Tips Kemasan

Resep Cireng Enak, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah Anti Ribet

resep-cireng-enak-bisa-bikin-sendiri-di-rumah-anti-ribet

Resep cireng yang akan kami infokan berikut ini akan memudahkan kamu coba bikin sendiri di rumah. Kamu suka makan olahan aci? Cireng menjadi salah satu olahan aci yang terkenal di kalangan masyarakat lho. Pasti kamu familiar sangat makanan satu ini. Cireng merupakan kependekan dari aci digoreng yang merupakan bahasa Sunda dari ‘tepung kanji goreng’.

Cireng yang dulu hanya diperdagangkan keliling pakai sepeda, sekarang sudah banyak inovasinya. Dari yang tanpa isi, sampai yang ada isinya sekarang sudah banyak varian rasa. Semakin kreatif pedagang, dia pasti bisa menghadirkan cireng rasa spesial. Milenial sebagai pasar utama juga bisa jadi pertimbangan para pebisnis ketika menentukan rasa yang hendak ditawarkan. Resep jajanan kali ini akan sangat membantu kamu yang tertarik mendirikan usaha.

Kalau kamu mengira bikinnya susah, kamu salah besar. Cireng itu intinya cuman tepung dikasih rasa-rasa doang kok guys. Biar kamu percaya, pada kesempatan ini kita akan sama-sama bahas resep membuat cireng. Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan ya! Resep cireng berikut ini dijamin gampang banget bikinnya!

resep-membuat-cireng

sumber gambar: Sajian Sedap – Grid.ID

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung kanji 250 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Air 100 ml
  • Bawang putih dua siung, cincang halus
  • Daun bawang satu batang, iris halus
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
BACA JUGA:  Begini Lho Cara Membuat Kemasan Botolmu Unik dan Berbeda!

Bahan untuk sambal (bumbu rujak untuk cireng)

  • Dua daun jeruk, iris tipis
  • Air asam jawa 4 sdt
  • Air jeruk nipis 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Cabai rawit dan cabai merah 3 buah, iris
  • Gula merah 3 sdm
  • Minyak goreng secukupnya

Resep Cireng Mudah dan Pasti Enak

  1. Pertama-tama, campurkan tepung kanji dengan tepung tapioka sampai tercampur semua. Setelah itu tambahkan daun bawang, bawang putih, garam, merica, dan kaldu ayam. Kemudian ditambahkan air panas sambil diaduk sampai kalis.
  2. Adonan yang sudah tercampur sempurna kemudian bisa mulai dibentuk sesuai keinginan. Bisa pipih, bisa juga berbentuk bulatan/bola.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, kalau minyaknya sudah panas adonan yang sudah dibentuk tadi bisa mulai digoreng semuanya ya. Kalau sudah matang ya angkat dan tiriskan. Sudah jadi, mudah sekali bukan?
  4. Selanjutnya cara bikin bumbu rujaknya buat mencocol cirengnya. Caranya gampang juga, semua bahan yang sudah disebutkan di atas tinggal diblender sampai halus. Kalau mau diuleg manual juga bisa. Setelah semua bumbu itu halus, tumis sebentar saja. Jika sudah, bisa disajikan bersama cirengnya.

Oh iya, kalau dengan kemudahan ini lantas kamu kepikiran untuk menjalankan bisnis rumahan cireng, jangan lupa perhatikan kemasan ya! Packaging sangat penting untuk menunjang bisnismu, jangan sampai kamu salah menentukan pilihan. Jika butuh konsultasi mengenai kemasan produk jajananmu, nggak usah ragu ya buat menghubungi diKemas.com.

BACA JUGA:  Begini Cara Usaha Ramen Rumahan dengan Paper Bowl, Gak Pake Ribet!

Sebagai contoh, kemasan kayak begini bisa buat mengemasi  cireng biar tampilannya menggugah selera calon pembeli juga. Pakai paper bowl ini bikin jajananmu kelihatan mewah dan gampang dibawa kemana-mana juga nih.

penyajian toppoki paper bowl

Selamat mencoba resep cireng di atas, kalau sudah berhasil bikin jangan lupa share pengalaman masak kamu ya di kolom komentar! Oh iya, kalau kamu butuh inspirasi bisnis, mampir ke sini ya. Ada banyak peluang dan inspirasi bisnis yang sayang buat dilewatin.