Ide / Inspirasi Kemasan

Lawan Minyak Sekalipun, Kemasan Kertas Ini Tak Akan Kalah!

lawan-minyak-sekalipun-kemasan-kertas-ini-tak-akan-kalah

Tren kehidupan masyarakat dunia mulai berubah, termasuk diantaranya adalah Indonesia. Salah satu gaya hidup yang mulai dirasakan berubah yaitu mulai pedulinya masyarakat terhadap pengurangan penggunaan plastik. Seperti diketahui bersama bahwa bahan plastik merupakan bahan yang sulit untuk didegradasi oleh lingkungan, sehingga acap kali menimbulkan pencemaran.

kemasan-kantong-kertas-aman-dan-ramah-lingkungan

kemasan-kantong-kertas-aman-dan-ramah-lingkungan

Saat ini, masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kantong kertas sebagai pengganti plastik. Di Eropa, penggunaan kantong kertas sebagai pengganti plastik sudah sangat lama dilakukan. Kantong kertas banyak dimanfaatkan sebagai bungkus makanan seperti keripik, kopi, burger, makanan kering, sampai ayam gorengpun bisa. Penggunaan kantong kertas untuk makanan dinilai lebih baik dibandingkan dengan plastik, karena tidak ada resiko kesehatan yang mengancam. Seperti kita ketahui bahwa plastik terbuat dari bahan kimia. Apabila kemasan plastik tidak dipadukan dengan produk yang tepat, dapat menimbulkan resiko kesehatan seperti kanker. Oleh sebab itu, saat ini masyarakat mulai banyak beralih untuk menggunakan kemasan kertas terutama untuk kemasan makanan.

Salah satu jenis kantong kertas yang banyak digunakan untuk makanan adalah kantong kertas berbahan greaseproof. Salah satu ciri khas kertas greaseproof yaitu tidak kedap untuk minyak atau lemak. Graseproof sangat populer sebagai pembungkus cup cake, atau pembungkus makanan yang berminyak seperti popcorn, friedchicken, kentang goreng, risoles, donat, kebab, burger dll. Selain untuk membungkus makanan kertas ini juga digunakan untuk membungkus kopi.

kemasan-greaseproof-cocok-untuk-kemasan-makanan-berminyak-sekalipun

kemasan-greaseproof-cocok-untuk-kemasan-makanan-berminyak-sekalipun

Beberapa keunggulan kertas greaseproof sebagai packaging makanan yaitu tidak ada resiko yang membahayakan kesehatan, makanan terjaga kualitasnya, tahan terhadap panas, dapat digunakan pada mesin oven, microwave dan freezer, tidak menyerap minyak dan lemak, sudah mendapatkan pengakuan aman yang dibuktikan dengan sertifikasi yang sudah diperoleh, seperti United States Food and Drug Administration (US FDA), ISEGA, BPOM dan sertifikat halal dari MUI.

Jadi, bagi anda yang ingin mencari kemasan yang aman untuk produk makanan anda, kantong kertas greaseproof ini bisa menjadi salah satu solusi. Selain ekonomis, aman untuk untuk konsumen dan lingkungan, kertas jenis greaseproof juga sejalan dengan arah perkembangan pola hidup masyarakat yang mulai menghindari plastik untuk makanannya.