Rengginang Kemasan Makanan Nusantara Yang Legendaris, Laris Manis!

Rengginang merupakan makanan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau dari ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik panas matahari. Lalu digoreng denagn minyak panas dalam jumlah banyak. Rengginang kemasan banyak yang mencarinya karena mempunyai rasa yang khas.

Rengginang berbeda dengan kerupuk lainnya yang umumnya terbuat dari adaonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapiokan atau tumbukan biji melinjo, namun rengginan tidak dihancurkan sehingga butiran nasi atau ketannya masih nampak. Biasanya rengginan dibuat dari nasi sisa yang tak dimakan, lalu dijemur, dikeringkan kemudian dicetak, lalu digoreng untuk jadi rengginang.

Dijawa tengah rengginang memiliki keasamaan yang disebut intip goreng. Namun intip ini terbentuk dari kerak nasi sisi menanak nasi yang masih melekat pada dandang yang kemudian dijemur. Perbedaannya hanya dalam segi ukuran bentuknya saja. Intip lebih besar dibandingkan dengan rengginang karena intip dicetak dari dasar dandang atau periuk penanak nasi. Pada daerah jawa barat dikenal dengan nama renggining namun bahan dasarnya terbuat dari singkong atau gaplek.

paper-cup-baner-web

Rengginang dengan rasa asin atau manis, dan dengan rasa lainnya. Rasanya yang khas menjadai daya tarik bagi pelanggannya. Rengginang merupakan makan yang sudah ada sejak dahulu. Saat ini mulai dikenal lagi karena salah seorang pemuda yang berinovasi untuk membuat rengginang ini menjadi dikenal kembali dan diminati banyak orang.

Menurutnya pasaran rengginang cukuplah luas, rasanya yang gurih dan manis diminati banyak kalangan, dari remaja hingga dewasa. Jika kita lihat hal ini memiliki peluang yang banyak. Dan tentunya bahannya pun tidaklah sulit untuk kita cari.

Rengginang dapat dibuat dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Siapkan beras ketan yang telah dicuci bersih, lalu rendam ketan hingga 1 jam
  2. Kukus beras ketan selama minimal 15 menit atau setengah matang.
  3. Setelah itu campurkan bumbu yang dihaluskan. Yaitu garam, gula pasir dan air. Jangan lupa aduk hingga merata.
  4. Kukus ketan dan campurkan dengan bumbu hingga matang atau selama kurang lebih 30 menit.
  5. Jika sudah matang angkat beras ketan lalu cetak sesuai ukuran yang diinginkan, bentuk dengan ukuran tipis.
  6. Lalu jemur rengginang tersebut dibawah sinar matahari hingga kering. Jika sudah kering rengginang sudah siap untuk digoreng.
  7. Rengginang yang sudah kering selanjutnya digoreng dengan minyak yang panas hingga rengginang mekar dan renyah, lalu angkat dan tiriskan minyaknya.
  8. Rengginang yang sudah digoreng siap untuk dikemas, dan didistribusikan.

Bagaimana mudah bukan? Walaupun prosesnya begitu panjang dan sederhana, rengginang ini banyak peminatnya lho!

Bisnis ini mempunyai peluang yang sangat besar, tentunya hal ini karena rengginang mempunyai cita rasa yang khas. Namun jangan lupakan dalam pengemasannya, kemasan ini selain bertujuan untuk menjaga kualitas produk kita dapat menjadi daya tarik untuk pelanggan dalam melihatnya.

Konsultasi (WA)

Satu pemikiran pada “Rengginang Kemasan Makanan Nusantara Yang Legendaris, Laris Manis!”

Tinggalkan komentar