Sejarah Kopi Excelsa Yang Penuh Dengan Keistimewaan Rasa

Sejarah kopi excelsa pertama kali pada tahun 1905 ditemukan oleh botanis asal Perancis. Kopi ini pertama kali ditemukan di daerah Afrika Barat. Pada awal mulanya kopi ini disebut dengan coffea excelsa namun terkadang juga disebut dengan coffea dewevrei. Tanaman kopi excelsa ini masih termasuk dalam kelompok liberoid yang masih dalam satu jenis dengan kopi liberika.

Jenis kopi excelsa ini tidak banyak diperdagangkan, yang mana perdagangan kopi dunia didominasi dengan kopi arabika dan kopi robusta. Hanya sekitar 10% saja kopi excelsa dan liberika diperdagangkan di pasar kopi dunia.

paper-cup-baner-web

Maka dari itulah masih ada banyak yang masyarakat yang kurang mengenal kopi yang satu ini. Bahkan budidayanya masih cukup terbatas. Di Indonesia sendiri kopi excelsa ini bisa ditemukan di daerah Jambi dan kepulauan Riau. Sedangkan di pulau Jawa banyak ditemukan di daerah Jombang, Malang dan Banyuwangi.

Sejarah Kopi Excelsa

Habitat Tumbuh

Habitat tumbuhnya tanaman kopi excelsa ini tumbuh subur di dataran rendah 0 sampai 750 mdpl. Tanaman ini tumbuh didaerah dengan iklim tropis dan curah hujan sedang. Pada saat musim hujan datang maka tanaman ini akan lebih banyak menghasilkan ranting ketimbang buah biji kopi.Pada habitat ideal tanaman kopi ini bisa menghasilkan 1,2 ton per hektar setiap kali panen.

Dalam waktu 1 tahun tanaman biji kopi ini berbunga satu sampai dua bulan dalam setahun. Hampir sama dengan tanaman biji kopi robusta yang mana sangat tahan terhadap hama dan penyakit. Meskipun termasuk dalam kopi minoritas dan dibudayakan dalam jumlah yang sedikit karena permintaan pasarnya yang sedikit. Tanaman biji kopi ini cukup istimewa dan unik.

Keunggulan Excelsa

Keunggulan yang dimiliki kopi excelsa ini mampu beradaptasi pada lahan tanah gambut. Meskipun tanah gambut cenderung memiliki kadar asam yang tinggi. Namun rasa dari kopi ini malah kadar kafeinnya rendah. Ketika dari awal ditanam dalam waktu 3, tahun sudah bisa dipanen. Tumbuhan biji kopi ini bisa tumbuh mencapai 8 meter. Hal tersebut tentu sedikit menyulitkan ketika dipanen.

Nah meskipun kopi ini terbilang cukup langka akan tetapi harga kopi excelsa tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 20 ribu per 100 gram. Nah untuk menjadikannya kopi dengan cita rasa yang istimewa maka proses pengolahan dan perawatannya harus baik dan benar. Termasuk dalam proses menyeduh secangkir kopi.

Ciri Khas

Ciri khas tanaman biji kopi excelsa ini memiliki daun yang besar sekitar 15 – 20 cm dan lebar 17 – 20 cm. Bentuk daunnya bulat dengan ujung tumpul dan runcing. Sedangkan untuk batang cukup beragam antara 3 – 12 cabang. Untuk buahnya sendiri memiliki panjang sekitar 3 cm dengan ukuran biji 2,3 cm. Buahnya tumbuh bergerombol sekitar 10 buah per dompol.

Dan tahukah kamu biji kopi excelsa ini lebih kecil dari robusta dan warnanya kuning cerah mirip seperti liberika. Cita rasa dan aroma dari kopi excelsa ini cukup kuat dan berkarakter. Meskipun tumbuh di tanah gambut yang kadar asamnya tinggi. Kafein pada kopi ini cukup rendah dan dominan rasa pahit. Ukuran biji kopinya cukup besar dari arabika dan robusta.

Rasa khas dari biji kopi ini adalah rasa pahit yang mendominasi, dan juga rasa manis, asam, dan sepat. Kopi ini juga tidak meninggalkan rasa gurih. Rasa yang berkualitas dengan aroma yang kuat dan harum. Karena keunikan rasa dan aroma tersebut maka peminatnya cukup banyak meski produksi dan budidayanya cukup terbatas.

Demikian adalah sedikit pembahasan kita tentang sejarah kopi excelsa. Semoga dapat menambah wawasan tentang kopi excelsa, selanjutnya kita akan bahas tentang kemasan kopi sebagai referensi bisnis. Kemasan apa yang cocok untuk bisnis kopi? Nah kita akan bahas satu persatu di bawah ini.

Kemasan Kopi

Standing Pouch Aluminium Foil

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama.

Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

Kelebihan

Kelebihan dari standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Standing Pouch Printing Doff

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar ilaminasi art paper yang bisa di print dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah di branding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan di laminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik disebut dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar