Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Keripik Wortel: Kriyuk Wortelnya, Bisa Jadi Peluang Bisnis Antimainstream

wortel-untuk-buat-keripik

sumber gambar: Unsplash.com/Harshal S. Hirve

Keripik wortel? Kedengarannya memang belum begitu familiar ya. Wortel memang sering kita jumpai di olahan sayur sih. Beberapa juga sering menjadi pilihan jus karena sehat untuk mata. Nah, kalau kamu pengabdi bisnis yang antimainstream, kamu sangat beruntung karena menemukan artikel ini.

Well, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai bisnis ini, ada baiknya kita sama-sama cari tahu dulu manfaat dari buah wortel sendiri.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatanmu

manfaat-wortel-bagi-kesehatan

sumber gambar: Unsplash.com/Mink Mingle

Mengonsumsi wortel bisa dengan cara apa saja. Bahkan dimakan begitu saja pun nggak masalah. Jelas membuktikan betapa bermanfaatnya buah satu ini. Apa saja sih sebenarnya khasiat makan wortel itu?

1. Dapat mencegah rabun serta memperbaiki penglihatan

menyehatkan-mata

sumber gambar: Unsplash.com/Alexandru Zdrobău

Sudah banyak sih yang tahu manfaat yang satu ini yaitu bagus untuk kesehatan mata. Kandungan karoten dan vitamin A bisa bantu mencegah terkena rabun senja maupun memperbaiki penglihatan yang lemah, Oleh sebab itu, tidak jarang jika memiliki masalah penglihatan seperti rabun jauh misalnya, dianjurkan untuk banyak mengonsumsi wortel maupun olahannya.

2. Memperbaiki daya tahan tubuh (proses penyembuhan) setelah sakit

mempercepat-pemulihan-setelah-sakit

sumber gambar: Unsplash.com/Quino Al

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam wortel dapat memperbaiki daya tahan tubuh setelah sakit. Kamu bisa kembali fresh dan bertenaga jika pada masa pemulihan setelah sakit (misal flu) dengan banyak mengonsumsi wortel maupun olahannya.

3. Bisa membuat tulang dan gigi jadi lebih kuat

menjaga-kesehatan-tulang-dan-gigi

sumber gambar: Unsplash.com/Warren Wong

Biar tulang sama gigi nggak mudah keropos, ada baiknya rutin mengonsumsi wortel. Terdapat kandungan vitamin K dalam wortel yang dapat membantu dalam hal ini. Sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh manula juga supaya terhindar dari osteoporosis.

4. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

menjaga-kekebalan-tubuh

sumber gambar: Unsplash.com/Bruno Nascimento

Vitamin C yang terkandung dalam wortel dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan serta kerusakan sel. Meminum segelas jus wortel setiap hari pun dipercaya dapat mencegah flu lho! Powerful banget ya khasiatnya!

5. Kaya akan kandungan antioksidan, dapat menyehatkan kulit

menyehatkan-kulit

sumber gambar: Unsplash.com/Anthony Ginsbrook

Saat ini kita nggak bisa menghindari polusi. Konsumsi makanan nggak sehat sehari-hari seringkali nggak terkontrol sehingga kita jadi susah lepas dari radikal bebas. Dengan demikian, penting banget mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Nah, wortel adalah salah satu jawabannya! Jika dikonsumsi rutin dalam jangka panjang, bisa bikin tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker.

BACA JUGA:  Jangan Desainnya Saja, Pikirkan Juga Jenis Kemasan Makanan yang Sesuai Produk!

Bagi yang punya riwayat penyakit kulit boleh banget rutin konsumsi wortel. Sayuran ini bisa bikin kulit jadi lebih sehat, Wortel juga mampu merawat kulit akibat paparan sinar matahari dan mempercepat proses pemulihan.

Oke, setelah tahu apa saja manfaat wortel, kamu pasti makin yakin dong untuk menjalankan bisnis dari olahan wortel. Selain menyehatkan bagi konsumen, kamu juga memberikan sumbangsih untuk bikin konsumenmu bisa mengonsumsi makanan sehat. Mulia banget deh!

Resep Membuat Keripik Wortel Maknyus

keripik-wortel

sumber gambar: kejora.co

Di atas tadi kan kita sudah nyinggung soal bisnis keripik wortel yang antimainstream nih. Sekarang waktunya kamu tahu resep bikinnya.

Bahan-bahan untuk membuat keripik wortel:

  • 150 gr wortel yang masih segar (diparut halus).
  • Garam 1 ons.
  • Bawang putih sebanyak ons.
  • Bawang merah sebanyak ons.
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram.
  • Gula sebanyak 50 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 300 g.
  • Ketumbar secukupnya.
  • 30 gr tepung maizena.
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan tambahan:

  • 50 gram gula tepung.
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 butir telur ayam.

Cara membuat keripik wortel:

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan keripik wortel.
  2. Masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung maizena, gula halus, garam, dan telur, lalu aduk sampai menggumpal kemudian campurkan semua bahan kemudian diaduk sampai tercampur rata.
  3. Adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama kurang lebih 2-3 jam hingga adonan benar-benar matang. Dalam proses ini kamu juga bisa pakai gulungan mie.
  4. Angkat dan dinginkan adonan, lalu iris tipis. Jemur sampai benar-benar kering dan mengeras (2-3 hari)
  5. Pipihkan adonan di atas tempat yang datar, setelah itu adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat dari ukuran yang lebih kecil.
  6. Jika adonan selesai di cetak, panaskan minyak goreng di atas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering hingga merekah kemudian tunggu sampai matang. Jangan lupa dibolak-balik  supaya matang merata. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  7. Taburi dan aduk rata dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi: bubuk kayu manis dan gula halus. Bisa juga dengan rasa lain sepeti rasa gurih dari keju, manis dari cokelat, atau rasa pedas. Semua tergantung inovasimu.
  8. Kerupuk wortel siap disantap.
BACA JUGA:  Kenali Bahan dan Jenis Kemasan Sachet Ini untuk Produk Usahamu!

Okedeh, sekarang kita bicarakan soal pengemasannya ya. Biar kamu bisa menjual keripik wortelmu secara luas, tentu kamu perlu kemasan yang bisa bikin dia lebih awet dan tentunya meningkatkan nilai jual. Terus, kemasan yang kayak gimana sih yang cocok buat jadi wadah buat keripikmu?

Kemasan Standing Pouch Dongkrak Nilai Jual Produk

Agar Tetap Renyah 5 Snack Ini Gunakan Kemasan Standing Pouch

Kemasan jadi daya tarik utama untuk setiap produk, jadi kamu jangan remehkan kekuatan kemasan yang bisa bikin usahamu laris manis. Berikut ini bahasan sederhana kenapa kamu perlu pakai kemasan stading pouch.

1. Lebih praktis

Seiring dengan perkembangan jaman, plastik kemasan standing pouch dilengkapi dengan zipper atau alat penutup. Karena itulah, kemasan jenis ini lebih populer digunakan untuk menjual berbagai produk. Dengan adanya zipper, kemasan jauh lebih praktis khususnya untuk produk yang tidak bisa sekali habis. Jenis kemasan ini sering digunakan untuk produk gula, snack, kopi, teh, dan lain sebagainya.

2. Desain yang kuat

Alasan lain mengapa kemasan standing pouch dipilih oleh penjual adalah karena desain kemasan produk yang kuat dan kokoh. Saat sudah diisi, kemasan ini dapat berdiri sendiri sehingga mudah diatur saat ada di rak. Karena bisa berdiri sendiri dan kokoh, kemasan ini lebih menarik perhatian konsumen. Tidak heran jika saat berada di supermarket, kamu akan sering melihat produk-produk yang dijual dengan kemasan standing pouch dengan zipper ataupun tanpa zipper.

3. Lebih fleksibel

Karena desain kemasan menggunakan zipper, maka produk yang dimasukkan menjadi lebih awet bahkan setelah dibuka. Dengan keunggulan seperti ini, kemasan standing pouch lebih fleksibel untuk berbagai jenis produk. Produk tersebut antara lain produk kopi, snack, teh, tepung, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tips Usaha Sampingan saat Bulan Ramadhan? Masuk Sini!

4. Tersedia dalam berbagai ukuran

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kemasan standing pouch kini dibuat dalam berbagai ukuran. Hingga kini, kemasan ini memiliki setidaknya 6 ukuran yang berbeda. Ukuran paling kecil adalah 70 gram sedangkan untuk ukuran paling besar adalah 1kg. Selain itu, kamu bisa memesan standing pouch dengan ukuran 100 gram, 150 gram, 250 gram, dan 500 gram. Dengan variasi ukuran yang beragam, kemasan standing pouch semakin dicari oleh penjual. Kamu bisa bisa mempertimbangkan menggunakan jenis plastik kemasan ini untuk mengemas produkmu.

5. Tersedia dalam berbagai warna

Kemasan standing pouch tidak hanya tersedia dalam berbagai ukuran tetapi juga berbagai warna. Saat ini, kamu sudah bisa menggunakan kemasan standing pouch dalam 7 warna yang berbeda. Kamu bisa memilih untuk menggunakan warna klasik seperti hitam, emas dan silver. Jika ingin menyesuaikan dengan jenis produk, maka kamu juga bisa menggunakan warna lain seperti hijau, merah, biru, dan brown.

6. Harga yang lebih ekonomis

Keunggulan lain penggunakan kemasan standing pouch adalah harganya yang lebih terjangkau. Dengan harga yang terjangkau, maka satu kemasan produk bisa dijual dengan harga yang bersaing dan tidak terlalu tinggi. Bandingkan jika kamu memilih menggunakan jenis kemasan lain seperti flat bottom pouch. Kemasan jenis flat bottom harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan standing pouch.

7. Lebih modern

Mungkin saat ini kamu sudah menggunakan kemasan jenis pouch namun tanpa menggunakan zipper. Memang, kemasan jenis pertama tersebut masih banyak digunakan karena terlihat klasik dan menarik. Namun, untuk jangka panjang pikirkan pula ketahanan produk. Kamu harus memastikan bahwa produk aman dan tidak berubah sebelum diterima oleh konsumen. Dengan menggunakan plastik kemasan standing pounch dengan zipper, maka produk tidak akan cepat berubah bahkan konsumen bisa menutupnya kembali jika ternyata belum habis.

Nah, semoga informasi ini bisa menjadi salah satu inspirasi buatmu yang masih bingung mencari desain kemasan yang tepat untuk produkmu. Selamat berkarya dan salam sukses! Kalau ada uneg-uneg boleh banget disampaikan melalui kolom komentar ya! Kami tunggu.