Plastik 5 kg Untuk Beras Premium Mulai Bertebaran Jelang Lebaran!

“Belum kenyang perut orang Indonesia, kalau belum menyantap nasi.” Istilah seperti itu mungkin sudah sering masuk ke telinga kita. Karena seperti kita tahu, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia makanan pokoknya adalah beras. Alhasil, sekarang ini ada banyak jenis beras dari para petani Indonesia yang mulai dikemas dengan plastik 5 kg untuk beras agar terlihat lebih premium di mata konsumen.

Sedikitnya ada lima jenis beras di Indonesia yang sekarang ini paling banyak dipasarkan dalam bentuk beras kemasan. Meski begitu, tidak semua jenis beras tersebut bisa dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat kita. Biar nggak salah pilih jenis dan kualitas beras yang sekarang dipasarkan dalam bentuk kemasan, sebaiknya kamu perlu tahu 5 jenis beras ini.

1. Beras Putih

paper-cup-baner-web

Kalau beras putih ini merupakan jenis beras yang setiap harinya dikonsumsi masyarakat kita. Meski begitu, varian jenis beras putih sangatlah banyak. Sebut saja seperti beras rojolele, pandan wangi, menthik putih, menthik susu, beras IR 64 atau setra ramos, beras C4, dan lain sebagainya. Setiap varian beras memiliki citarasa dan keunikan masing-masing, termasuk harga jual pasarannya pun juga beragam.

Tapi dari sekian banyak jenis beras putih, kebanyakan yang diminati konsumen yaitu beras pandan wangi. Sebab berasnya terkenal pulen, enak dan memiliki ciri khas wangi khusus. Selanjutnya di posisi kedua yang banyak dicari konsumen adalah beras rojolele. Jenisnya hampir sama dengan pandan wangi, hanya saja rojolele aroma wanginya tidak terlalu tajam. Kedua jenis beras ini banyak dijual dengan kemasan plastik 5 kg untuk beras.

2. Beras Merah

plastik beras vacuumJenis beras yang satu ini dikenal masyarakat sebagai beras kesehatan. Karena beras merah mengandung antosianin yang cukup besar, vitamin B1, B6, B12, magnesium, zat besi, serta kaya akan serat.

Dulu, beras merah belum sepopuler beras putih, bahkan masih dianggap sebagai makanan pengganti beras putih. Tapi, sekarang ini makin banyak peminatnya karena sudah banyak konsumen yang peduli dengan kesehatannya. Terutama bagi kalangan masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat atau konsumen yang diet diabetes. Beras merah juga banyak yang dikemas dengan plastik beras 5kg dengan cetak sablon merk yang beragam, inilah yang membuat kemasan plastik beras terlihat lebih premium.

3. Beras Hitam

Hampir sama dengan beras merah, jenis beras hitam ini juga memiliki kandungan minirel, vitamin E, antioksidan, dan juga  serat yang cukup tinggi. Biasanya, beras hitam dikonsumsi kalangan masyarakat yang sedang diet atau menerapkan pola hidup sehat.

Walaupun disebutnya beras hitam, ternyata jenis beras ini justru berubah warna jadi ungu ketika sudah matang sempurna. Umumnya jenis beras hitam dikemas dengan kemasan plastik beras vacuum, karena permintaannya masih belum banyak. Fungsi proses vacuum agar beras yang tersimpan dalam kemasan bisa tahan lebih lama, serta meminimalisir munculnya jamur, dan kutu beras.

4. Beras Organik

Beras yang satu ini merupakan jenis beras berkualitas tinggi dan pastinya baik untuk kesehatan. Soalnya, yang dimaksudkan dengan beras organik disini adalah jenis beras yang ditanam petani tanpa menggunakan tambahan pupuk buatan atau obat-obatan kimia selama proses penanaman berlangsung.

Jadi proses penanaman dan pengolahannya semua berbasis alami, sehingga sangat bagus untuk kesehatan konsumen. Tak heran kalau harga jual beras organik juga cukup mahal. Apalagi kalau dikemas dengan plastik beras vacuum sehingga tampilannya lebih elegan dan lebih awet dalam penyimpanannya.

Bahkan karena image positif yang terbentuk di kalangan masyarakat terkait kualitas beras organik, sekarang ini hampir semua produsen beras sengaja menambahkan keterangan beras organik pada kemasan plastik beras yang dipakainya. Ini sebagai penguat bahwa beras yang dipasarkannya memiliki kualitas terpercaya.

5. Beras Ketan

Berbeda dengan keempat jenis beras sebelumnya yang bisa dikonsumsi setiap hari sebagai makanan pokok. Jenis beras ketan ini justru bisa dibilang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebab, tekstur beras ketan ini lebih lengket dari jenis beras biasanya.

Padahal kalau dari segi kesehatan, sebenarnya beras ketan juga kaya amilopektin serta rendah amilosa. Jadi bisa dibilang beras ketan juga sebenarnya baik untuk kesehatan kita. Namun sayangnya, sekarang ini penggunaan beras ketan hanya dijadikan sebagai campuran pembuatan shusi. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat makanan tradisional khas Indonesia. Seperti misalnya lemper, jadah, wajik, bubur ketan, tape ketan, dan lain-lain.

Karena permintaan kelima jenis beras tersebut masih sangat tinggi dipasaran, tak jarang banyak masyarakat yang mulai melirik peluang bisnis beras kemasan. Apalagi bisa dikatakan beras itu mau harganya naik turun tak beraturan, juga tetap bakal dibeli konsumen. Jadi bisa dikatakan usaha ini merupakan peluang bisnis jangka panjang yang untungnya tak main-main.

Tapi sayangnya, sampai hari ini masih banyak orang yang kebingungan dalam mempersiapkan kemasan beras plastik. Bahan plastik kemasan beras yang bagus seperti apa dan desain yang menarik di mata konsumen bagaimana? Yuk simak saja tips mudahnya di bawah ini!

Pertama, tentukan ukuran beras kemasan yang akan kamu jual. Biasanya yang paling banyak dicari konsumen ukuran plastik 5 kg untuk beras. Tapi ada juga yang mengemas dengan kemasan plastik 2,5 kg, atau plastik beras 1 kg. Di Indonesia sendiri paling banyak diminati beras kemasan 5 kg, karena selain harganya pas beratnya juga praktis di bawa.

Kedua, pilih kemasan plastik beras yang bening agar konsumen bisa melihat kualitas beras yang kamu jual. Tapi ada juga kelemahannya, kalau stok berasmu tak laku-laku bisa juga dilihat konsumen jika beras yang dijual mulai remuk, muncul jamur, atau binatang kutu.

kemasan plastik beras 2,5 kgKetiga, desain kemasan plastik beras juga harus dipersiapkan dengan matang. Apalagi sekarang ini desain kemasan jadi modal utama memenangkan persaingan. Bisa dibilang kemasan plastik beras yang bungkusnya bagus, pasti banyak dipilih konsumen, dibandingkan kemasan beras kresek polos.

Keempat, pastikan juga jenis plastik kemasan beras yang kalian pakai kuat dan tahan banting. Soalnya biasanya proses distribusi beras di lapangan sering dilempar-lempar, jadi sebaiknya pilih jenis kemasan plastik beras yang sifatnya cukup kuat.

Sepertinya tips singkat di atas sudah bisa menginspirasi kalian yang masih bingung memilih kemasan plastik beras. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan dan tak perlu khawatir karena Dikemas.com siap memberikan inspirasi desain plastik beras yang menarik dan memilihkan jenis plastik yang kualitasnya terpercaya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kemasan plastik beras 1 kg, plastik beras 2,5 kg ataupun plastik beras 5 kg, kalian bisa langsung hubungi salah satu tim customer servis kami di nomor whatsapp : 0821-9938-9966.

Nah setelah tahu jenis beras yang banyak dicari konsumen serta mengetahui tips jenis kemasan plastik yang dipakai, kini saatnya kalian mencoba bisnis beras kemasan dari sekarang. Apalagi bisnis beras kemasan untungnya nggak pernah main-main!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar