Kemasan Kopi Kertas, Ini Dia 10 Model Yang Paling Kece!

Kemasan kopi kertas menjadi jenis kemasan yang banyak digunakan untuk mengemas produk kopi. Siapa yang tak mengenal kopi? Minuman jenis ini sering dikonsumsi oleh banyak orang mulai dari remaja, dewasa hingga lanjut usia. Tak heran kalau kopi menjadi aset bisnis bagi para pengusaha. Untuk menarik para konsumen, detail kemasan kopi perlu dipertimbangkan. Jika anda berminat menjadi pengusaha kopi, anda perlu melihat beberapa model kemasan untuk kopi dari kertas seperti berikut.

Jenis Kemasan Kopi Kertas

  1. Kemasan Kopi Kertas Tanpa Segel

Jenis kemasan ini biasa disebut dengan unsealed craft packaging. Bentuk kemasan kopi ini mirip dengan kantung. Bahan kemasan kopi kertas ini foodgrade dan terbuat dari greaseproof sehingga dapat menyerap minyak.

Namun, kesegaran kopi pada sistem pengemasan ini dapat menurun karena kopi yang ada dalam kemasan masih terkena oksigen. Anda bisa segera memindahkan  kopi ke dalam botol  jika ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang.

  1. Kemasan Dengan Segel

Sealed foil packaging merupakan kemasan kopi yang disegel dengan sistem triple-ply foil. Jadi, kemasan kopi disegel secara langsung setelah dimasukkan biji kopi. Ini dilakukan untuk mencegah oksigen masuk ke dalam kopi dan memberi celah karbon dioksida untuk keluar dari kemasan.

Dibanding dengan kemasan kopi tanpa segel, ketahanan kopi dalam kemasan jenis ini lebih tahan lama. Tapi Anda juga perlu tahu bahwa ketahanan kopi juga memiliki batas tertentu.

  1. Kopi Bersegel Kedap Udara

Sebutan lain dari pengemasan ini adalah gas flushed foil packaging. Kemasan kopi kertas ini menggunakan proses inert gas saat proses membuat cetak kemasan kopi.  Kantung kemasan diberi semacam aliran nitrogen untuk mengikat oksigen dari dalam agar kopi tidak cepat basi.

Namun, kemasan ini membutuhkan banyak biaya dan alat tertentu  dalam prosesnya sehingga banyak pengusaha yang tidak berminat menggunakan kemasan ini.

  1. Kemasan Kopi Kertas Standing Pouch

Kemasan ini mirip dengan wadah tas kecil. Bahan yang digunakan adalah kertas  food grade. Untuk mempermudah sirkulasi udara, bahan pouch disediakan penyekat yang dirancang pada bagian flip kemasan.

Akan tetapi, anda juga perlu tahu bahwa kopi yang disimpan terlalu lama juga tidak bagus sehingga anda perlu sesekali membuka bungkus atau memindahkan ke tempat lain setelah membelinya.

  1. Bentuk Kemasan Flat Bottom Pouch Paper

Berbeda dengan stand up pouch paper yang memiliki bentuk lonjong, model kemasan ini memiliki permukaan yang datar pada bagian bawah pouch. Ada banyak contoh kemasan ini dengan desain dan cetak kemasan kopi yang menarik. Beberapa konsumen dan penikmat kopi memilih kemasan jenis ini dengan alasan desain yang lebih sedehana, mudah dibawa ke mana-mana dan diletakkan di berbagai tempat.

Namun, disisi lain kemasan kopi jenis ini hanya cocok untuk penggemar kopi yang fresh. Selain itu, jenis kemasan ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Kemasan Kopi Kertas Sachet

Kemasan untuk kopi jenis ini lebih mengutamakan praktis dan sederhana dalam hal pemakaian. Bentuknya kotak dan kecil. Jenis kemasan ini cocok bagi penikmat kopi yang suka bepergian ke mana-mana. Jika Anda berniat untuk melakukan travelling sambil menikmati kopi, kemasan kopi ini sangat cocok. Kemasan sangat mudah dimasukkan dalam tas atau saku Anda.

Banyak perusahaan yang memproduksi kopi dengan kemasan ini. Cetakan kemasan kopi pun didesain sekreatif mungkin seperti gambar pohon kopi, cangkir dan gambar lain yang serupa.

  1. Paper Box Coffee

Kemasan kopi kertas ini lebih menyerupai box kertas. Biasanya, kemasan ini digunakan untuk kopi dalam jumlah yang banyak. Bahan kertas box yang digunakan tentunya dapat menyerap minyak. Selain itu, box juga dilengkapi dengan celah agar udara dapat keluar dan masuk.  Jenis kemasan ini sangat cocok untuk pengiriman kopi jarak jauh.

Apabila anda ingin menjual kopi secara online, paper box merupakan jenis kemasan yang sesuai untuk mempertahankan kopi dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama. Agar lebih menarik, anda bisa menambahkan beberapa gambar menarik pada kemasan.

  1. Side Gusset Pouch

Jenis kemasan kopi ini bergaya pouch yang klasik,simple dan lebih ramping. Bentuknya yang memanjang dengan sisi datar di kedua sisi pouch membuat kemasan ini sangat mudah disimpan dimana saja. Bagi Anda yang tidak mau ribet menyimpan kopi, kemasan ini bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Namun, seiring berkembangnya zaman, pouch jenis ini dimodifikasi dengan gambar-gambar yang menarik. Selain itu, bentuk kemasan terkadang didesain menyerupai tas dengan diberi tali pada bagian atas. Supaya kopi tahan lama dan tidak berceceran, kemasan ini juga dilengkapi dengan zipper atau segel tertentu yang bisa dibuka dan ditutup kembali. Bahan kertasnya pun ramah lingkungan.

  1. Paper Silinder Packaging

Kemasan yang satu ini berbentuk tabung yang terbuat dari kertas. Bentuk ini lebih berbeda karena kita sudah sering menemukan kemasan kopi yang berbentuk pouch. Ukurannya pun juga bermacam-macam, seperti berbentuk tabung panjang, gelas, cup dan tabung mini. Dengan begitu konsumen dapat membeli kopi sesuai kebutuhan mereka masing-masing.

Kemasan kopi berbentuk tabung ini terkadang dilengkapi dengan sendok plastik yang digunakan untuk menakar biji kopi sesuai kebutuhan. Biji kopi yang disimpan dalam kemasan berbentuk tabung dianggap memiliki ketahan yang lebih bagus karena kopi lebih bebas mengikat dan mengeluarkan udara. Selain itu, bahan kemasan silinder yang terbuat dari kertas daur ulang tidak mencemari lingkungan sehingga mudah terurai dengan tanah.

  1. Cuteness Paper Packaging

Bosan dengan bentuk-bentuk kemasan kopi di atas? Kemasan untuk kopi ini lain daripada yang lainnya, bahkan lebih unik. Salah satu brand ternama luar negeri membuat kemasan kopi berupa burung hantu. Bentuk kemasannya mencuri perhatian banyak orang. Uniknya, produsen memberikan bentuk telinga di sisi pouch dan mendesain bentuk pouch karton seperti badan burung hantu.

Cetakan kemasan itu juga lucu karena anda menemukan gambar kedua mata burung dan kedua tangan yang sedang menggenggam secangkir kopi. Ini mungkin bisa menjadi referensi bagi para pengusaha bisnis kopi. Bentuknya tidak harus burung hantu tetapi juga bentuk lain, seperti menara Eifel, kucing, gedung bertingkat, kafe atau yang lainnya.

Namun, dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang bisa anda akses melalui media internet, anda bisa membuat kemasan kopi sesuai ide-ide yang Anda miliki. Itu bisa anda lakukan jika anda hendak membangun bisnis kopi dengan konsep yang kekinian.

Pastinya, anda juga perlu melihat sararan penikmat kopi itu sendiri. Di jaman sekarang, kopi tidak hanya diminati oleh orang orang tua saja melainkan para remaja. Hal ini dikarenakan kopi juga mengalami perubahan dalam penyajiannya seiring berkembangnya zaman. Begitu juga kemasan kopi, bentuk kemasan juga perlu melakukan perkembangan model dan konsep sesuai minat konsumen.

Wah, bikin ide kemasan kopi apa lagi ya kalau begitu? Mau ide kemasan kopi yang lebih kece lagi? Yuk hubungi kontak diKemas.com di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Satu pemikiran pada “Kemasan Kopi Kertas, Ini Dia 10 Model Yang Paling Kece!”

Tinggalkan komentar