebihan pada tampilan bening dan transparan. Saat kamu memilih kemasan plastik kopi yang perlu diperhatikan adalah pembuatan desain yang simpel. Sebab dari segi desain, kemasan bahan plastik tidak terlalu bisa dieksplore. Sementara kemasan kopi kertas bisa kamu pilih kalau ingin ramah lingkungan. Jenisnya juga bisa kamu pilih, mau kemasan kopi gusset atau paper craft alufoil. Keduanya bisa membuat produk kopi kamu tampil lebih eksklusif dan elegan.

Itulah ulasan lengkap tentang kemasan bubuk kopi yang bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan kemasan mana yang akan kamu pilih. Masih belum tau mau pilih yang mana? Kamu bisa konsultasikan ke tim diKemas.com tanpa dipungut biaya. Bahkan kamu bisa mendapatkan gratis desain kemasan sampai potongan harga spesial. Tunggu apa lagi? Yuk konsultasikan kemasan bubuk kopi yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar