Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Keripik Nangka: Manis Yang Bisa Jadi Gurih, Bikin Ketagihan

keripik-nangka-manis-yang-bisa-jadi-gurih-bikin-ketagihan
keripik-nangka-enak

sumber gambar: Unsplash.com/DEZALB

Keripik nangka menjadi alternatif ngemil nangka yang nggak perlu mengotori tangan. Sekarang apa-apa memang bisa dijadikan keripik, entah buah ataupun sayur, nggak terkecuali ya nangka ini.

Nangka ini punya getah di bagian kulit buahnya yang sering jadi hal yang bikin ribet kalau makan nangka langsung dari kulitnya. Biasanya orang harus ngupas dulu sampai benar-benar bersih biar tinggal enak kalau mau ngemil buah yang satu ini. Dan sekarang pun nggak perlu ribet lagi karena kamu bisa menghadirkan buah dengan daging berwarna kuning ini dalam bentuk keripik lho!

Resep Membuat Keripik Nangka Wuenak

resep-keripik-nangka

sumber gambar: iSTYLE.id

Kalau diolah jadi keripik otomatis bisa bikin nangka jadi lebih awet. Hayo, daripada belum sempat ngehabisin tapi keburu busuk? Mending dari awal diolah jadi keripik….

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg buah nangka yang masih mengkal
  • Air 1,5 liter

  • Garam 75 gr

  • Gula pasir 150 gr

  • Air kapur sirih (untuk merendam)

  • Minyak goreng 2 liter

Cara membuat:

  1. Belah buah nangka menjadi dua potong lantas potong ujung dan pisahkan antara daging dan bijinya
  2. Rendam buah nangka ke dalam kapur sirih untuk menghilangkan lengket, kira-kira selama 5 jam
  3. Angkat dari rendaman, kemudian cuci bersih buah nangka kemudian keringkan
  4. Bagi yang nggak punya penggorengan vacuum, tetap bisa membuat keripik ini. Bisa pakai wajan biasa.
  5. Saat menggoreng buah nangka, gunakan minyak goreng yang banyak hingga keseluruhan buah nangka terendam seluruhnya. Serta penggorengan dilakukan dengan api yang besar.
  6. Goreng sampai matang dan kering, tandanya: buih sudah mulai berkurang bahkan menghilang.
  7. Angkat keripik yang telah kering lalu tiriskan sampai benar-benar kering.
  8. Simpanlah ke dalam wadah atau kantong plastik yang kedap udara untuk menjaga kerenyahan keripik nangka.
BACA JUGA:  7 Alasan Mengapa Kemasan Produk Yang Jarang Pelaku Usaha Sadari!

Bagaimana, mudah bukan? Nggak harus punya alat yang mahal itu kok buat bikin keripik-keripikan. Kamu bisa goreng biasa aja asal dengan api konstan di kompormu, oke?

Ngomong-ngomong soal nangka nih, kalau kamu mau bisnis keripik nangka, ada baiknya kamu mengetahui beberapa manfaat dari buah ini. Kamu harus punya alasan kalau ditanya sama konsumen ‘kenapa kok bikin usaha keripik buah ini?’. Nah, kalau kamu sudah tahu khasiatnya, kamu jadi lebih gampang buat jawab pertanyaan kayak gitu.

Manfaat Mengonsumsi Nangka Bagi Tubuh

manfaat-buah-nangka

sumber gambar: Akurat.co

Kalau mau buka usaha juga perlu tahu ada kandungan apa dalam produk dan bagaimana dampaknya buat kesehatan konsumen. Kalau produkmu aman, ya otomatis pelanggan nggak akan takut sering-sering belanja di kamu, ya kan? Ini dia manfaat mengonsumsi nangka.

1. Dapat menjaga kesehatan kulit

Paparan sinar UV saat kita berada di luar ruangan memang sangat nggak terhindarkan. Kandungan dalam nangka dapat menjaga kulit dari paparan polusi, serta antioksidannya menghambat proses penuaan dini. Cocok banget buat cewek-cewek yang nggak mau cepat keriput, sering-sering aja konsumsi nangka ya!

2. Bisa menjaga dari masalah pencernaan

Nangka juga bagian dari buah, sudah bukan rahasia lagi kalau buah bisa memberikan manfaat pada pencernaan. Buah ini juga kaya akan serat lho, jadi kalau kamu merasa sulit susah BAB, mungkin karena kamu kurang serat. Makan nangka aja!

BACA JUGA:  6 Kemasan Stand Pouch Ini Cocok Buat Bisnismu!

3. Dapat menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung dalam buah nangka dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Resiko osteoporosis dapat ditekan salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah ini lho.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan dalam buah ini sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Kalau lagi musim sakit dan kamu pengonsumsi nangka sejati, bukan nggak mungkin kamu akan jadi satu-satunya yang sehat di antara yang sakit. Keren!

Nah, kalau sudah tahu resep dan khasiat dari buah nangka, sekarang pikirin bisnis keripik nangka yuk? Menjanjikan banget lho kalau kamu mau menggeluti bidang usaha ini dengan sungguh-sungguh.

Kamu bisa memberikan kemasan yang bagus untuk produkmu karena kemasan menjadi daya tarik utama sebuah produk. Kemasan penting banget buat kesuksesan bisnismu.

Untuk keripik nangka, cocok kok kalau pakai kemasan model standing pouch. Ini nih contoh kemasan standing pouch. Kemasan model begini bisa bikin produk naik kelas lho. Bakal kelihatan mewah. Kamu nggak perlu khawatir soal harga karena kalau kamu mau custom kemasan jenis ini harganya terjangkau kok.

kemasan-keripik-kekinian

contoh gambar 1

standing-pouch-keripik

contoh gambar 2

Soal kemasan sih nggak perlu pusing-pusing, kamu bisa ke diKemas.com untuk mendapatkan referensi kemasan. Kalau kamu masih bingung mau mendesain kemasan produkmu seperti apa, diKemas juga bisa bantu lho! Kamu bisa dapat konsultasi dan desain gratis tis tis.

Ayo, jangan tunggu lama-lama lagi. Kesempatan harus dijemput. Kalau mau lebih mantep lagi, kamu juga boleh banget datang ke kantor dikemas dan bisa konsultasi intensif di sini, free. Oke, see you soon dengan ide brilianmu ya!

Oh iya, ada yang tertarik bikin usaha keripik nangka nggak? Share ya di kolom komentar!