Plastik Beras Zakat Lebih Cantik Lagi Kalau Disablon, Ini Contohnya!

Ketika bulan ramadhan, tak hanya kewajiban puasa saja yang dinomorsatukan umat muslim di Indonesia. Tapi juga kewajiban mereka untuk membayar zakat mulai dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum akhir ramadhan tiba. Sebab, zakat itu menyempurnakan ibadah puasa umat muslim pada bulan suci Ramadan.

Prinsipnya, zakat itu dibagi menjadi 2 jenis yaitu zakat fitrah dan zakat maal.  Lalu, apa Bedanya?

Secara umum zakat maal terdiri dari zakat penghasilan atau profesi, zakat perdagangan, zakat perusahaan, atau lainnya yang dibayarkan dalam bentuk uang. Sedangkan zakat fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan umat muslim dari mulai anak-anak sampai orang tua. Biasanya zakat fitrah dalam bentuk beras atau makanan pokok lainnya seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Jika tahun-tahun sebelumnya kita menjumpai pembagian beras zakat hanya menggunakan plastik kresek polos, sekarang banyak produsen beras yang mulai mempersiapkan kemasan plastik beras zakat dengan desain cantik. Contohnya seperti kemasan plastik beras 2,5 kg sablon untuk zakat yang mencantumkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, atau Selamat Hari Lebaran pada kemasan plastik beras zakat.

Tentunya inovasi yang dilakukan produsen beras tersebut mendapat apresiasi bagus dari konsumen. Soalnya selain memperhatikan kualitas beras yang ada didalamnya, konsumen juga tetap mempertimbangkan tampilan bungkus luar yang mereka lihat. Jika kemasannya bagus, konsumen juga lebih mudah terpikat dan urusan kualitas produk di dalamnya malah bisa jadi urutan kedua.

Di bawah ini ada 6 contoh kemasan plastik beras zakat yang desainnya bisa kamu jadikan inspirasi. Nomor 4 ini paling banyak disukai karena desainnya simple tapi apik.

1. Desain kemasan plastik zakat Setra Ramos

plastik beras zakatMenyesuaikan dengan suasana hari raya idul fitri yang identik dengan ketupat, kemasan beras zakat setra ramos ini memakai gambar ketupat dan masjid sebagai logo utamanya. Untuk mempercantik desain, ditambahkan pula ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri yang dilengkapi kalimat Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Dengan begitu, kemasan beras zakat yang disablon dengan tinta hijau ini terlihat lebih cantik dengan konsep desain idul fitri.

Pada kemasan plastik beras juga dicantumkan informasi netto 2,7 kg atau setara dengan ukuran beras zakat satu orang. Tujuannya agar konsumen yang membeli beras tersebut tidak perlu menimbang ulang ketika hendak menyerahkan beras zakat. Jadi bisa dibilang ini kemasan beras zakat instan, karena konsumen tinggal beli di toko beras dan menyerahkannya ke amil zakat.

2. Kemasan Beras Zakat Pandan Wangi

kemasan beras zakat

Jika kalian mengemas dua jenis beras atau lebih, untuk membedakan desainnya bisa memakai warna tinta lain. Contohnya saja seperti produsen beras pandan wangi dengan setra ramos ini. Meski konsep desainnya sama persis, hanya membedakan jenis berasnya, produsen beras tersebut memilih tinta merah untuk kemasan plastik zakat pandan wangi.

Dengan begitu, konsumen tidak kesulitan dalam memilih jenis beras yang akan mereka beli. Selain itu, pembedaan warna juga memudahkan produsen dalam proses pengemasan, Jika menggunakan warna tinta yang sama, hanya akan memperbesar resiko salah ambil produk, contohnya beras pandan wangi dikemas pakai plastik beras setra ramos.

3. Kemasan Beras 2,5 kg Zakat Fitrah

plastik beras zakat fitrah

Konsep desain nomor tiga ini hampir sama dengan label plastik beras zakat sebelumnya. Mulai dari penggunaan gambar ketupat, ucapan hari raya idul fitri, sampai kalimat mohon maaf lahir batin juga ada. Yang membedakannya hanya gambar masjidnya saja lebih besar dan dilengkapi dengan icon bedug. Selain itu, tulisan zakat fitrah juga sengaja dibuat lebih besar sehingga bisa lebih mencolok di mata calon konsumen.

Pemilihan tinta sablon pun sengaja menggunakan warna hijau agar bisa identik dengan ketupat hari raya. Disini produsen beras juga mencantumkan netto 2,5 kg sesuai dengan takaran beras zakat yang dibayarkan umat muslim per kepala. Jadi misal satu keluarga ada 4 orang, maka konsumen hanya cukup membeli empat bungkus beras fitrah ini.

4. Plastik Beras 2,5 kg Zakat Fitrah Eka Farm

plastik beras zakat sablon

Nah, desain plastik beras 2,5 kg ini yang paling banyak disukai konsumen. Meski desainnya simpel, tapi bisa mencantumkan nama pemberi zakat serta penerima zakat.

Walaupun konsep desain seperti ini masih terbilang baru, tapi ternyata bisa cukup memudahkan panitia penerima zakat. Karena konsumen bisa menuliskan nama mereka di luar kemasan, jadi panitia amil zakat lebih mudah mendata siapa saja yang sudah menyetorkan beras zakat. Nah, untuk menghindari perdebatan yang muncul di kalangan masyarakat, produsen beras Eka Farm sengaja mencantumkan dua pilihan ukuran yaitu 2,5 kg dan 3 kg.

5. Plastik Kemasan Beras Zakat plastik kemasan beras zakat

Beras istimewa C4 Raja juga tak ketinggalan ikut mengeluarkan beras kemasan khusus untuk zakat fitrah. Sama seperti desain beras C4 Raja yang menggunakan tinta warna hijau, kemasan plastik beras zakat yang dicetak juga memakai tinta hijau. Sama seperti produsen beras lainnya, beras zakat C4 juta dikemas dengan ukuran 2,5 kg. Bedanya, desain gambar yang tertera pada kemasan menggunakan logo masjid dan ucapan Selamat Idul Fitri.

Untuk mempercantik tampilan desian, ditambahkan pula gambar kubah masjid dan frame kotak batas desain. Kualitas produk beras C4 yang sudah dikenal masyarakat luas, membuat produk beras zakat C4 juga diterima dengan baik oleh konsumen.

6. Kemasan Plastik Beras Zakat Cap Kupat

plastik beras zakat cap ketupat

Kalau yang lainnya menggunakan kemasan plastik beras sablon 1 warna, lain halnya dengan beras zakat cap ketupat. Produsen beras zakat cap ketupat sengaja menggunakan tinta sablon dua warna agar terlihat lebih mencolok di mata konsumen. Apalagi sekarang ini produsen yang membuat produk beras zakat kemasan juga mulai banyak, jadi kemasan plastik yang dibuat harus terlihat menarik di mata konsumen.

Sesuai dengan nama merk yang diusung, kemasan plastik beras zakat ini juga menggunakan gambar dua ketupat sebagai logo utamanya. Plastik zakat ini sengaja dibuat spesial edition oleh produsen beras untuk memudahkan konsumen dalam membayarkankan zakat, jadi tinggal setorkan saja ke badan amil zakat. Setiap satu kantong beras zakat cap ketupat, sudah terisi beras dengan netto sekitar 3 kg.

Nah, setelah melihat keenam contoh desain kemasan beras zakat di atas, tidak ada salahnya kalau kalian coba memanfaatkan moment ini untuk membuka peluang usaha baru, misalnya bisnis beras zakat siap kemas. Selain mudah memulainya, keuntungan yang dijanjikan juga cukup besar, karena permintaan beras zakat lumayan tinggi setiap jelang lebaran.

Buat kalian yang belum tau dimana pesan kemasan plastik zakat dengan cetak sablon, Dikemas.com bisa bantukan cetak plastik beras zakat sablon satu sampai dua warna. Dan kalau belum punya desain, bisa juga konsultasi gratis melalui customer servis kami di nomor whatsapp 0821-9938-9966. Dikemas.com siap bantu kalian calon pengusaha beras yang belum punya kemasan plastik dengan desain cantik, coba yuk buat dari sekarang!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar