Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Serundeng Kelapa: Gampang Bikinnya, Enak Rasanya

serundeng-kelapa-gampang-bikinnya-enak-rasanya

Pada kesempatan ini kita akan sama-sama mencari tahu mengenai resep bikin serundeng. Dengan begitu, kamu bisa mencoba buat sendiri di rumah. Bikinnya gampang, tapi sebelum masuk ke resep, berikut ini ada tips supaya serundeng yang kamu masak bisa tahan lama. Sayang dong kalau udah bikin banyak ternyata nggak awet? Tips-tips berikut ini bisa membantumu mengatasi masalah tersebut. Pastikan kamu membaca keseluruhan artikel ini supaya nggak ada info yang kelewatan ya!

Tips Supaya Serundeng Kelapa Bisa Awet 

tips-serundeng-enak

sumber gambar: Harris Farm Markets

1. Kelapa yang dipilih harus yang tepat

Jika kamu ingin membuat serundeng jadi tahan lama dan tentunya memiliki rasa yang lebih enak, kamu harus perhatikan bahan baku utamanya yaitu kelapa. Kamu harus tahu jika ada dua jenis kelapa yaitu kelapa parut untuk masak dan untuk taburan makanan. Nah, kalau bikin serundeng pastikan kelapa yang kamu pakai adalah kelapa parut untuk masak (yang tua/agak tua). Supaya serundeng punya rasa yang enak, beli dan masak kelapa itu di hari yang sama.

2. Bumbu halusnya ditumis dulu sebelum diuleg

Bumbu halus yang biasanya dipakai: bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica. Jika kamu suka sama serundeng yang pedas-manis, tambahkan cabe merah keriting dan jahe. Kalau mau serundeng terlihat jadi kuning cerah tambahkan kunyit. Supaya aroma lebih harum dan nggak langu, tumis bumbu-bumbu tersebut sebentar sebelum dihaluskan.

BACA JUGA:  Agar Tetap Renyah 5 Snack Ini Gunakan Kemasan Standing Pouch

3. Bisa tambahkan bumbu lain supaya rasanya lebih nendang

Selain bumbu utama buat bikin serudeng, kamu juga bisa menambahkan dengan bumbu lain (contoh: daun jeruk, daun salam) yang akan menunjang aroma dan rasa serundeng itu sendiri.

4. Kelapa dioseng terus menerus untuk menghindari kegosongan

Sebaiknya gunakan api kecil untuk menggoreng. Tidak apa-apa lama, tapi dijamin serundengmu nggak akan gosong asalkan terus dipantau dan dioseng. Selain nggak gosong, serundengmu bisa kering sempurna sehingga bisa lebih awet. Nanti kalau sudah matang, simpan di dalam wadah yang kedap udara.

Sudah tahu tipsnya, sekarang langsung masuk ke resep pembuatannya.

Resep Serundeng Enak, Gampang Bikinnya

serundeng-kelapa-gampang-bikinnya-enak-rasanya

sumber gambar: Harian Indo

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kelapa parut 1 buah (pilih yang tua atau agak tua sesuai tips)
  • Daun salam 2 lembar
  • Sereh 1 batang (geprek)
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Lengkuas 1 cm (geprek)
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (misalnya pakai masako rasa ayam)
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar bubuk 1 sdt

Cara membuat serundeng:

  1. Tumis bumbu halus, lalu masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan sereh. Setelah itu masukkan kelapa dan berikan gula, garam, kaldu bubuk. Semuanya diaduk sampai benar-benar rata. Biar tahu bumbunya sudah rata sempurna atau belum silakan koreksi rasanya (icipi).
  2. Sangrai sampai kelapa warnanya berubah kuning keemasan serta bumbu meresap sempurna. Pokoknya sangrai terus sampai kering karena kalau semakin kering dia bisa makin tahan lama. Aduk terus biar nggak gosong. Nah, jika dirasa sudah cukup, angkat dan biarkan dingin dulu sebelum dimasukkan ke wadah. Pastikan wadah yang kamu gunakan kedap udara ya untuk menjaga kualitas serundengmu.
BACA JUGA:  Resep Cilok, Jajanan Anak SD Yang Disukai Banyak Kalangan Usia

Bagaimana? Mudah bukan pembuatannya? Well, kalau sekarang kamu sudah tahu cara bikin serundeng enak dan tahu tips biar tahan lama, jadikan peluang usaha aja! Sekarang, apa-apa bisa jadi ladang usaha asalkan kamu memang niat dan mau menjadi enterpreneur. Oke, selamat mencoba!