Peluang Bisnis

Peluang Bisnis Beras Eceran Untungnya Menjanjikan

Peluang Bisnis Beras Eceran Untungnya Menjanjikan

Bisnis beras eceran masih punya peluang yang menjanjikan. Sebab beras merupakan komoditas pangan yang permintaan pasarnya selalu mengalami kenaikan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang menjadikan beras untuk konsumsi sehari-hari. Mulai dari bisnis beras skala kecil sampai bisnis beras eceran pasti tidak akan kehilangan konsumen selama sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Tips Bisnis Beras Eceran

Tapi sebelum kamu memulai bisnis beras eceran, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Setiap akan memulai sebuah bisnis tentu saja tidak akan pernah lepas dari adanya persiapan yang matang supaya bisnis bisa berjalan lancar. Berikut ini Bisnis UKM akan memberikan kiat sukses memulai bisnis beras eceran yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Target Bisnis Beras Eceran

Target konsumen dari bisnis beras eceran pada umumnya adalah untuk konsumsi rumah tangga dan beberapa pelaku usaha makanan. Sudah pasti untuk kebutuhan rumah tangga kebanyakan masih mengandalkan nasi sebagai makanan pokok. Begitu juga dengan pelaku usaha makanan mulai dari warung tegal, warung nasi padang, warung ayam geprek, dan warung makanan lainnya yang menyajikan nasi pasti membutuhkan beras untuk keperluan produksi.

Jadi pastikan di tempat kamu menjalankan bisnis beras eceran, ada kedua konsumen potensial tersebut. Tidak perlu khawatir ketika kamu menjalankan usaha beras eceran di dekat toko sembako. Sebab yang dijual bukan hanya beras, peluang kamu tetap masih besar di mana beras yang kamu jual variasi dan harganya akan lebih beragam dan lebih murah dibandingkan toko sembako. Bahkan kamu juga bisa menyasar pemilik toko untuk menjadi konsumen kamu, di mana kamu bisa menjadi penyetok beras di tokonya.

2. Datangkan Beras dari Racemile

Kalau kamu beli beras dari agen beras, itu sama saja harganya seperti toko sembako. Dengan kata lain toko kamu tidak memiliki nilai tambah yang membuat orang datang. Maka dari itu untuk bisnis beras eceran belilah langsung di racemile atau tempat penggilingan beras. Tapi kalau kamu ingin mengeluarkan modal yang lebih sedikit lagi, kamu juga bisa langsung membeli gabah ke petani padi. Kemudian kamu giling gabah tersebut kemudian baru dijual di toko beras kamu. Hal yang juga penting untuk kamu perhatikan adalah soal desain kemasan beras yang berkelas. Kamu bisa menjual beras eceran dengan kemasan yang lebih menarik seperti plastik beras sablon dengan ukuran 1kg, 2kg, sampai 5kg. Hal ini tujuannya untuk menciptakan brand beras yang kamu jual supaya makin banyak orang tau dan konsumen makin loyal.

3. Gudang Penyimpanan Stok Beras

Tempat penyimpanan atau gudang beras yang aman, bukan hanya aman dari pencurian. Tapi gudang tempat kamu menyimpan beras juga harus aman dari tikus, kelembaban, dan bocor. Maka dari itu, sebelum kamu menggunakan gudang untuk bisnis beras eceran ini pastikan kalau atap tidak bocor, lantai tidak rembes dan yang terpenting harus aman dari tikus. Untuk masalah tikus bisa diantisipasi dengan selalu menjaga kebersihan gudang dan pastikan gudang beras memiliki pencahayaan yang cukup. Ini dikarenakan hewan seperti tikus kurang menyukai tempat-tempat terang.

4. Sediakan Jenis Beras yang Beragam

Semua orang memiliki minat terhadap beras yang beda, ada yang suka beras tipe A ada juga yang suka beras tipe B. Supaya jangkauan pasar bisnis beras eceran kamu semakin luas, kamu sebaiknya bisa memenuhi semua minat konsumen. Caranya dengan melengkapi variasi tipe beras yang kamu jual. Maka dari itu meski membeli langsung dari racemil memiliki harga lebih murah tapi kamu juga harus menyediakan beras kemasan atau literan bermerk agar beras yang kamu jual lebih bervariasi dan jangkauan konsumen kamu juga lebih luas. Sediakan variasi beras yang beragam mulai dari biasa, sedang, sampai kualitas premium.

5. Atur Tata Letak Lokasi Bisnis Beras Eceran

Visibilitas atau keterlihatan beras menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam menampilkan berbagai jenis beras yang kamu jual. Kalau kamu bisa mengatur tata letak agar semua variasi beras terlihat, maka toko beras eceran kamu bisa terlihat lebih lengkap dan memiliki banyak varian beras. Untuk mendapatkan keterlihatan ini, kamu bisa menggunakan rak beras bersusun. Kamu bisa menggunakan rak beras tiga baris dengan posisi rak di belakangnya lebih tinggi. Sehingga dari depan pembeli bisa melihat seluruh tipe beras yang kamu jual.

6. Strategi Promosi Bisnis Beras Eceran

Kalau kamu sudah memulai bisnis beras eceran dengan membuka toko beras, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Tujuannya untuk memberitahukan ke sebanyak-banyaknya orang bahwa ada toko beras baru. Kalau tidak dipromosikan bagaimana orang bisa tahu kalau kamu buka toko beras?

Beberapa promosi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberitahukan ke orang-orang terdekat atau dari mulut ke mulut. Seperti keluarga, kerabat, teman dan tetangga. Sediakan juga banner dengan desain yang jelas untuk tanda toko beras kamu. Selain itu strategi dengan promosi di media sosial juga perlu dilakukan. Sekarang zamannya orang mencari produk atau barang yang akan dibeli melalui riset sederhana yaitu media sosial. Sudah banyak agen beras atau pelaku usaha beras sukses yang sudah menjadikan media sosial sebagai media promosi yang efektif. Maka dari itu buatlah konten promosi yang menarik dan informatif di instagram atau facebook untuk memperluas pasar bisnis beras eceran yang kamu jalankan.

7. Modal Awal Bisnis Beras Eceran

Menjalankan bisnis beras eceran tentu saja bukan sebuah bisnis dengan modal yang kecil. Sebab dari segi keuntungan juga besar dan perlu tempat atau gudang penyimpanan beras yang cukup besar. Selain itu untuk menyetok beras dengan beragam jenis juga perlu modal yang tidak sedikit. Bisa diperkirakan modal awal untuk bisnis beras eceran adalah sekitar 20 juta rupiah. Dengan modal tersebut, paling tidak kamu bisa melakukan stok beras hingga 15 ton dengan tipe yang bervariasi.

Selain ketujuh poin yang sudah diulas di atas, kamu juga perlu untuk berinovasi dalam menjalankan bisnis beras eceran. Seperti menambahkan layanan pesan anta atau delivery untuk memudahkan konsumen dalam membeli beras yang kamu jual. Selain itu kamu juga bisa mendaftarkan toko kamu ke aplikasi jasa antar menjadi mitra mart. Itulah ulasan tentang bisnis beras eceran yang bisa kamu coba. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis beras kamu makin #NaikKelas. Ciptakan juga kemasan beras berkualitas agar produk beras yang kamu jual juga makin berkelas. Masih bingung kalau mau cetak kemasan beras harus ke mana? diKemas.com menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Ada berbagai jenis bahan kemasan beras yang bisa kamu pilih. Tersedia layanan gratis desain sampai bebas ongkos kirim ke berbagai wilayah. Tunggu apalagi? Yuk konsultasikan kemasan beras yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!