Ide / Inspirasi Kemasan

Kupas Tuntas Tentang Kebutuhan Kemasan Snack Bagi Calon Pebisnis

kupas-tuntas-tentang-kebutuhan-kemasan-snack-bagi-calon-pebisnis

Kemasan snack menjadi salah satu daya tarik dari suatu produk. Siapa sih di dunia ini yang nggak suka ngemil? Kapan pun di mana pun, snack kayaknya harus selalu ada di tas. Biar kalau laper atau lagi pengen ngunyah, tinggal makan deh. Ini juga bisa jadi peluang bisnis buat kamu yang bingung mau bisnis apa.

Ada banyak banget varian snack yang bisa jadi peluang usahamu. Berikut ini inspirasi bisnis yang bisa kamu adaptasi. Mana nih yang sekiranya kamu tertarik buat kembangin bisnisnya? Kalau bisa sih, sebelum merintis usaha tuh survei dulu biar nggak zonk.

Ini ada beberapa inspirasi usaha snack buat kamu:

1. Bisnis Aneka Keripik

Waduh, siapa sih yang nggak suka sama keripik? Setiap orang punya keripik favorit dong. Nah, kalau kamu bisa menghadirkan varian jenis dan rasa keripik, why not? Usahamu bakal banyak dilirik soalnya pasarnya luas. Hadirkan aja keripik ubi, keripik pisang, keripik kentang, pokoknya semua jenis keripik yang banyak peminatnya. Ciptakaan rasa-rasa unik yang bikin konsumenmu ketagihan.

2. Bisnis Aneka Kacang

Kacang ada banyak macamnya. Daripada cuman fokus ke satu kacang, kenapa nggak bisnis macam-macam kacang? Olah kacangnya jadi beraneka rasa. Rasa original, rasa balado ekstra pedas, rasa sapi panggang, rasa ayam bawang, pokoknya rasa-rasa yang banyak digandrungi orang-orang jaman sekarang. Penggemar kacang tidak lekang oleh waktu kok. Bisnis aneka kacang bakal sangat menjanjikan kalau kamu ulet.

Dan masih banyak inspirasi bisnis lainnya yang bisa kamu contek dan adaptasi. Well, kalau sebelumnya udah bahas inspirasi bisnis. Sekarang kenalan lebih lanjut yuk sama kemasan snack.

BACA JUGA:  Bisnis Es Timun Serut Yuk? Mudah, Murah, Untung Melimpah

Mari Berkenalan Dengan Serba-Serbi Kemasan Snack

Terdapat beberapa jenis kemasan snack yang bisa kamu pakai. Kita bahas bahannya dulu ya. Ada yang bahan plastik, kombinasi (plastik dan alufoil), ada yang craft dengan full alufoil. Ketiga bahan dasar kemasan snack ini juga ada plus minusnya gaes. Jadi, sebelum memutuskan mau pakai yang mana, harus kenalan lebih jauh lagi.

1. Bahan Plastik

Kemasan berbahan dasar plastik ini memang paling murah dan cocok buat kamu yang mau irit. Eh tapi ada harga ada rupa dan kualitas. Kalau kemasan plastik nggak bisa bikin snack kamu jadi tahan lama.

2. Bahan Kombinasi (Plastik dan Alufoil)

Kombinasi plastik dan aufoil ini nggak jauh beda sih sama kemasan bahan plastik. Bedanya, tampilan kemasan kombinasi ini kelihatan lebih mewah gitu. Padahal sebenarnya sama aja sih. Positifnya sih produk kamu jadi kelihatan soalnya bagian depannya plastik.

3. Bahan Craft dengan full alufoil pada bagian dalamnya

kemasan-standpouch-paper-kraft

Bahan jenis ini yang paling recommended deh pokoknya. Selain bisa bener-bener tahan lama produk di dalamnya, tampilannya juga lebih eye-catching, gaes.

Nah, udah tahu soal bahan, sekarang kamu juga harus tahu hal-hal yang jarang orang tahu. Beberapa orang juga sering salah kaprah lho soal kemasan. Apa aja sih?

Kupas Tuntas Informasi Menarik Tentang Kemasan Snack

Kita nggak cukup kalau cuman tahu bahan kemasan. Perlu tahu juga info-info yang kadang nggak diketahui orang banyak. Biar kamu nggak ketinggalan jaman, ini dia informasi penting buatmu gaes:

1. Kemasan cuman disteples? Big no!

BACA JUGA:  Jasa Kemas Gula Pasir Sachet Untuk Hotel dan Restoran!

Masih sering banget kita nemuin kemasan snack yang ujungnya cuman dilipet terus disteples. Waduh, itu sangat tidak dianjurkan gaes. Ada kemungkinan bakteri bisa masuk ke makanan. Kena angin dari luar yang nggak baik juga buat produk. Pokoknya harus move on.

2. Waktunya beralih ke standing pouch!

standing-pouch-alupaper-printing

Karena udah tahu kalau kemasan cuman disteples itu sangat nggak recommended, waktunya move on pakai standing pouch! Biar produk kamu kualitasnya terjaga dan tentu aja bikin tampilan produkmu makin kece gaes.

3. Penggunaan Sticker

Well, kalau mau nempel sticker di kemasan snack-mu, pastiin proporsional. Jangan irit-irit banget lah. Kalau mau rintis usaha sekalian yang totalitas biar calon konsumen juga ada ketertarikan buat nyobain produkmu. Ukuran sticker seperempat dari besarnya kemasan itu adalah ukuran minimal. Pokoknya jangan kekecilan deh!

4. Kemasan yang ada zipper-nya juga perlu di seal!

Banyak banget yang salah kaprah nih. Jangan sampai kalian juga gini gaes. Kalau kemasan udah ada zipper-nya, bukan berarti kemasan nggak perlu di seal. Soalnya kalau nggak di seal sama aja boong, produkmu bisa mlempem!

5. Celah di atas zipper hingga bagian seal bisa buat naruh logo

Nih ya, makanya sekalipun udah ada zipper juga penting banget buat di seal. Kadang ada yang nggak tahu tuh gunanya bagian atas zipper buat apa. Kan sayang banget ya udah didesain sedemikian rupa malah nggak kepakai.

Selain lima info penting di atas, kamu juga nggak boleh melewatkan soal ini.

6. Perhatikan warna kemasan dan makanan

Hei, kamu juga harus lebih peka soal keindahan kemasanmu lho. Jangan asal dikemas. Kamu harus bisa meraba-raba dengan hati kalau produk dan kemasanmu udah klop belum? Contoh nih, kamu jual produk ketela rasa original, kemasannya plastik bening gitu aja tanpa hiasan apa-apa? Nggak menarik dong.

BACA JUGA:  Begini Lho Cara Membuat Kemasan Botolmu Unik dan Berbeda!

7. Pertimbangkan ukuran kemasan

Kemasan yang gede kan biasanya buat segmen oleh-oleh. Nah kalau kemasan yang kecil itu biasanya buat ngemil santai. Jadi kamu bisa bedakan dong fungsi ukuran kemasan yang ada. Yang sering jadi kesalahan itu kalau kamu ngerasa kemasan ukuran gede bakal lebih laku, padahal calon pembeli maunya beli yang kecil. Nah ini harus kamu pertimbangin lagi ya biar bisnismu lancar dan laris manis.

8. Standing pouch craft sangat recommended

Standing pouch craft bisa disablon atau diberi label sesuai kebutuhan. Jadi kamu bisa nampilan detil produkmu di kemasannya. Belum lagi bagian dalam standing pouch jenis ini full alufoil jadi bakal lebih awet gitu produkmu. Nah, kalau standing pouch yang alufoil biasanya sih detil produknya pakai stiker, jarang pakai sablon. Oh iya, paper printing itu pokoknya yang paling mahal deh.

Wadidaw, udah makin canggih nih pengetahuan kamu soal kemasan snack ya? Udah siap mulai bisnis dong? Oh, masih bingung? Tenang, bersama diKemas, semua masalah dan kebingunganmu soal kemasan yang kece dan menjual bisa dipecahkan. Boleh hubungi kami atau langsung datang ke kantor kami juga boleh buat konsultasi kemasan. Kamu juga bisa dapat gratis desain lho! Kurang apa lagi coba? Kami siap bantu kebutuhan bisnismu. Yuk merapat!