Menjadi Kopi Expert Hanya dengan Informasi Bungkus Kopi!

Ketika membeli sebuah produk kopi, kita sering mendapati banyak informasi dengan berbagai macam istilah yang tertera pada bungkus kopi tersebut. Bagi seorang coffee expert, mungkin istilah semacam cupping notes, altitude, varietal dan lain-lain bukanlah hal yang asing. Tapi untuk seorang pemula ataupun orang awam, tentu istilah tersebut sulit untuk dipahami. Berikut kita bahas tentang istilah – istilah dan informasi yang sering kali kita temukan pada bungkus kopi dan jadilah seorang coffee expert!.

BRAND PRODUK

Salah satu informasi yang pasti ada dalam bungkus kopi adalah nama produk kopi atau brand dari produk kopi tersebut. Biasanya, brand produk ditulis dengan font huruf yang mencolok, ukuran huruf yang besar, dan posisinya mendominasi bungkus atau kemasan produk.

 

SINGLE ORIGIN DAN COFFEE BLEND

Istilah single origin menjelaskan bahwa kopi tersebut hanya berasal dari satu daerah saja. Misalnya Aceh, Sidikalang, dan lain-lain. Single origin biasanya dipandang oleh sebagian orang sebagai cara untuk mendapatkan rasa yang spesifik. Sedangkan Coffee Blend adalah istilah yang digunakan untuk proses mengkombinasikan antara beberapa tipe biji kopi untuk menambah cita rasanya. Dengan proses blending, seorang penggiat kopi profesional dapat menyajikan kopi dengan rasa yang lebih kompleks. Proses blending kopi bisa juga menjadi cara untuk menyeimbangkan rasa antara dua jenis kopi, misalnya mendapatkan aroma dari satu jenis namun dengan rasa dari jenis lain.

 

REGION DAN ALTITUDE

Keterangan region menjelaskan wilayah dimana kopi tersebut dibudidayakan. Biasanya, dijelaskan secara spesifik, jadi bukan hanya dijelaskan asal negaranya saja namun nama dari perkebunannya juga dijelaskan. Bahkan, beberapa perusahaan kopi dan micro-roastery juga mencantumkan nama petaninya juga. Sedangkan altitude adalah informasi mengenai ketinggian tempat dimana kopi tersebut ditanam. Seseorang yang sudah expert biasa mengira-ngira rasa kopi dari ketinggian kopi tersebut ditanam.

 

VARIETAS

Varietas kopi maksudnya adalah jenis-jenis dari kopi pada tingkat spesies. Pada buah mangga kita mengenal ada mangga arum manis, gadung, gedong gincu dll, begitu juga pada kopi ada berbagai macam jenisnya seperti Catimor, Catuai, Caturra, Jember dll.

 

PROSES KOPI

Proses kopi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan proses-proses apa saja yang dilakukan setelah kopi tersebut dipanen. Biasanya proses kopi meliputi wet process dan dry process. Lalu diturunkan lagi menjadi natural, honey, washed and semi-washed. Informasi proses kopi ini merupakan informasi yang sangat penting bagi konsumen. Hal ini dikarenakan, proses kopi akan sangat mempengaruhi rasa dari kopi. Sehingga konsumen bisa memilih produk kopi dengan proses mana yang dikehendaki, disesuaikan dengan selera konsumen.

 

LEVEL SANGRAI

Biasa ditulis dengan level roast atau tingkat kegelapan sangrai kopi. Ada beberapa level sangrai kopi dimulai dari light (terang), light to medium, medium, medium to dark, dark, dark and beyond. Semakin gelap rasanya akan semakin pahit.

 

TASTING NOTES

Tasting notes adalah suatu standard catatan untuk mengukur, mengidentifikasi dan menggambarkan rasa suatu kopi secara obyektif. Rasa yang kaya mungkin mencakup seperti di antaranya karamel, sirup gula, cokelat, kulit, plum, kola, kismis atau ara. Sementara rasa yang lembut mungkin mencakup serai, hibiskus, graham atau aprikot, jeruk, limau dan kelapa.

 

TINGKAT KEHALUSAN

Menjelaskan tingkat kehalusan dari bubuk kopi yang dijual, karena banyak produk bubuk kopi yang dijual dengan tingkat kehalusan yang berbeda-beda. Misalnya fine, medium dan coarse.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar