Peluang Bisnis, Tips Bisnis, Tips Kemasan

Nasi Berlebih Jangan Dibuang, Bikin Nasi Kepal Aja!

nasi-berlebih-jangan-dibuang-bikin-nasi-kepal-aja

Ketika lagi masak dan nasinya kelebihan, biasanya pasti kepikiran buat buang karena nggak tahu mau diapain lagi. Paling-paling dikreasikan jadi nasi goreng. Eh, nasi goreng udah biasa banget kan, kamu mungkin bosan. Daripada nggak kemakan apalagi malah dibuang, bikin nasi kepal aja yuk! Makanan ini nggak cuman buat nasi yang berlebih aja, tapi kalau sengaja mau bikin ya pakai nasi apapun bisa.

Menu ini juga bisa jadi camilan mengenyangkan buat bunda yang punya anak susah disuruh makan. Soalnya bisa dikreasikan dengan bahan-bahan kesukaan anak. Jadi, membuat olahan nasi ini sangat mengasyikkan dan pastinya akan laris dimakan anggota keluarga yang suka ngemil.

Baiklah daripada lama-lama, sekarang kita langsung masuk ke cara bikinnya yuk.

Resep Membuat Nasi Kepal, Camilan Mengenyangkan

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Pasti udah penasaran ya pengen tahu cara bikinnya? Cekidot!

resep-nasi-kepal

sumber gambar: sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Nasi secukupnya, kalau mau bikin banyak ya yang banyak nasinya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk 1 sdm
  • Kaldu bubuk 1 sdm
  • Bawang putih dua butir
  • Keju secukupnya
  • Telur dua butir
  • Tepung bumbu satu sachet
  • Sosis/Bakso/Isian sesuai selera
  • Saus sambal, Mayonaise, atau topping lainnya

Cara membuat:

  1. Uleg nasi, tidak perlu sampai terlalu lembut/halus ya. Diuleg supaya nanti nasi mudah merekat
  2. Tambahkan parutan keju, bawang putih yang sudah dihaluskan, serta garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Selanjutnya tambahkan satu butir telur. Lalu nasi dan semuanya diaduk sampai merata. Boleh pakai tangan, boleh pakai alat apapun.
  3. Setelah itu siapkan wadah untuk membuat bumbu celupannya. Supaya tidak boros telur bisa tambahkan tepung bumbu 1 sdm, lalu tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata supaya tepung tidak menggumpal. Selanjutnya masukkan satu butir telur ke dalamnya, aduk sampai merata. Nanti adonan ini dipakai untuk mencelupkan nasinya. Sisihkan.
  4. Bentuk nasi kepalnya. Gunakan sarung tangan plastik yang telah dilumuri sedikit minyak. Ambil nasi secukupnya dan masukkan potongan sosis di dalamnya. Tutup nasi kepalnya sampai rapat, dikepal menjadi bentuk yang rapi.
  5. Kalau sudah dikepal semua dan diberi isian, selanjutnya celupkan ke adonan telur dan tepung bumbu yang sudah dibuat tadi.  Setelah itu bisa mulai digoreng. Jangan lupa dibalik-balik supaya tidak gosong.
  6. Sebagai penutup, nasi kepal yang sudah digoreng bisa disajikan dengan saus/mayonais supaya rasanya makin yummy dan tampilannya juga makin menggugah selera.
BACA JUGA:  Inovasikan Standing Pouch untuk 5 Usaha Camilan Sehat Ini!

Gimana? Gampang banget kan bikinnya? Kapanpun di mana pun bisa kamu praktikkan! Oh iya, biar wawasan kamu tambah luas, nasi kepal itu kalau di Jepang namanya onigiri. Di Indonesia juga banyak kok yang jual onigiri. Nah, nasi kepal ini memang terinspirasi dari onigiri gaes. Isiannya bisa diganti sesuai selera juga. Jika bentuknya menarik dan rasanya enak, pasti langsung kepikiran untuk menjadikan ini lahan bisnis kan?

Coba Bisnis Nasi Kepal Yuk?

resep-nasi-kepal

sumber gambar: Sajian Sedap – Grid.ID

Nggak apa-apa, semua sekarang memang bisa jadi sumber uang. Apalagi kalau kamu memang hobi masak. Bisnis kuliner camilan kayak gini bukan hal yang susah yang penting harus perhatikan packaging juga. Ngomong-ngomong soal olahan nasi yang penting kreatif karena sekarang apa-apa kan butuh eksperimen. Tanpa eksperimen kita nggak akan pernah menemukan menu-menu unik!

Apakah kamu sudah siap buat nyobain resep di atas? Jika sudah membuat, jangan lupa share hasil bikinanmu ya! Biar jadi banyak yang tahu sama rasanya. Kalau enak ya bikin lagi, syukur-syukur kalau kepikiran bikin bisnis. Soalnya ini cocok banget buat jadi produk dijual!