Tips Bisnis

Peluang Bisnis Gula Aren, Tembus Pasar Eropa Omzetnya Ratusan Juta

Jika kita telisik secara detail, masyarakat Indonesia sejatinya tidak bisa lepas dari gula. Budaya minum kopi, minum teh, sampai bagian dari resep masakan, penggunaan gula tak bisa dipisahkan. Gula memang sudah melekat erat dengan masyarakat nusantara.

Diakui atau tidak jumlah konsumsi gula masyarakat Indonesia bisa dikatakan tinggi. Pada tahun 2018 ini, konsumsi gula masyarakat Indonesia diperkirakan menyentuh angka 3,6 juta ton.

pemanenan-nira-aren

Pemanenan nira aren dapat dilakukan hampir setiap hari

Jika kita terawang dengan kaca mata bisnis, tentu hal ini merupakan sebuah potensi bisnis yang sangat menjanjikan, jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu yang dapat anda coba adalah peluang bisnis gula aren yang belakangan ini sedang naik daun. Gula aren memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki gula tebu. Dari sisi produksi, tanaman aren bisa menghasilkan 25 ton gula per hektar per tahun. Adapun tebu rata-rata menghasilkan 14 ton gula per hektar per tahun. Panen nira bisa dilakukan setiap hari, sedangkan tebu tidak.

Aren mampu tumbuh di lahan kritis serta kontur lahan datar atau miring sekaligus mampu mengonservasi lahan gundul. Akar aren memiliki kemampuan mengikat air dengan baik sehingga bisa ditanam di daerah yang relatif kering. Aren juga tak memerlukan perawatan khusus atau pemupukan karena pada dasarnya merupakan tanaman hutan sehingga tak perlu pupuk dan irigasi.

kemasan-gula-semut-aren-stick-dikemas

Kemasan stick gula semut aren – diKemas.com

Keunggulan yang paling utama adalah proses pembuatan aren menjadi gula bisa dilakukan langsung oleh masyarakat melalui industri rumahan, tidak diperlukan mesin-mesin canggih layaknya pada pabrik gula. Hal ini tentu mempermudah anda yang tertarik bergelut dengan peluang bisnis gula aren ini.

kemasan-gula-semut-aren-dikemas

Kemasan gula semut aren – diKemas.com

Don’t get it wrong! Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari bisnis gula aren ini dapat mencapai angka yang sangat luar biasa. Seorang pengusaha gula aren dilampung bahkan omzetnya mencapai Rp 600 juta setiap bulannya!.

Bisnis gula aren saat ini memang sangat menggiurkan, harga gula pasir yang relatif lebih tinggi serta gaya hidup masyarakat yang mulai mengganti pemakaian gula putih dengan gula aren semakin mempermulus bisnis ini. Bahkan bisnis gula aren yang dilakukan masyarakat Tomohon, Sulawesi Utara sudah menembus pasar Eropa.

mesin-pengemas-gula-sachet-anekamesin-com

Mesin pengemas gula sachet – anekamesin.com

Untuk memulai bisnis ini diperlukan persiapan yang matang dan tepat, seperti pemasok bahan baku, kemasan produk yang menarik dan sarana-prasarana yang memadai seperti mesin pencetak kemasan produk berkualitas.

Jika anda tertarik untuk menjajaki bisnis ini pastikan anda mendapatkan kemudahan dengan berpartner bersama kami. Kemasan produk gula aren berkualitas dan mesin pencetak kemasan yang canggih bisa anda dapatkan disini. Informasi lebih lanjut hubungi 0812-1511-1415