Ide / Inspirasi Kemasan

Plastik Vs Kertas: Mana Kemasan yang Lebih Baik?

punya-usaha-kripik-wajib-lihat-referensi-kemasan-ini-2

Dalam penjualan produk, kemasan mengambil peranan yang sangat penting dalam memikat hati para konsumen. Namun apakah kemasan hanya sekedar terlihat menarik? Bagaimana dengan kualitas kemasan? Seberapa baik kemasan tersebut mampu melindungi produk kita? Amankah kemasan tersebut untuk para konsumen dan lingkungan?. Dalam artikel berikut ini, kita akan membahas dua jenis kemasan yang paling banyak digunakan masyarakat, yaitu kemasan kertas dan kemasan plastik.

Kemasan Kertas

Kemasan kertas biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Sebagai kemasan, bahan kertas memiliki banyak kelebihan. Seperti bahannya yang ringan, dan bahan kertas juga relatif lebih murah dibandingkan dengan kemasan dari bahan lainnya. Kemasan berbahan kertas juga lebih mudah dalam hal penyimpanan serta daur ulangnya. Banyak yang menilai jika kemasan berbahan dasar kertas lebih ramah lingkungan, karena mudah untuk terurai sehingga tidak mencemari lingkungan.

kemasan-kertas

Contoh kemasan kertas untuk makanan

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga. Kemasan berbahan kertas mudah sekali untuk robek, mudah terbakar, dan tidak dapat dipanaskan dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, kemasan berbahan dasar kertas tidak dapat digunakan untuk mengemas produk-produk cair, jadi hanya terbatas pada produk padat dan kering.

standing-pouch-kertas-untuk-makanan

Standing pouch kertas untuk makanan

Tahukah anda meskipun ramah lingkungan, ternyata penggunaan kemasan kertas mendapat protes keras dari para pegiat lingkungan. Mereka menilai penggunaan bahan kertas yang berlebihan berkontribusi besar dalam meningkatnya penebangan hutan di dunia. Seperti yang kita ketahui bersama kertas dibuat dari bahan baku serat pohon. Namun tentunya perusahaan kertas tidak sembarangan dalam menggunakan kayu sebagai kertas, biasanya mereka memiliki hutan sendiri yang khusus diperuntukkan sebagai bahan baku kertas.

Kemasan plastik

Selain produk berbahan kertas, kita juga kerap menjumpai kemasan berbahan plastik yang digunakan untuk membungkus makanan. Kelebihan kemasan berbahan plastik adalah lebih kuat jika dibandingkan dengan kemasan berbahan kertas. Kemasan plastik juga tidak mudah bocor, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengemas produk-produk yang berbentuk cairan.

Namun, anda juga harus tahu kekurangan-kekurangan yang dimiliki produk berbahan plastik. Jika tidak berhati-hati dalam memilih bahan plastik yang tepat dan cara penggunaan yang benar, produk plastik ini dapat menimbulkan resiko kesehatan!. Kita sering melihat penjual makanan pinggir jalan menggunakan bungkus plastik untuk makanan dalam keadaan panas. Jika kemasan plastik tersebut tidak terbuat dari bahan plastik yang memang tahan terhadap panas, tentu hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan merugikan konsumen. Selain itu, penggunaan kemasan plastik juga dinilai tidak ramah lingkungan, karena plastik memang sangat susah untuk diurai oleh mikroorganisme, sehingga potensi pencemaran lingkungan sangat besar.

plastik-khusus-makanan

Contoh plastik khusus makanan

Jadi mana yang lebih baik?. Semuanya merupakan kemasan yang baik, ASALKAN anda sebagai produsen dapat “menjodohkan” produk dan kemasannya secara tepat. Pastikan pemilihan kemasan tersebut tidak merusak dari kualitas produk dan tentunya aman untuk konsumen serta lingkungan. Kemasan plastik tidak selalu buruk dan kemasan kertas tidak selalu jelek. Anda harus mempelajari dahulu kemasan yang anda ingin pilih anda juga bisa konsultasi kepada ahli untuk memilih kemasan mana yang paling tepat. Pilih kemasan secara bijaksana!