Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Resep Belalang Goreng Yang Bikin Goyang Lidah, Berani Coba?

resep-belalang-goreng-yang-bikin-goyang-lidah-berani-coba

Belalang merupakan salah satu jenis serangga yang biasanya mudah dijumpai di rerumputan. Kalau kamu tahu belalang yang warnanya hijau? Nah, itu dia yang biasanya diolah jadi camilan. Agak serem ya kedengarannya. Coba kita lihat dulu bahan dasarnya.

serangga-belalang

sumber gambar: UtakAtikOtak.com

Belalang yang biasanya dipakai buat bikin belalang goreng itu ya belalang kayu yang biasa ditangkap masyarakat di ladang atau sawah. Biasanya oleh masyarakat Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta nih, hewan satu ini dimasak dengan digoreng, bacem goreng, atau sekadar dibakar. Masyarakat Gunung Kidul sering menjadikan ini menu untuk makan sehari-hari atau hanya sekadar mencari untuk dijual. Makanya, bagi kamu yang main-main ke daerah Gunung Kidul pasti akan sering lihat di sepanjang jalan banyak yang jualan belalang hidup ukuran gede. Kelihatannya nikmat banget kalau udah jadi makanan.

Mungkin pas masih dalam wujud mentah kayak gini bagi sebagian besar orang kelihatan seram. Tapi bagaimana kalau sudah diolah jadi makanan gurih nan kriyuk seperti ini?

belalang-goreng-kriyuk

sumber gambar: Labiru Tour

Kalau wujudnya sudah berubah kayak gini, pasti kamu ada yang langsung berubah pikiran kan? Jadi penasaran dong rasanya gimana? Bisa dibayangin, keriyuk di luar dan creamy di dalam terutama bagian perutnya, lumer di mulut. Penasaran? Mau coba bikin sendiri? Atau tertarik buat bikin usaha belalang goreng?

BACA JUGA:  Mau Usaha Cilok Kaki Limamu Jadi Berkelas? Intip Caranya Disini!

Menurut yang udah pernah makan nih, belalang goreng terkenal sama krenyesnya. Banyak yang bilang rasanya hampir mirip udang. Hm, pantes aja sih soalnya bagian perut belalang aja sebelas dua belas sama udang ya? Dan meskipun terbilang kuliner ekstrim, makanan ini halal, bergizi, kadar kolesterol dan lemaknya rendah sehingga baik dikonsumsi.

Jika kamu bukan orang Jogja dan ingin membawa jenis bisnis ini ke kotamu, yuk kita sama-sama pelajari resep belalang goreng berikut ini!

Resep Belalang Goreng Kriyuk

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Belalang 1 kilogram
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 10 butir
  • Gula pasir 250 gram
  • Penyedap rasa 1/2 sdm
  • Garam 4 sdm

Cara membuat:

  1. Siapkan belalang, pilih yang memang masih bagus
  2. Bersihkan belalang dengan memutuskan kepalanya untuk bisa membersihkan kotoran di perutnya
  3. Cabut sayap dan bulu pada punggung belalang sampai bersih
  4. Cuci belalang pakai air hangat supaya bersih benar
  5. Masukkan bawang putih dan merah yang telah dihaluskan ke dalam panci, lalu masukkan belalang, gula, garam, dan penyedap ke dalam panci tersebut.
  6. Tambahkan air sekitar 2 liter lalu rebus belalangnya selama setengah jam sampai kemerahan dan matang
  7. Angkat dan tiriskan, tunggu lima menit sampai betul-betul tiris, selanjutnya goreng belalang sampai berwarna kecokelatan matang kemudian angkat dan tiriskan. Selesai!

Gampang kan? Pasti langsung penasaran dan pengen segera nyobain? Oh iya, katanya beberapa orang mungkin akan mengalami alergi setelah makan ini. Tenang, nggak perlu panik karena bisa diobati dengan minum kopi hitam tanpa gula ya. Sayang deh kalau nggak dicoba soalnya bernutrisi nih!

BACA JUGA:  Wajib Tahu Kemasan Sachet Murah Ini Untuk Membungkus Apa Saja!

Kalau kamu tertarik menjalankan bisnis belalang goreng tapi bingung kemasannya, kamu mungkin bisa mewadahinya ke dalam toples! Kalau bukan toples, food pail juga sepertinya cocok. Menggunakan kemasan keren buat wadah belalang goreng dimaksudkan supaya makin dilirik karena kemasannya enak dipandang dan kekinian.

Kalau kamu butuh kemasan makanan atau jasa pembuatan kemasan produk, ke diKemas.com aja, pasti dibantu sampai kelar dan dapat desain gratis juga. Kapan lagi mau bikin usaha dibantu buat bikin produkmu lebih menarik? Selamat berbisnis gaes!

Oh iya, buat kamu yang pernah ngicipin atau bahkan suka makan olahan belalang, share dong gimana rasanya!