Kemasan Kopi Sachet Ini Bikin Bisnis Kopi Naik Kelas

Kemasan kopi sachet di tahun 2021 menjadi kemasan kopi paling tren. Kalau kamu punya bisnis kopi dan pengen usahamu satu ini naik kelas maka penting untuk memperhatikan kemasan yang kamu gunakan. Salah satu kemasan paling rekomen untuk produk kopi adalah kemasan sachet. Begini penjelasan lebih lengkap kenapa kamu harus cobain kemasan sachet.

Kemasan Kopi Sachet

Standing Pouch Craft

Kopi bubuk biasanya dikemas dengan kemasan standing pouch. Biasanya standing pouch menggunakan bahan craft dengan diberi label stiker. Kelemahan dari kemasan satu ini adalah tidak bisa menampung banyak informasi produk. Alternatifnya, bisa menambahkan label 2 sisi, tapi biaya yang dikeluarkan lebih mahal.

Penggunaan kemasan ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kemasan kantong atau plastik ataupun kemasan kertas samson seperti kertas semen warna coklat.

Standing Pouch Sablon

Kalau kemasan kopi mau naik kelas, bisa juga menggunakan kemasan craft dengan stiker, atau memakai kemasan standing pouch sablon. Jenis kemasanannya ada dua: satu muka atau dua muka. Tentu informasinya lebih banyak dan lebih elegan.

Untuk desain bisa menggunakan karakter misalnya batik atau tenun ciri khas daerah produk. Jika ingin lebih banyak informasi yang dicantumkan maka bisa dengan menggunakan 2 muka.

Standing Pouch Printing

Kalau kemasan kopi ingin naik kelas, gunakan standing pouch printing. Kemasan dengan model ini bisa full warna. Untuk pencantuman informasi tentu lebih lengkap dengan desain dan warna yang menarik dan lebih berbeda.

Kemasan kopi lainnya yakni kemasan sachet printing. Desain dalamnya art paper dan luarnya alufoil, jika kemasan kopi menggunakan standing pouch printing bisa dimaksimalkan pula dengan menggunakan sachet printing. Biasanya penggunaan sachet printing untuk mengemas kemasan kopi celup.

Kemasan Sachet

Ada 2 model kemasan sachet yang sering kita jumpai, misalnya kopi kapal api. Desain kapal api sachet renteng dengan model seal 3 atau sering disebut center dengan bagian seal berada di tengah.

Anda bisa membandingkannya dengan kemasan kopi sachet nescafe renteng. Kopi satu ini menggunakan 3 sheet atau 3 sisi seal, dengan seal di samping. Jika dibandingkan ukurannya hampir sama.

Ada perbedaan dari seal, satunya center seal yang satunya 3 sheet seal. Apa perbedaannya? Perbedaannya ada pada pemilihan bahan kemasan. Hal ini nantinya memengaruhi ukuran rol dengan kemasan plastik terbuka.

Perbedaanya antara center seal dengan 3 sheet seal adalah mesin pengemasnya menggunakan teknik yang berbeda.

Tentu hasil desain juga akan berbeda. Pada contoh kemasan kopi kapal api bagian depan terbuka, desain dibagi menjadi 2 sebelah kanan desain utama dan sebelah kiri desain utama. Berbeda dengan kemasan sachet 3 sheet seal, desain depan belakang bisa dibuat sisi samping kanan dan kiri. Mesin berbeda, desain berbeda. Biaya bahan plastik juga akan berbeda pula.

Kemasan Sachet Stick

Selain model sachet seperti di atas ada kemasan lain, yaitu sachet stick. Sebagai contoh adalah kemasan sachet ABC kopi susu 30 gram, sedangkan untuk gilus torabika 23 gram.

Kemasan tambahan atau double packaging ,memengarui ukuran, model, dan bahan. Kamu bisa memilih menggunakan mesin baru atau rekondisi. Untuk kemasan sachet harus menggunakan mesin pengemas otomatis.

Alternatif jika danamu terbatas adaah menggunakan mesin rekondisi atau baru. Namun untuk bahan plastik tentu tidak mungkin beli mesin rekondisi.

Untuk pemilihan bahan kemasan ada dua macam: metalize atau alufoil. Apa perbedaannya?

Untuk produk dijua, pasaran 1000-1500 yang umum kita jumpai menggunakan kemasan metalize. Namun untuk kemasan premium seperti kemasan nescafe ukuran 2 gram dan kemasan kapal api 6,5 gram menggunakan bahan alumunium foil.

Kemasan Sachet Premium

Beda Metalize Dengan Alufoil

Untuk kemasan sachet premium sebaiknya menggunakan kemasan alufoil. Kenapa memilih bahan alufoil ini? Karena dari segi ketahanan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan metalize. Harganya tentu jauh lebih mahal.

Kemasan kopi kapal api, menggunakan bahan metalize. Jika disandingkan ada perbedaan warna yang sangat mencolok. Karakter metalize cenderung lebih mengkilap, sedangkan untuk yang alufoil disebut dengan doff. Untuk sisi ketebalan juga bisa berpengaruh, apakah 2 atau 3 lapis nanti bisa disesuaikan dengan budget.

Umumnya ukuran jenis kemasan, sebagai contoh kemasan sachet ABC kopi susu 30 gram dan sampel dari dikemas 2 gram. Dua contoh di atas punya isi yang berbeda. Dari kemasan sampel dikemas kopi, isinya gula dan kapulaga. Sedangkan untuk kopi ABC kopi susu dan gula.

Untuk klien yang sering masuk di dikemas.com biasanya menggunakan bahan sama dengan kopi ABC, yakni bahan metalize. Pembahasan selanjutnya adalah kemasan sachet kopi torabika cappucino. Jika dilihat ABC menggunakan center seal, sedangkan untuk kopi torabika cappucino menggunakan 3 sheet seal.

Untuk posisinya sama-sama berdiri, perbedaanya hanya di posisi seal. Untuk torabika cappucino menggunakan bahan metalize, tapi sama-sama bagian dalamnya mengkilap.

Kedua kemasan tersebut punya berbeda bentuk, ABC center seal sedangkan cappucino 3 sheet seal. Perbedaan pada desain juga terlihat, jika dilihat cappucino kanan dan kiri, sedangkan untuk ABC utama ditengah dan samping kanan kiri.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar