Tips Kemasan

Penting! 3 Prinsip Psikologi Di Balik Desain Produk Hebat

penting-6-prinsip-psikologi-di-balik-desain-produk-hebat

kupas-tuntas-tentang-kebutuhan-kemasan-snack-bagi-calon-pebisnis

Ngomong-ngomong soal psikologi, ada lho beberapa prinsip psikologi dalam mendesain kemasan. Kamu penasaran nggak kemasan seperti apa yang secara psikologis emang direkomendasikan? Pasti kamu pernah berada dalam posisi ingin membeli suatu produk dan di hadapkan pada beberapa pilihan. Produknya sama, tapi kemasannya yang berbeda. Kamu pasti nggak jarang merasa kebingungan mau pilih yang mana.

Kondisi seperti ini cukup sering dialami konsumen sebelum mereka melakukan pembelian, dan yang menjadi penyebabnya adalah desain kemasan yang sangat berpengaruh terhadap psikologi konsumen. Pemilihan desain kemasan yang tepat, produkmu akan lebih menarik ketimbang produk lainnya. Nggak percaya nih? Simak sama-sama yuk apa saja sih hal-hal yang nggak kita ketahui ternyata itu yang memengaruhi seseorang membeli suatu produk atau nggak.

Desain Produk Yang Memengaruhi Psikologi Konsumen

1. Pengaruh Warna

Salah satu elemen penting dalam desain kemasan yang akan mempengaruhi psikologi konsumen adalah pemilihan warna. Dalam sebuah studi “Dampak Warna Pada Pemasaran,” penelitian menemukan bahwa secara tidak sadar orang membuat penilaian tentang produk dalam 90 detik pertama melihatnya. Sebagian besar orang mengevaluasi produk-produk ini berdasarkan warna saja: hampir 85% konsumen menyebutkan warna sebagai alasan utama mereka membeli produk tertentu, dan 80% orang percaya warna meningkatkan pengakuan atas merek.

Penelitian telah menemukan bahwa tentang kesesuaian warna dalam kaitannya dengan produkmu lebih penting daripada pilihan warna individu itu sendiri. Maknanya, memilih warna yang langsung membuat konsumen memikirkan produkmu itu lebih penting daripada nilai tampilan produk tersebut. Seperti misalnya kamu akan memikir dua kali memilih warna hitam untuk mainan anak hanya karena itu warna favoritmu. Warna sendiri berperan penting nggak cuman untuk produkmu, tetapi juga identitas brand perusahaan.

BACA JUGA:  Selain Desainnya Cantik, Kemasan Makanan Harus Cantumkan Dua Hal Ini!

2. Pengaruh Bentuk Kemasan

Selain warna, kamu juga perlu memperhatikan bentuk kemasan produk juga. Valerie Folkes, dalam studinya “Pengaruh Bentuk Kemasan pada Penilaian Konsumen terhadap Volume Produk: Perhatian sebagai Kontaminan Mental”, menemukan bahwa bentuk yang tidak biasa menyebabkan konsumen memperkirakan kualitas produk lebih tinggi daripada nilai sebenarnya.

Sekarang kamu jadi tahu kan mengapa parfum mahal hampir selalu dikemas dalam botol berbentuk eksotis? Tentu saja, bentuk yang tidak biasa mampu mempengaruhi psikologi konsumen. Contoh yang bagus tentang bagaimana pilihan bentuk yang menarik dapat memengaruhi keputusan pelanggan adalah permen Toblerone. Bentuk segitiga batang Toblerone secara dramatis berbeda dari batang cokelat tradisional lainnya, sehingga pelanggan semakin tertarik padanya.

Yang juga penting adalah bagaimana bentuk yang tepat dapat menambah rasa tambahan pada suatu produk dengan mengidentifikasi asosiasi yang terhubung ke berbagai bentuk.

3. Pengaruh Gambar

Gambar yang diletakkan pada kemasan ternyata juga berpengaruh terhadap psikologi konsumen. Gambar sangat penting untuk produk apapun. Itulah mengapa pengemasan produk menjadi sangat penting. Megan Sullivan dalam artikelnya yang berjudul “The Psychology of Product Packaging”, menunjukkan bahwa konsumen membuat keputusan tentang produk dan layanan hanya berdasarkan prestasi, dengan yang terbaik menang. Terlepas dari harapan itu, para psikolog dan pengecer setuju bahwa dalam banyak kasus ini tidak benar. Selain kualitas, terkadang produk yang lebih keren, lebih cantik, atau lebih seksi yang menang.

Dengan demikian, menciptakan produk yang hebat hanya bagian dari formula untuk kesuksesan penjualan. Mengemasnya dengan sempurna, lengkap dengan grafik dan warna yang menarik, sama pentingnya dengan kesuksesan finansial bisnismu.

Nah, itu tadi tiga poin penting yang paling menjadi daya tarik dari sebuah produk. Masih ada beberapa lagi seperti pengaruh maskot kemasan yang digunakan, bahan kemasan, serta tulisan yang dipakai pada kemasan. Pokoknya setiap detil desain produk yang ada pada kemasan itu memang seluarbiasa itu dampaknya bagi minat beli konsumen lho, jadi jangan disepelekan!