Mengapa Legalitas Usaha Penting? Simak Jawabannya di Sini!

Hayoo cek-cek lagi apakah kamu punya legalitas usaha? Atau sudah punya tapi belum lengkap? Saatnya bergerak cepat lengkapi legalitas usaha karena keuntungan yang kamu bakalan banyak banget. Ada berbagai macam bentuk izin legal UMKM yang biasanya dimiliki pelaku usaha. Simak yuk penjelasannya di bawah ini!

Hal pertama yang perlu kamu ketahui: legalitas UMKM diperlukan guna memberikan perlindungan hukum pada badan usaha. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia kini semakin membaik dengan ditandai semakin banyaknya para UMKM yang bermunculan. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan tingkat kesadaran pelaku UMKM tekait legalitas.

Salah satu langkah memenuhi legalitas usaha adalah dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB adalah identitas yang menyatakan bahwa usahamu secara resmi dan legal terdaftar dalam database pemerintah.

Para pelaku UMKM kurang memprioritaskan kepemilikan kartu ini karena merasa usahanya masih kecil. Padahal dengan memiliki legalitas usaha maka peluang mendapatkan pendanaan hingga jangkauan penjualan produk yang luas akan lebih terbuka.  

Ada pula yang beranggapan bahwa melengkapi legalitas usaha prosesnya lama, mahal dan merepotkan. Belum lagi mereka yang tidak mengetahui apa saja persyaratan dan alur pendaftarannya. Kini pendaftaran segala izin usaha lebih mudah melalui layanan OSS atau Online Single Submission.

Melalui OSS, pelaku usaha tinggal mengurus lewat laman yang sudah disediakan.

Kelebihan Memiliki Legalitas Usaha

Mendapatkan Perlindungan Hukum

Seperti sudah disebut di atas, identitas usaha sama artinya dengan jaminan hukum. Selama aktivitas usaha tidak melanggar Undang-undang atau melakukan tindakan kriminal, maka keamanannya dijamin oleh pemerintah.

Mudah Menjalin Kerjasama

Ingin menjalin kerja sama dengan berbagai pihak? Posisi pelaku UMKM akan lebih kuat jika seluruh izin sudah dikantongi. Dengan legalitas usaha, tingkat kepercayaan mitra bisnismu akan naik.

Pengembangan Usaha

Sejak 2020, banyak sekali program pemerintah yang menyasar pelaku UMKM. Salah satu syarat untuk ikut dalam program pelatihan hingga pengembangan usaha  adalah kamu punya bukti legal usahamu.

Implementasi dari program pemerintah biasanya berupa pendampingan usaha. Tujuannya adalah memberikan motivasi, fasilitas dan memberikan jalan pemberdayaan UMKM. Harapannya program ini akan membantu memberikan alternatif serta solusi atas permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM.

Selain pembinaan, pemerintah juga rajin mengadakan pameran hingga event lain khusus untuk memberdayakan produk UMKM. Namun tidak semua produk bisa masuk dalam kegiatan tersebut karena ada proses kurasi untuk memilih usaha mana yang layak ditampilkan.

Dalam proses kurasi itulah unsur kelengkapan izin hingga penggunaan kemasan yang tepat mendapat bobot nilai paling besar.

Memudahkan Mendaftarkan Hak Cipta

Apa sih keuntungan memiliki hak cipta? Kenapa kamu perlu mengurus izin satu ini? Kalau produkmu sudah terjual dalam jumlah yang cukup besar, coba pikirkan untuk mengurus satu hal ini.

Dengan tidak memiliki hak cipta, maka merek akan mudah diklaim orang lain. Namun tentu akan sulit mengurus hak cipta jika legalitas usaha saja tidak punya.

7 Tahapan Melengkapi Legalitas Usaha

Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai identitas dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Pelaku UMKM diwajibkan memiliki NPWP atas nama pemilik badan usaha. Fungsi dari NPWP ini selain untuk menuntaskan kewajiban perpajakan usahanya juga digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan legalitas lainnya.

Menyusun Akta Pendirian Usaha

Untuk dapat mendapatkan akta usaha maka pastikan jika kamu sudah menyiapkan nama perusahaan, daftar pemilik, proporsi kepemilikan saham, bidang usaha berdasar KBLI, AD/ART dan struktur organisasi yang nantinya akan disusun menjadi dokumen yang disusun oleh notaris.

Mendaftarakan Akta Pendirian Usaha

Akta pendirian usaha adalah dokumen yang diperlukan untuk pendirian sebuah badan usaha. Baik badan usaha kecil maupun besar. Pendaftaran akta pendirian usaha ini dilakukan oleh notaris kepada Kemenkumham untuk kemudian nantinya disahkan dengan surat keputusan pengesahan pendirian badan hukum.

Mengurus NPWP atas Nama Badan Usaha

Setelah mendapatkan akta pendirian usaha dan SK maka selanjutnya adalah mengurus NPWP atas nama perusahaan kepada kantor pajak setempat. Setelah itu pelaku usaha bisa datang ke bank untuk mengurus pembukaan rekening atas nama badan usaha.

Mengurus NIB Sebagai Izin Usaha Dasar

Sekarang ini pengurusan NIB sudah lebih mudah. Untuk dapat memiliki NIB maka pemilik badan usaha bisa mendaftarkan diri di OSS atau Online Single Submission yang dikelola oleh lembaga OSS.

    Anda ingin Konsultasi tentang Sertifikasi PIRT, BPOM, Halal?

    Silakan isi formulir berikut

    Senin - Jumat : Pkl. 08:00 - 16:00
    Sabtu : Pkl. 08:00 - 13:00
    Minggu/ Libur Nasional : Tutup

    Leave a Comment