Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Mau Usaha Cilok Kaki Limamu Jadi Berkelas? Intip Caranya Disini!

Mau Usaha Cilok Kaki Limamu Jadi Berkelas Intip Caranya Disini!

Orang-orang tidak hanya membutuhkan makanan berat yang memberi energi bagi tubuh. Terkadang kita juga membutuhkan camilan atau jajanan di waktu senggang. Sambil menonton televisi atau melakukan aktivitas lain memang paling enak jika ada teman dalam bentuk jajanan favorit. Kalau jajanan favoritmu untuk menemani aktivitas apa nih?

Tidak hanya camilan atau jajanan dalam bentuk snack kering, jajanan yang lumayan mengenyangkan juga menjadi pilihan bagi beberapa orang. Contohnya adalah jajanan tradisional seperti kue basah yang biasa dijual di pasar, dan bahkan jajanan kaki lima yang biasa dijual di gerobak depan sekolah dasar seperti cimol, cireng, dan cilok.

Jajanan itu familiar disebut dengan jajanan SD karena dapat ditemui di depan sekolah dasar saat jam pelajaran. Sulit menemuinya di luar lokasi itu. Akhir-akhir ini jajanan tersebut kembali ramai digemari orang sebagai pilihan teman di waktu senggang atau saat melakukan aktivitas ringan.

Selama ini jajanan seperti cilok dihargai dengan harga yang cukup murah karena penyajiannya yang ala kadarnya dan dijual secara gerobakan. Nah, bagi kamu para pelaku usaha cilok ataupun yang ingin mencoba peruntungan dalam makanan ini jangan mau cilokmu sama seperti cilok yang dijual di depan SD.

Mau tau caranya agar cilokmu jadi usaha yang berkelas? Intip caranya di bawah ini ya!

1. Buat branding

buat branding

Pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan branding dari cilokmu. Branding ini tidak hanya merek cilok namun juga kamu ingin cilokmu seperti apa. Apa yang ingin kamu tonjolkan dari usaha cilokmu. Buat sesuatu yang membuat orang langsung teringat pada cilokmu jika melihat sesuatu itu. Misalnya tagline usahamu, atau logo cilokmu, dan lain sebagainya. Branding produk sangat penting sebagai awalan memulai usaha. Meski usahamu bisa dibilang produk tradisional kamu harus bisa memposisikan pada era saat ini yang sudah lebih modern.

2. Variasi cilok yang beragam

Cilok yang kita kenal selama ini seragam satu sama lainnya. Terbuat dari lalu dibentuk bulat dan ditusuk menggunakan lidi atau tusuk sate. Tidak lupa diberi bumbu yang biasanya bumbu kacang ditambah sedikit saos dan kecap. Jika seperti itu bayangan usahamu maka apa yang membedakan cilokmu dengan cilok yang dijual di depan sekolah dasar? Varisikan cilokmu, caranya bisa dengan menambah isian keju yang sedang hits saat ini. Atau bumbu kacangnya diganti dengan saus rasa-rasa. Atau buat cilok dengan bentuk yang lain selain bulat.

3. Usahakan tempat usaha tetap

Usahakan tempat usaha tetap

Agar cilokmu jadi usaha berkelas kamu membutuhkan tempat usaha tetap. Memiliki tempat usaha yang menetap juga membuat orang tidak kesulitan untuk mencarimu. Selain itu usahamu akan terlihat lebih niat dan higienis dengan adanya tempat usaha. Kenyamanan konsumen juga patut diperhitungkan karena jika tempat usaha cilok tersebut nyaman bagi konsumen mereka akan cenderung melakukan pembelian lagi, bahkan bisa menjadi langganan.

4. Miliki media sosial

Di era saat ini media sosial sangat penting untuk apapun yang akan kamu lakukan, khususnya yang berhubungan dengan pemasaran. Media sosial menjadi salah satu lahan promosi yang ampuh memasarkan produkmu. Selain itu media sosial juga membuat usaha cilokmu lebih dekat dengan sasaran konsumen yang tentunya akan menambah kelas cilokmu. Media sosial menandakan usahamu sudah lebih kekinian daripada yang lain.

5. Kemasan cilok jadi kunci penting

Kemasan cilok jadi kunci penting

Terakhir ini adalah kunci bagi usaha cilokmu yang berkelas. Ini berhubungan langsung dengan konsumen dan produkmu. Kemasan atau packaging adalah yang pertama orang lihat ketika produk sampai di tangannya. Packaging yang menarik dan apik akan menaikan status dan nilai jual cilokmu. Jika cilok lainnya hanya dikemas menggunakan kemasan plastik, buat cilokmu berbeda dengan menggunakan kemasan lain yang lebih elegan.

Cara Pengemasan yang Elegan?

paper bowl cilok

Tidak sulit untuk membuat packaging cilokmu menjadi elegan. Cukup dengan memilih kemasan yang baik dan tepat, artinya tidak boleh sembarangan memilih kemasan yang akan dipakai ya. Paper bowl adalah kemasan yang tepat untuk membuat cilokmu menjadi berkelas. Pilih kemasan paper bowl berukuran 350 ml yang sesuai untuk kemasan cilok. Kemasan paper bowl otomatis akan membuat cilokmu berbeda, jangan hanya mengemas dengan paper bowl namun sablon paper bowl dengan desain yang menarik, eyecatching, dan berstatement untuk cilokmu.