Contoh Desain Kemasan

Kemasan Kopi Papercraft, Mana Model yang Paling Populer?

Kemasan Kopi Papercraft, Mana Model yang Paling Populer

Kemasan kopi papercraft merupakan salah satu kemasan kopi berbahan kertas yang sekarang banyak dipilih oleh pelaku bisnis kopi. Selain dipilih karena merupakan kemasan berbahan kertas ramah lingkungan dibandingkan jenis kemasan kopi lainnya, kemasan kopi papercraft juga punya kelebihan lain yaitu tampilannya yang klasik. Meski kemasan kopi ini berbahan dari kertas, tapi daya simpan yang dimiliki cukup baik.

Kemasan Kopi Papercraft

Pada dasarnya kemasan kopi papercraft hadir untuk mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik. Karena kemasan dari bahan plastik dinilai tidak ramah lingkungan karena sulit untuk diurai dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses penguraian. Lain halnya dengan kemasan kopi papercraft yang pada padarnya berbahan kertas akan mudah terurai. Kemasan dari bahan kertas ini juga punya nilai estetika dan inovasi tersendiri karena dari segi desain lebih bisa dieksplorasi.

Jadi  tidak heran, kalau para pelaku bisnis kopi menggunakan kemasan kopi papercraft ini untuk mengemas kopi racikan mereka. Sebagai pebisnis kopi mereka akan lebih mudah untuk membuat desain kemasan kopi agar lebih menarik minat para pecinta kopi. Bahkan sekarang banyak para produsen kopi lokal seperti kopi aceh, kopi lampung dan kopi yang berasal dari daerah lain, menggunakan paper bag ini.

Keuntungan Pakai Kemasan Kopi Papercraft

Dalam memilih jenis kemasan kopi untuk produk kamu tentu bukan hanya berdasarkan pertimbangan keawetan produk kopi itu sendiri, tapi juga faktor-faktor lain seperti dampak lingkungan, biaya, dan desain atau tampilan dari kemasan kopi. Ketika hal-hal ini yang menjadi pertimbangan mulai dari kemasan kopi yang bisa menjaga kualitas produk, ramah lingkungan, biaya murah, dan tampilan yang menarik maka kemasan kopi papercraft adalah pilihan yang tepat.

Kemasan kopi dari bahan kertas pada umumnya menggunakan kertas yang berjenis greaseproof atau kertas yang bisa menahan resapan minyak. Untuk bahan kertas greaseproof termasuk sebagai kertas “food grade” yang membuat bahan kertas ini aman sebagai pembungkus makanan. Keunggulan bahan kertas ini adalah tahan minyak dan tidak berbahaya bahkan jika bersentuhan dengan makanan.

Kemasan kopi papercraft semacam ini biasanya ditutup dengan model klip khusus sebagai penyekat yang biasa dikenal dengan kemasan kopi kertas ziplock. Ada juga penutup dengan cara digulung. Untuk kemasan kopi papercraft lebih cocok ketika produk kopi yang kamu jual adalah kopi siap seduh atau kopi yang telah digiling.

Selain itu ketika segmen konsumen kamu memang pecinta kopi yang telah memiliki canister atau tempat khusus untuk menyimpan kopi maka kemasan kertas ini sangat cocok untuk produk kopi kamu. Begitu juga ketika kamu punya kepedulian atau konsen pada isu lingkungan, kemasan kopi kertas adalah yang paling tepat. Sebab keunggulan menggunakan kemasan kopi kertas adalah biodegradable dan sustainable yang mampu cepat terurai dan aman untuk lingkungan.

Jenis-Jenis Kertas Kemasan Kopi

Kemasan kopi papercraft merupakan salah satu jenis kemasan kertas yang banyak digunakan untuk mengemas produk kopi kekinian. Pada umumnya, banyak jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat kantong kopi kertas. Berikut beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat paper bag khususnya kopi.

1. Kertas Kraft

Jenis kertas yang satu ini memiliki sifat kuat serta banyak digunakan untuk membuat kemasan berukuran besar. Sesuai dengan namanya, kertas ini terbuat dari kayu kraft yang berasal dari Swedia dan Jerman dengan tampilan warna yang klasik. Di mana dalam pengolahannya dicampur dengan bubur sulfat. Dengan menggunakan kertas ini maka kopi yang kamu kemas akan tetap kering, terlebih jika permukaannya dilem dengan menggunakan resin.

2. Kertas Perkamen

Bahan kertas ini memiliki sifat dapat menjaga ketahanan lemak. Selain itu memiliki kekuatan basah atau yang sering disebut wet strength. Permukaan dari kertas perkamen ini bebas serat, translusid, dan transparan. Tidak heran jika kertas ini juga sering kali disebut sebagai kertas glasin. Kertas bahan ini tidak memiliki daya hambat yang baik terhadap gas, kecuali kertas ini telah dilapisi dengan bahan tertentu.

3. Kertas Artcarton

Bahan kertas ini memiliki sifat yang halus, dua permukaan yang licin serta berwarna putih cerah. Ketebalan dari kertas ini pun mulai dari 190 gsm sampai 310 gsm. Serta memiliki 2 ukuran dimensi plano yaitu 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm. Kalau kamu menggunakan kertas artcanton ini untuk kemasan kopi bubuk maka kamu akan mendapatkan hasil desain yang maksimal. Tidak heran kalau bahan kertas ini banyak diminati oleh konsumen.

4. Kertas Ivory

Kertas ivory ini memiliki satu bagian yang licin. Gramatur serta ketebalan dari kertas ini mulai dari 210 gsm sampai 260 gsm. Dengan demikian kalau kamu menggunakan kertas ini untuk kemasan kopi bubuk, bahan kertas ini cukup untuk menjaga kualitas produk kamu dengan baik.

Model Kemasan Papercraft

Selain bahan kertas yang digunakan berbeda-beda, macam atau model kemasan papercraft juga beragam. Kalau umumnya kemasan kopi papercraft modelnya adalah kemasan standing pouch kopi. Kemasan jenis ini banyak digunaka karena modelnya yang bisa berdiri dan terdapat klip atau zipper sebagai penutup kemasan serta ukurannya beragam. Tapi ada juga model flat bottom papercraft yang punya keunggulan tersendiri dengan tampilannya yang lebih minimalis. Berikut ini model kemasan kopi papercraft yang bisa kamu pilih.

1. Standing Pouch Papercraft

Standing Pouch Papercraft
https://dikemas.com/

Pada bagian luar kemasan papercraft ini berwarna krem seragam. Sementara bagian dalam berbahan aluminium foil yang mengkilap. Sehingga tetap bisa melindungi produk dari paparan sinar matahari meskipun bagian luarnya berbahan kertas craft. Kemasan papercraft ini sangat cocok untuk desain kemasan bubuk kopi dengan konsep yang simpel dan minimalis. Untuk teknik cetak desain kemasan menggunakan teknik sablon. Jadi sangat cocok untuk kebutuhan pesanan kemasan mendesak karena proses pengerjaannya lebih cepat.

2. Kemasan Kopi Papercraft Window

Kemasan Kopi Papercraft Window
https://dikemas.com/

Sebagai kemasan dari bahan kertas, papercraft window tampil dengan dua kelebihan sekaligus. Pertama yang sudah pasti adalah kemasan ramah lingkungan. Kedua, kelebihannya adalah merupakan kemasan eksklusif dengan bagian window atau jendela transparan pada kemasan. Kalau racikan bubuk kopi dikemas dengan paper craft window tentu akan makin menarik konsumen dengan sebagian isi produk yang terlihat dari luar kemasan.

3. Kemasan Kopi Papercraft Gusset

Kemasan gusset papercraft merupakan kemasan yang terbuat dari paper craft berlapis alufoil dan PE. Tampilan luarnya berwarna cokelat mirip kertas semen sehingga terkesan klasik. Sementara bagian dalam berupa alufoil mengkilap menampilkan kesan bersih. Gusset papercraft cocok untuk kemasan kopi, teh dan berbagai produk yang ingin terlihat klasik, unik dan artistik.

4. Kemasan Kopi Papercraft Flat Bottom

Tampilan luarnya berwarna cokelat mirip kertas semen sehingga terkesan klasik. Sementara bagian dalam berupa alufoil mengkilap menampilkan kesan bersih. Kemasan flat bottom papercraft adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

Itulah ulasan lengkap tentang kemasan kopi papercraft yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan kemasan mana yang paling tepat untuk mengemas kopi racikan kamu. Masih bingung kemasan mana yang paling cocok? Yuk konsultasikan kemasan kopi yang kamu butuhkan secaragratis dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini!